Rounder Kembali Hadir Dengan Nuansa Lebih Gelap

Hadir dalam nuansa yang lebih gelap, kuintet  metalcore asal kota Bandung, Rounder kembali melepas karya teranyarnya yang bertajuk ‘Loveless Suffering’. Lagu tunggal yang dirilis di akhir tahun 2020 ini merangkum sisi gelap emosional seorang manusia. Di mana penggambaran antara penderitaan, keputusasaan dan cinta dari sudut pandang berbeda saling berkelindan di dalamnya.

Dalam materi terbarunya, unit yang digawangi oleh Fikri Hadyan Luthfi (Vocal), Ramzy Fauzansyah (Guitar), Razaq Caesar Oktavian (Guitar), Bimo Dwi Anandi ( Bass ) dan Ihsan Akbar (Drum) ini menghadirkan nuansa yang terbilang berbeda jika dibandingkan dengan karya-karyanya terdahulu. Dalam ‘Loveless Suffering’ Rounder memainkan progresi chord yang lebih agresif sekaligus gelap dan dibalut dengan lirik yang lebih emosional.

Pandemi Covid-19 memang membawa banyak kabar buruk, terlebih dalam urusannya dengan aktivitas sehari-hari. Diceritakan, lagu ini pun tercetus setelah adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan mereka untuk berdiam diri di rumah sehingga lahirlah ide untuk membuat single ‘Loveless Suffering’. Dirilis di bawah panji Kalimasada Records, lagu ini secara keseluruhan diproduksi oleh mereka sendiri di studio Southside Paradise.

Selain dirilis dalam format audio, Rounder pun mengemas ‘Loveless Suffering’ ke dalam format video yang semakin mempertegas penggambaran mereka tentang sisi kelam materi lagunya. Hal ini tercermin dari pelbagai visual yang ditampilkan dimana warna gelap mendominasi sepanjang jalannya video juga figur-figur misterius saling hadir menggambarkan situasi penderitaan dan keputusasaan terhadap cinta juga kemarahan. Di wilayah produksi, video ini diarahkan langsung oleh Razaq Caesar dan Fikri Hadyan dengan dibantu oleh Bimantara Septianto selaku DOP dan Editor.

Di permulaan tahun lalu, tepatnya pada 6 Maret 2020 mereka pun sempat merilis album penuh perdananya bertajuk “Disclosure”. Album penuh berisi 9 trek ini mengangkat pelbagai isu sosial sampai dengan isu kesehatan mental. Album ini pun sekaligus menjadi perkenalan Rounder ke audiens yang lebih luas.

“Disclosure terlahir atas ungkapan ketidakadilan, keterbatasan berbicara, keraguan berfikir rasional, eskapisme sosial, dan kemunafikan” kata Rounder melalui siaran persnya.

Rounder berusaha menggambarkan keseluruhan tema tersebut dalam balutan musik metalcore dan hardcore yang sangat kental. Pengaruh musik seperti dai The Devil Wears Prada, Polaris, Thornhill, hingga Every Time I Die terasa begitu kentara dalam album mereka. Sayup unsur modern metalcore pun cukup terasa di dalamnya. Sebelum merilis penuh, mereka sempat merilis tiga single secara berkala dari “Aftermath”, “Disclosure” dan “Misbehaving”. Ketiga lagu tersebut akhirnya masuk ke dalam album “Disclosure”.

Ke semua lagu Rounder kini sudah bisa dinikmati dipelbagai layanan pemutar musik streaming. Khususnya album “Disclosure” selain dirilis dalam format digital mereka pun merilisnya dalam bentuk CD beserta merchandise di dalamnya.

Teks: Dicki Lukaman

Visual: Arsip Dari Rounder

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading