Romansa Manusia di Album Perdana Morad

Setelah melepas beberapa singel di sepanjang karir bermusiknya, solis muda asal Jakarta, Morad, akhirnya memperkenalkan album penuh perdananya yang diberi tajuk About a Woman. Masih dirilis di bawah naungan Berita Angkasa Records, setidaknya ada sembilan lagu yang dihadirkan oleh Morad, beberapa di antaranya adalah materi yang sempat dirilis. Secara materi, lewat album debutnya ini Morad banyak mencurahkan isi kepalanya tentang romansa yang kerap di alami setiap manusia.

“Album ini sepenuhnya tentang romansa, the one simple theme that hits hard in most of people’s story. Di album ini ada kisah romansa tentang pertanyaan, kehilangan, penyesalan, keinginan, kecemasan, bargaining, acceptance, dan masih banyak lagi unsur romansa yang mungkin kalian dengar saat mendengar lagu-lagu yang ada di album ini,” ujar Morad lewat keteramham pers.

Seperti single-single yang sudah dirilis sebelumnya, Morad di album ini berkolaborasi dengan Viki Vikranta, penggebuk drum Kelompok Penerbang Roket, sebagai produser. Ia bercerita banyak pengalaman yang ia dapat ketika bekerjasama dengan Viki sejak Mei 2020 hingga Agustus 2021.

“Pastinya banyak banget yang saya pelajari, mungkin beberapa dari sekian banyaknya pengalaman tersebut yang paling berkesan adalah bagaimana Viki membuat komposisi lagu dan membagi porsi untuk elemen apa saja yang akan dituangkan ke dalam lagu. Intinya Bagaimana cara mengaplikasikan ‘less is more’ secara tepat,” kata Morad.

             Baca juga: Selingkar Hubungan dan Jerat Motown di Lagu Ketiga Morad

Memilih jalur sebagai solois diakui Morad tantangan dan pengalaman paling menarik adalah ketika berkolaborasi dengan para musisi yang membantu mengisi dan memainkan instrumen musik di album About a Woman.

“Sedikit kesulitannya mungkin menyamakan jadwal satu sama lain. Teknis rekaman mungkin ada kesulitan juga, tapi tidak terasa sama sekali karena dalam prosesnya kami sangat menikmati sekali.” terang Morad

Setidaknya ada sembilan nomor lagu yang Morad suguhkan, diantaranya “No One’s Gonna Love You”, “Good Lovin’”, “Red & Black”, “How”, “In Case You Need Someone”, “About a Woman”, “If Tomorrow I’m Losing You”, “Again”, dan “Empty”. Selain dirilis dalam format digital di berbagai layanan musik streaming, About a Woman juga rencananya bakal dirilis oleh Berita Angkasa Records dalam format fisik cakram padat dan merchandise versi eksklusif nan terbatas.

               Baca juga: Morad Lepas Single Berikutnya “Red and Black”

Selain dirilis secara digital dan fisik, salah satu nomor yang tercantum di album tersebut, “Again” juga dikemas ke dalam video musik yang sudah bisa kaliansimak di akun YouTube milik Morad. Dalam penggarapan video musik tersebut, Morad berkolaborasi dengan seniman, fotografer, dan videografer asal Bandung, Lukman Hakim, sebagai sutradara.

Morad berharap setelah album debutnya dirilis, perjalanan bermusiknya tidak berhenti dan selalu menjadi pengingat pribadi kenapa ia memulai untuk berkarya.

“Dan semoga album ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk siapapun di luar sana dan bisa menjadi berkah untuk orang-orang yang terlibat dalam pengerjaan About a Woman,” pungkasnya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berita Angkasa

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading