Sebuah Misteri “Ruang Tunggu” ala Pusakata

Setelah merilis single yang bertajuk ‘Di Seberang sana’ maret lalu, tak butuh lama bagi Pusakata (Mas Is) merilis single barunya yang bertajuk ‘Ruang Tunggu’  tepatnya pada 20 April 2021, dan  karya barunya ini menjadi penanda lahirnya single kelima pusakata. diambil dari album Mesin Waktu 2020 (dibaca: dua puluh dua puluh). 

Seperti single-single terdahulu, proses pembuatan lagu ini hingga akhir cukup unik. Kali ini pusakata berkolaborasi dengan Gusti Erhandy Rakhmatullah atau Gusti Hendy, drummer GIGI. Untuk isian instrumen lain seperti bass, guitar electric, guitalele maupun keys & synth diisi sendiri oleh pusakata atau mas is yang dibantu oleh capung dan direkam di rucs studio makassar. Sedangkan untuk artwork pusakata menggandeng Agnes Purwanti yang juga menjadi istri tercinta Mohammad Istiqamah Djamad.

Seperti biasanya, pusakata kerap menuangkan materi pada setiap lagunya dengan sebuah peristiwa sederhana ke dalam lirik yang cukup menyentuh. Sebagian dari kita ada yang menjadikannya pengingat sekaligus pelajaran. Dari mana kita berasal? Apa yang akan kita lakukan saat ini? Lalu hendak ke mana kita selanjutnya? Ada beberapa tahapan perjalanan yang telah dan akan kita lewati. Semua peristiwa yang telah lalu menyisakan kenangan yang selalu membayangi perjalanan selanjutnya. Ada yang terjebak pada romansa seakan tidak bisa beranjak maju. Semua hadir silih berganti, kadang nyata, kadang samar dan menggerus mimpi-mimpi yang masih kita kejar. Pada dasarnya kita semua sedang menunggu. Sebuah akhir dari seluruh petualangan. Akhir yang menjawab kisah kita masing-masing. Ketika saat itu tiba, tak ada seorang pun dari kita yang tahu dan siap  sebab bagian akhir itu sungguh sebuah misteri. 

Untuk proses lagu yang ditulis oleh Mohammad Istiqamah Djamad atau yang akrab disapa Is ini diproduseri oleh dirinya sendiri. Sedangkan untuk proses mixing dikerjakan oleh Ekoman Sulistiyo, sedangkan untuk Masteringnya oleh Sage Audio Nashville.

Kiranya rilisan single baru dari pusakata ini bisa menjadi daftar bagi para penikmat musik Indonesia, mengingat merdunya suara dari mas Is yang dipadukan dengan musik yang cukup apik.

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Pusakata