Samartafattu, Luncurkan Single Kedua ‘Highest Orgasm Libido Experience’

Dalam kondisi seperti saat ini, memang bukan alasan untuk tidak produktif, meskipun belum terasa perubahannya dari satu tahun terakhir kemarin, ini dibuktikan oleh Samartafattu yang baru saja mengabarkan, mereka merilis single terbarunya.

Band pop indie asal bali Samartafattu melucurkan single kedua terbarunya yang bertajuk “Highest Orgasm Libido Experience” pada tanggal 21 Maret 2021, proses produksi juga bisa dibilang singkat, mengingat sebelumnya Samartafattu sudah merilis single ‘Ngengat’ di awal bulan Januari 2021 lalu.

Trio New Wave Revival/ Dark Elecho Pop ini digawangi oleh Tania Yesintha (vocal/synth), Wahyu Pablo (gitar) dan Andre Tovan (bass/controller) sebagai penjuru dari Samartafattu. Pergerakan yang sangat gesit bukan menjadi kendala bagi mereka untuk meluncurkan karya barunya ini. Tidak jauh berbeda dengan single yang sebelumnya “Ngengat”, masih menceritakan tentang issue wanita. Kali ini “Highest Orgasm Libido Experience” menceritakan tentang wanita dengan buah persik dan jeruk darah sebagai gambaran makna yang tersirat tentang vagina, mengambil elemen-elemen tentang kehidupan, sensualitas dan kenikmatan tiada tara menjadi satu video visual kontemporer.

“Lagu ini membawa unsur yang beda daripada lagu sebelumnya, lebih membawa jenis musik indie pop dan progresive dengan menyarap materi-materi yang lebih bervariasi” ujar Andre Tovan.

Menghilangkan unsur gelap pada lagu pertama, lagu ini membawa suasana yang cukup berwarna. “Pengambilan notasi dalam lagu ini selalu berubah, maka untuk merekam vokalnya pun cukup susah”, tambah Tania Yesintha. “Tata suara yang dihasilkan pada lagu ini di dominasi oleh vibe British. Notasi yang dimainkan pun beragam tidak bisa ditebak daripada lagu sebelumnya dan tuning dasarnya saya rubah menjadi lebih tinggi” ujar Wahyu Pablo.

Dari segi komposisi dan aransemen musik, Samartafattu membangkitkan memori nostalgia dengan musik new wave yang dimainkan dengan pendekatan nuansa romansa berkat modulasi elektronika yang diimbangin jangly indie pop modern yang renyah dan ringan, serta didominasi suara vokal wanita yang terkesan lemas dan tanpa ekspresi.

Single kedua ini menjadi jembatan bertahap Samartafattu menuju single berikutnya dan “Highest Orgasm Libido Experience” nantinya akan memasuki Extended Play yang dikeluarkan pada tahun ini.

 

Teks: Rizki M Akbar

Visual: Arsip dari Samartafattu

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading