Sal Priadi Ajak Aco Tenri Garap Film Pendek untuk "Serta Mulia"

Sal Priadi mengangkat salah satu single-nya, “Serta Mulia“, ke dalam bentuk film pendek. Solois asal Malang tersebut mengajak Aco Tenri sebagai sutradara.

Berdurasi 15 menit, official short film ini bercerita tentang Adit (diperankan oleh komika, Ryan Adriandhy), seorang pria muda yang mengalami kesulitan dan kegagalan dalam segala hal, mulai dari mencari kerjaan, mencari pasangan, bahkan dalam mencari passion-nya sendiri. Hingga suatu hari ia harus bekerja di sebuah kafe bersama Gobradinzor (512), sesosok monster yang membuatnya takut. Namun, seiring waktu berjalan Adit semakin belajar dan berani menghadapi monster tersebut dan mencari cara untuk merayakan perjumpaan mereka.

“Serta Mulia” sendiri telah dirilis oleh Sal Februari lalu. Namun, tidak seperti karyanya yang lain, lagu ini hanya ditemani sebuah video lirik yang sederhana. Sal mengatakan bahwa belum terpikirkan untuk membuat video untuk “Serta Mulia” sampai akhirnya bertemu Aco.

“Pertemuan pertama dengan Aco karena ada pekerjaan lain. Gue lihat karya-karya Aco, kemudian gue menemukan ada hal yang jarang gue temukan di filmmaker lain. Ada kepolosan, kesederhanaan. Kalau melihat Aco dan karyanya, ya sesuai. Aco ya kayak gitu,” ujar Sal dalam keterangan pers tentang bagaimana ide film pendek tersebut berawal. “Apa yang berusaha gue lakukan di penulisan lirik ‘Serta Mulia’ adalah berusaha tulus, tanpa banyak dekorasi. Persis seperti karya-karya Aco.”

Dengan lokasi syuting yang hanya satu, bukan berarti semuanya menjadi mudah. Aco menjelaskan bahwa ia banyak terbantu prosesnya dengan tim yang sepakat memberikan yang terbaik, di tengah segala keterbatasan. Kunci dari pembuatan video ini adalah kolaborasi Aco dengan berbagai orang, salah satunya adalah Ryan Adriandhy yang menjadi bintang utama.

“Semua udah tahu bahwa dia adalah sosok yang lucu, juara satu acara stand up comedy, tapi dia juga udah lama banget enggak tampil sebagai komika. Gue sebagai sutradara pastinya ingin bekerja sama dengan orang yang memudahkan. Ryan itu comedy timing-nya udah selesai. Dan terbukti saat syuting, semua adegan stand up selesai dalam satu kali take. Dia tahu kapan harus berhenti, harus menahan,” kata Aco tentang kerja samanya dengan Ryan.

Selain Ryan, Januarizen, Sheryl Sheinafia, dan Sal sendiri ikut masuk dalam adegan di Serta Mulia.

“Serta Mulia” merupakan single pertama Sal Priadi tahun ini. “Bulan yang Baik” tercatat menyusul setelahnya. Tahun lalu, Sal juga sempat merilis sebuah album bertajuk Berhati, disusul dua single terpisah, “Irama Laot Teduh” dan “Misteri Minggu Pagi”.

Aco Tenri sendiri sebelumnya dikenal sebagai sutradara dari “Happy Girls Don’t Cry” yang merupakan bagian dari antologi Quarantine Tales.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Sal Priadi

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading