Ada yang baru datang dari Kediri, Sarang Semut Creative Space namanya. Cikal bakal berdirinya tempat ini adalah dari hasil pemikiran band ska yang bernama Semut Semut Merayap. Tempat ini menjadi yang pertama sekaligus satu-satunya creative space yang dimiliki oleh Kediri dan telah diresmikan pada 27 Oktober 2019 kemarin. Seperti kebanyakan creative space yang ada di kota lain, tempat ini berfungsi untuk mewadahi berbagai macam geliat potensi kreatif yang dimiliki oleh para masyarakat Kediri.

Sarang Semut ini adalah sebuah “ruang bermain”, begitu mereka menyebutnya. Di dalamnya terdapat studio rekaman, studio fotografi & desain, serta warung kopi yang juga bisa digunakan sebagai tempat diskusi atau sekadar bercengkrama bersama teman.

“Ide awalnya memang pingin membuka warung kopi. Ternyata gagasanku disambut baik dan dikembangkan sama anak-anak. Jadilah Sarang Semut ini,” ungkap  M. Ilham, pemain perkusi dari Semut Semut Merayap.

Creative Space memang telah lama menjadi salah satu mimpi dari mereka. Telah sejak lama keinginan mau diwujudkan. Mimpinya tidak muluk-muluk dan egois, memiliki markas yang juga bisa memfasilitasi beragam ide kreatif yang tidak hanya datang dari mereka sendiri, namun dari berbagai lapisan masyarakat di Kediri.

Yang jelas, Sarang Semut adalah ruang terbuka untuk teman-teman. Semua boleh dan bebas berkreasi di sini,” lanjut Ilham yang juga akrab disapa Lahom ini.

Impian mereka ternyata tidak berhenti begitu saja dengan adanya tempat ini, berbagai macam ide dan gagasan akan terus dituangkan agar upaya merangkul beragam bentuk kreativitas bisa terlaksana. Antara lain adalah dengan mengadakan sebuah distro yang berisi merchandise, ruang terbuka untuk pameran hingga tempat untuk melangsungkan kegiatan bermusik (gigs) pun akan dicanangkan. Saat ini selain fokus  merawat ekosistem yang ada di dalam Sarang Semut sendiri, mereka juga sedang gencar-gencarnya untuk mengumpulkan buku-buku untuk perpustakaan mini yang akan hadir di dalamnya. Ingin tahu seperti apa tempat ini? silahkan cek di @sarangsemut_creativespace atau bagi kalian yang sedang ada rencana untuk berkunjung ke Kediri, bisa langsung menuju ke Jl. Dr. Suharjo IV, Tamanan, Kediri.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Sarang Semut Creative Space