Santap Kuliner sembari Menimba Pengetahuan

Beberapa waktu kemarin banyak terlihat keluhan di mana-mana akibat adanya wabah Covid-19. Banyak industri yang dengan sangat terpaksa gulung tikar akibat tidak adanya pemasukan yang seperti biasa. Walaupun dengan sangat berat hati, namun pemberlakuan penutupan unit usaha adalah sebaik-baiknya cara agar penyebaran dari virus yang ada tak semakin membesar. Kini, PSBB telah diberhentikan, kondisi yang disebut kenormalan baru mulai diterapkan di semua wilayah Indonesia. Walaupun penyebaran virus masih terjadi, mau tidak mau demi geliat ekonomi agar terus berjalan, hal ini dilakukan oleh pemerintah. Banyak lini industri juga sudah mulai beroperasi, salah satunya adalah dari industri kuliner.

Dulu, persaingan di dunia bisnis kuliner tanah air selalu berlangsung sengit. Harus ada ide kebaruan yang dihadirkan biar para calon pengunjung tertarik. Oleh sebab itu, banyak pelaku industri yang akhirnya memutar otak demi melancarkan unit usahanya terkenal di banyak kalangan. Salah satu car  yang mungkin ampuh adalah dengan menghadirkan sebuah konsep kafe perpustakaan. Dilihat dari namanya saja orang-orang pasti sudah tahu betul akan mendapatkan apa saat berkunjung ke tempat tersebut. Di dalamnya, selain nongkrong sembari menikmati hidangan enak, para pengunjung juga bisa sekaligus menimba ilmu (mencari pengetahuan baru) dengan membaca ragam buku. Biasanya lagi, kafe berkonsep seperti ini juga sangat mementingkan sisi estetika dari bangunan, hingga interior yang digunakan. Tujuannya jelas untuk membuat orang yang berkunjung bisa betah berlama-lama di dalamnya. Kafe jenis ini memang sangatlah cocok untuk orang-orang yang sangat menyukai buku dan juga makanan. Sembari santai membaca, perut pun kenyang.

Dari sekian banyak kafe perpustakaan yang ada di Indonesia. Kami mencoba menghadirkan 4 diantaranya, seperti apa? Silahkan simak di bawah.

Pigeonhole (Jakarta)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SPECIALTY COFFEE ?? SANCTUARY (@pigeonholecoffee) on  

Tempat ini adalah yang masuk dalam catatan saat ingin membuat artikel ini. Untuk lokasinya sendiri, Pigeonhole terletak di dua tempat. Lokasi pertama terletak di Menteng, Cik Ditiro 36, Jakarta Pusat. Dan lokasi kedua terletak di Bintaro Jaya, Sektor 1, Jakarta Selatan. Dua tempat ini pun menghadirkan konsep yang cukup sederhana, dan terpenting adalah mereka memiliki berbagai koleksi dari banyak jenis di sana. Selain itu, makanan yang dihadirkan pun enak-enak, dan tempatnya sangat pas untuk kalian yang suka berfoto-foto ria.

Kineruku (Bandung)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kineruku (@kineruku) on  

Kafe ini pada awalnya adalah sebuah perpustakaan yang memiliki nama “Rumah Buku”  dan telah ada sejak tahun 2003 silam. Di sini bisa dibilang adalah surganya para pecinta buku dan musik. Pasalnya, selain berfungsi sebagai tempat nongkrong, Kineruku juga menyediakan banyak buku bacaan dan berbagai jenis rilisan fisik dari band-band Indonesia. Tak cuma itu, di sini juga banyak menjual ragam merchandise unik yang siap untuk dikoleksi. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, tapi tetap saja bila ke sini selalu akan merasa nyaman dengan suasana maupun makanannya.

Dongeng Kopi (Yogyakarta)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DONGENGKOPI® (@dongengkopi) on  

Kafe yang bernuansa perpustakaan ini bernama Dongeng Kopi Indiebook. Letaknya ada di daerah kaki gunung Merapi. Tidak sulit untuk menemukan kafe ini. Sebab banyak orang sekitar yang dengan ramah akan memberitahu persis di mana lokasi tempatnya. Di sini kalian akan menemukan ragam macam jenis buku, mulai dari jenis sastra, fiksi, non fiksi hingga tentang sepak bola, semua ada di sini. Tak cuma itu, kafe ini juga berfungsi sebagai tempat berkumpul orang-orang dari penerbit Indiebook. Makanya tidak heran bila ke sini kalian akan sering melihat banyak penulis-penulis terkenal yang sedang nongkrong.

Libreria Eatery (Surabaya)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Libreria Eatery (@libreriaeatery) on  

Buat pecinta buku, rasa-rasanya kurang lengkap bila ke Surabaya tidak mengunjungi tempat ini. Ragam judul buku bisa ditemukan di tempat ini. Mulai dari Buku fiksi, non-fiksi, kamus, ensiklopedia hingga komik. Selain buku dan kuliner lezat, di sini juga tersedia akses internet gratis yang bisa digunakan untuk berselancar mencari pengetahuan-pengatahuan baru di dunia maya. Untuk menu, jenisnya juga sangat banyak, dari cemilan, hingga yang berat. Semuanya memiliki harga yang cukup murah meriah untuk kantong.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari berbagai sumber

50 Lagu Indonesia Favorit Siasat Partikelir 2021

Berikut adalah 50 lagu yang menjadi favorit Siasat Partikelir, yang sering kami dengarkan di berbagai situasi dalam rentang waktu tahun 2021.

Keep Reading

Album Indonesia Favorit Siasat Partikelir 2021

berikut kami hadirkan serangkaian kategori album, mulai dari album penuh, album mini, album kompilasi, album rilis ulang, sampai sampul album yang menjadi favorit Siasat Partikelir di sepanjang tahun 2021.

Keep Reading

PARTIKILAS Part II: Favorit Siasat Partikelir di 2021

Ada begitu banyak jumlah karya yang dirilis oleh para musisi di sepanjang tahun 2021. Seperti yang sudah diulas dalam Partikilas Part I, berdasarkan pantauan di email Siasat Partikelir, setiap harinya...

Keep Reading

PARTIKILAS Part I: Mereka yang Berbagi Kabar di 2021

Untuk menyambut tahun 2022 yang penuh harapan, di bawah ini kami menyuguhkan kilas balik yang bersumber dari data dan dokumen internal Siasat Partikelir di sepanjang tahun 2021.

Keep Reading