Segala Keabsurdan Lamebrain dalam Klip "COWMAN"

Setelah merilis single teranyarnya, “COWMAN” Juli lalu, Lamebrain akhirnya merilis klip video untuk lagu tersebut. Klip untuk “COWMAN” dibesut oleh seorang seniman bernama Kevin Aditya dari Studio Pancaroba.

Klip “COWMAN” menunjukkan orang dalam seperangkat alat pelindung diri mengukur berbagai hal yang ia temui, mulai dari potongan cermin, boneka, hingga kotoran sapi. Segala keabsurdan itu dilakukan oleh seorang performance artist asal Bandung, Hilmy Ash, di dalam layar.

Potongan-potongan keanehan yang dilakukan Hilmy merupakan bagian dari film pendek berjudul Suwung, karya Kevin Aditya.

“Video ini kalau dideskripsikan ya enggak jauh kayak seorang hamba yang dipaksa oleh tuan (keadaan) untuk mencari sesuatu yang ideal, namun dalam perjalanannya ia sadar bahwa pencarian yang ia lakukan itu abstrak dan ia hanya terperangkap oleh proyeksi pikirannya sendiri karena adanya stigma yang membuatnya selalu hidup dalam kekhawatiran. Dan pada akhirnya ia menemukan jawabannya, bahwa semua itu tergantung dari mana kita menikmatinya. Sesungguhnya semua yang berjiwa akan merasakan kematian,” jelas Kevin dalam siar pers.

“COWMAN” sendiri merupakan sebuah lagu yang pada dasarnya tak kalah absurd.

I guess I’m a man but I think I’m a man,” nyanyi Lamebrain di verse, menunjukkan kebimbangan yang entah untuk apa dan kenapa. Isian gitar janggal di tengah lagu juga mendukung nuansa aneh lagu ini.

“Pembunuhan menjadi garis besar ‘COWMAN’ dalam pembuatan lirik yang bercerita tentang keabsurdan yang menjadi masuk akal bagi segelintir orang di mana pembunuhan menjadi kebahagiaan tersendiri,” tulis kuartet asal Bandung ini dalam siar persnya.

Davis (gitar, vokal utama), Prama (drum), Mufti (bas), dan Aslam (gitar) mengaku terinspirasi dari The Beatles untuk pembuatan lagu ini, terutama dalamalbum Revolver. Karena itu, tidak heran jika ada nuansa “Taxman” dalam pilihan nada vokal sekaligus harmonisasi dalam lagu ini. Keempat personel juga menyumbang suara untuk membuat harmonisasi tersebut.

“Ya lagu ini tuh dimulai enggak sengaja, pas kita berempat dengerin Beatles dengan intens barengan dan kekaguman kita ke pembagian vokall The Beatles di album Revolver,” tutur sang pembetot bas, Mufti.

“COWMAN” menjadi rilisan pertama Lamebrain setelah album penuh kedua mereka For C. Marlowe.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Aldiansyah Waluyo

 

 

Mari Rayakan Akhir Pekan Di M Bloc Fest 2022

M Bloc Space merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan membuat beragam keriaan: The Writers Festival (24 – 25 September), M Bloc Music Week (25 September – 2 Oktober), Pasar Wastra...

Keep Reading

Sad But True Menggurat Kisah Sedih

Kuartet Sad But True, unit heavy pop-punk, kini solid digawangi oleh Anisham (vokal), Hery (Gitar), Ryan Fakk (Bass), dan Kicot (Drum) tidak ingin berlama-lama untuk menjadi pasif. Langkah konkret yang...

Keep Reading

Persembahan Dhira Bongs Pasca Pandemi

Dhira Bongs, solois pop asal Bandung yang makin melebarkan gaung dengan merilis album studio baru bertajuk A Tiny Bit of Gold in The Dark Ocean. Album penuh ketiga setelah My...

Keep Reading

Kejutan Dari Bas Boi Yang Menggandeng Feel Koplo

Melangkah tanpa henti, Basboi kembali merilis materi yang sudah beberapa kali iya bawakan sebagai kejutan di konser-konsernya berjudul U DA BEST. Sebelumnya, solois ini sukses menggelar tur albumnya di enam...

Keep Reading