Rrag Gambarkan Pemandangan Televisi di Nomor Terbaru

“Terbang kulihat tinggi di sana melayang-layang,” nyanyi Adjeng di awal lagu dengan tajuk “Pelikan”.

Lagu tersebut merupakan nomor terbaru dari unit indie rock asal Bogor, Rrag. Mereka menggambarkan terbangnya burung di judul dalam lagu tersebut. Dalam penulisan liriknya, mereka dibantu oleh Bayu Azni dari Swellow dan Diskotek.

“Biar kutanya ke mana tiba wahai pelikan,” lanjut sang vokalis.

“Sebuah interpretasi penuh kespontanan dari sebuah pemandangan yang Bayu saksikan melalui layar TV-nya kala itu,” jelas Rrag dalam keterangan persnya.

Lagu tersebut sudah digarap sejak dua tahun lalu. Riff gitar ditemukan oleh sang gitaris, Damas, dan disusul Bayu yang mengisi lirik selanjutnya.

“Pelikan” digarap tidak lama setelah mereka merilis album mini perdana bertajuk Eter di pada 2019. Dalam EP yang digarap bersama Janari Records untuk format digital dan Hujan! Rekords serta Kick It Records dalam format kaset tersebut, mereka memasukkan enam trek yang di antaranya Tua, Cold, Janari, dan Percaya. Tahun lalu mereka kosong karya, namun merilis dua video musik untuk “Percaya” dan “Sinar” yang juga bagian dari EP. Awal tahun ini, Rrag merilis sebuah lagu dengan judul “Violet”.

Rrag sendiri terbentuk pada 2018 dengan formasi Adjeng (bas, vokal), Acil (gitar, vokal), Damas (gitar, vokal), dan Wili (drum). Dalam karyanya, empat muda mudi Kota Hujan tersebut kebanyakan dipengaruhi oleh band-band indie rock dan indie pop 1990-an. Drum konstan di awal “Pelikan” ditambah gitar sepotong arpeggio lalu disusul gitar latar dengan distorsi yang hampir berat lumayan menggambarkan referensi mereka tersebut.

Biarpun belum ada rencana yang pasti, Rrag nampaknya sudah mempersiapkan beberapa kejutan ke depannya.

“Belum tau. Barudak hampir enggak pernah ada perencanaan matang jangka panjang. Semuanya serba spontan. Yang jelas kami masih bercita-cita punya album dan tur dan bawah teman-teman yang kocak-kocak tentunya”, ujar sang gitaris, Arafat atau yang biasa disapa Acil, dalam keterangan yang sama.

Teks: Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Rrag

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading