Salam Perpisahan Dari Daramuda

Rara Sekar, Sandrayati Fay dan Danilla Riyadi adalah tiga sosok musisi perempuan yang masing-masing punya karir dan reputasi tersendiri. Sejak 2017 lalu, mereka bertiga berkolaborasi dalam sebuah proyek musik bernama Daramuda. Kolaborasi yang jelas berhasil mencuri perhatian penggemar musik tanah air, selain juga para fans dari kolaboratornya yang punya fanbase masing-masing.

Penulis pun berkesempatan melihat penampilan panggung pertama trio itu yang sederhana nan memukau kala Folk Music Festival yang digelar di Batu, Jawa Timur pada tahun 2018 lalu. Bukan hanya proyek untuk panggung, Daramuda mengisi eksistensinya dengan karya musik berupa album, Salam Kenal (2019), dan mereka pun baru saja melepas mini album yang berjudul Pertigaan pada 2 April 2020 lalu.

Siapa sangka tak lama berselang dari dirilisnya mini album Pertigaan yang masih hangat, muncul kabar mengejutkan bahwa Daramuda mengakhiri perjalanan proyek musik itu. “Sudah cukup lama kata “BUBAR” ada di benak kita semua, dan seperti baru kemarin rasanya kami merencanakan pemakaman Daramuda yang sengaja diambil tepat di tanggal dan tahun ini.” Dilansir dari pernyataan Danilla Riyadi di akun Instagram-nya.

Kabar bubarnya Daramuda jelas menghenyak hati para penggemarnya. Tapi bersamaan dengan kabar itu pula, trio beranggotakan Danilla Riyadi, Sandrayati Fay dan Rara Sekar itu juga memberikan penghiburan dengan melepas sebuah single baru berjudul “Selamat Tinggal” sebagai kado perpisahan yang tulus untuk para fans. “Tak cantik rasanya jika tidak bubar dengan sebuah karya kecil terakhir dari kami berjudul “Selamat Tinggal”; seperti membawa kami kembali ke rindunya esensi sebuah lagu dibanding gimmick.” Jelas Danilla lewat akun social media-nya.

Untuk pengerjaannya, single perpisahan Daramuda, “Selamat Tinggal”, diproduseri oleh Daramuda dengan sound engineers yaitu Sandi Simon dan Lafa Pratomo di PosKo Studio, serta proses mixing dan mastering oleh Ólafur Arnalds. Sebuah video musik yang disutradai oleh Daramuda dengan Doly Harahap sebagai produser serta Ega Oxsiana sebagai videografer dan editor, juga menyertai  publikasi single “Selamat Tinggal”. Proses pengerjaan rekaman video musiknya sendiri dilakukan di Flow House, Bali pada 5 Maret 2020 lalu.

Walau hanya tiga tahun, kehadiran singkat Daramuda jelas telah menyemarakkan kancah musik tanah air. “Untuk malam panjang yang seutuhnya, untuk salam kenal yang hanya sesaat, untuk semak hati yang terpajang di purnama. Selamat tinggal.” Pungkas Daramuda menutup kisah perjalanannya via akun Instagram mereka.

 

Teks: Farid Amriansyah
Visual: Doly Harahap
Video: Akun Youtube Daramuda

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading