Samo Lives, Film Terbaru Tentang Basquiat Akan Segera Datang

Seniman mana yang tak kenal dengan sosok yang satu ini. Yups, Jean-Michel Basquiat, seniman asal Amerika yang berpengaruh besar pada perkembangan lanskap seni kontemporer. Untuk merayakan kisah hidupnya yang gemilang sekaligus penuh perjuangan, baru-baru ini tersiar kabar film terbaru yang mengangkat kisah Basquiat berjudul Samo Lives akan segera diproduksi.

Film yang akan dibintangi oleh Kelvin Harrison Jr dan disutradarai oleh Julius Onah, film Samo Lives akan mengikuti kehidupan, karier, dan warisan pengkaryaan Basquiat, seorang seniman Amerika Haiti-Puerto Rika kelahiran Brooklyn yang menjadi salah satu tokoh yang menentukan gerakan seni Neo-ekspresionisme tahun 1980-an. Secara signifikan, Samo Lives akan menjadi versi pertama dari cerita Basquiat yang dibuat langsung oleh seorang pembuat film kulit hitam.

Kelvin Harrison Jr, Jean-Michel Basquiat, dan Julius Onah

Pada usia 22, Basquiat menjadi artis termuda yang pernah berpameran di Whitney Biennial New York. Hanya lima tahun kemudian, pada bulan Agustus 1988, ia meninggal pada usia 27 tahun. Namun, meskipun karirnya singkat secara tragis, Basquiat tetap menjadi tokoh berpengaruh di dunia internasional—pada tahun 2017, lukisannya Untitled terjual seharga $ 110,5 juta di lelang, membuat itu salah satu karya seni paling mahal dalam sejarah.

“Jean-Michel Basquiat mendefinisikan ulang gagasan tentang siapa yang naik ke ketinggian tertinggi dunia seni rupa. Tetapi kompleksitas dan kekayaan pengalamannya sebagai seniman dan anak diaspora Afrika belum didramatisasi dengan cara yang layak,” tulis Onah dalam sebuah pernyataan di samolives.com.

“Itu adalah pintu gerbang bagi seorang anak yang putus asa untuk menemukan seniman yang bisa dia lihat sendiri,” Onah menjelaskan tentang menemukan Basquiat saat remaja. “Tetapi semakin tua saya dan semakin banyak saya belajar tentang Jean-Michel, semakin saya mulai merasa Kisahnya belum sepenuhnya diceritakan di bioskop,” jelas Onah. “Kami belum pernah melihat spektrum penuh kehidupan luar biasa Basquiat sebagai seniman kulit hitam dan anak dari diaspora Afrika imigran. Dan kekayaan dan nuansa perjalanannya adalah kisah yang layak untuk dirayakan.”

              Baca juga: Karya Jean Michael Basquiat Bakal Jadi Lukisan Termahal di Asia

Jean-Michel Basquiat (lahir di Brooklyn, New York, 22 Desember 1960 – meninggal 12 Agustus 1988 pada umur 27 tahun) adalah seorang seniman berkebangsaan Amerika Serikat. Pertama kali dia memulai karir sebagai seorang seniman grafiti saat di Kota New York pada tahun 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan neo-primitif. Sepanjang karirnya, Basquiat berfokus pada “dikotomi sugestif,” seperti kekayaan versus kemiskinan, integrasi terhadap segregasi, dan pengalaman batin versus luar. Karya Basquiat yang dimanfaatkan merupakan sinergi perampasan, gambar puisi, dan lukisan, yang dikawinkan dengan teks dan gambar, abstraksi dan figurasi, dan informasi sejarah dicampur dengan kritik kontemporer. Memanfaatkan komentar sosial sebagai “batu loncatan untuk kebenaran yang lebih dalam tentang individu”, lukisan Basquiat kadang menyerang struktur kekuasaan dan sistem rasisme.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Samolives.com

Perjalanan Samanta Mengukir Momentum

Menuju penghujung tahun 2022, Angular//Momentum memberi persembahan sebuah rilisan album terbaru dari unit post-rock yang berada di dalam lingkarannya. Adalah Samanta yang merilis debut dengan nama serupa, “Samanta”, pada 26...

Keep Reading

Pesan Teddy Adhitya Dalam Ocean

Jika ingin mengenal sosok Teddy Adhitya, bisa dibilang ia adalah seorang storyteller, penyanyi, penulis lagu, produser musik, dan pengembara yang sudah melakukan petualangan bermusiknya sejak tahun 2008 silam. Di tahun...

Keep Reading

Isyana Sarasvati Untuk New York Fashion Week

Salah satu solois fenomenal tanah air, Isyana Sarasvati, diundang untuk menghadiri salah satu acara paling bergengsi tahun ini di New York, Vogue World (12/09). Merayakan ulang tahunnya yang ke 130,...

Keep Reading

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading