RUU Permusikan Resmi Ditarik Dari Daftar Prolegnas

Setelah berhasil menuai banyak sekali pro dan kontra dari publik, terutama para musisi dan pekerja musik lainnya, Rancangan Undang-Undang Permusikan (RUUP) akhirnya telah resmi ditarik dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin sore, 17 Juni 2019. Hal ini tentu saja menjadi sebuah kabar baik untuk pelaku dan pegiat kancah musik nasional.

Hal tersebut bisa dilihat dari cuitan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP) melalui akun Twitternya, @kntlruup pada tanggal 17 Juni 2019.

Teman-teman, ada berita baik bahwa RUU Permusikan telah resmi ditarik DPR dari daftar Prolegnas RUU Prioritas 2019 pada pukul 17.00 WIB hari ini,” kata cuitan itu.

Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTLRUUP) terbentuk dari banyak praktisi musik Indonesia yang menolak RUU Permusikan untuk diundangkan. Menurut keterangan situs resminya, saat halaman web itu dibentuk, koalisi tersebut anggotanya sudah mencapai 500 orang.

RUU Permusikan menjadi kontroversial karena tiba-tiba menjadi salah satu Prolegnas tanpa ada urgensi yang jelas. Isinya pun dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan musisi Indonesia hari ini, serta berpotensi untuk membatasi kebebasan proses kreasi para praktisi musik, berpotensi represif, mengabaikan praktek musik di luar kerangka industri dan lain sebagainya.

Kabar baik ini perlu disyukuri. Untuk informasi terkini dan lebih mendalam tentang gerakan ini, silakan kunjungi www.tolakruupermusikan.com. (*)

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading