Segudang Cerita Dhira Bongs Dari SXSW 2019

Pada bulan Maret 2019 yang lalu, Dhira Bongs berkesempatan menjajal salah satu showcase festival terbesar di dunia South by South West (SXSW) yang berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat. Ia menambah panjang daftar pekerja kreatif asal Indonesia yang mengambil bagian di festival tersebut. Tahun ini, penampilannya didukung oleh Siasat Trafficking yang merupakan upaya konstan untuk mengekspor talenta-talenta penuh bakat asal Indonesia ke publik yang lebih luas di luar negeri.

Dhira Bongs tampil di The Townsend, salah satu dari ratusan venue yang menjadi tuan rumah festival seukuran kota ini. SXSW telah melebarkan sayapnya. Yang jadi menu festival tidak hanya musik, melainkan merambah ke film, media interaktif, tradeshow dan berbagai macam hal lain yang berlangsung selama sepuluh hari berturut-turut.

Berbagai macam persiapan telah dilangsungkan dan dimulai dari Bandung, kota asal Dhira Bongs. Salah satu yang penting adalah membuka komunikasi dengan para session player yang diajak main untuk mendukung penampilan di SXSW. Dhira Bongs mengajak Jason Meekins (drum), Matt Muehling (gitar) dan Nick Clark (bass). Nama yang disebut terakhir merupakan session player Kanye West.

“Sehari sebelum jadwal tampil, aku bersama ketiga session player ini menyempatkan untuk rehearsal selama lima jam. Kondisi rehearsal saat itu tidak terlalu sulit, selain karena mereka udah terbiasa menjadi session player, aku juga udah nyiapin partitur yang bisa mereka pelajari,” terang Dhira.

Respon audience sendiri sangat baik menurutnya. Percaya atau tidak baru di SXSW ini, dia mendapatkan tepuk tangan terlama sepanjang karir bermusiknya. Segudang pengalaman dan cerita baru didapatkannya; membuka jaringan baru, bercerita dan mendapatkan kesempatan untuk sharing bersama musisi-musisi yang datang dari berbagai penjuru dunia.

“Aku seneng banget, respon penonton di sana tuh diluar perkiraanku. Mereka ngasih tepuk tangannya tuh lama banget setelah aku perform. Juga ada beberapa penonton yang aku temui bilang, ‘We couldn’t stop dancing to your song, you like Beyonce from Indonesia.’ Pokoknya sangat luar biasa pengalaman manggung pertama kali yang aku dapatkan di sana,” kata Dhira menceritakan ulang pengalamannya.

Selain menjadi penampil, Dhira pun turut serta mengikuti beberapa sesi konferensi termasuk sesi mentor bersama delegasi lainnya yang datang dari berbagai negara dan menampilkan nama-nama seperti Nile Rodgers, Kirsten Stub dan Samuelson dari Interscope Records, Frank Hill dari Universal Music Group, Richard Jones, Jodie Foster, dll.

Setelah Dhira, Selanjutnya siapa yang akan berkesempatan untuk berkunjung dan tampil di SXSW Conference & Festival 2020? Mari kita tunggu bersama. (*)

 

Teks: Adjust Purwatama
Foto dan video: Arsip Dhira Bongs

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading