Rilisan Fisik dari Single Ketiga Sajama Cut

Sajama Cut beberapa waktu lalu sempat menghebohkan publik pecinta musik setelah lama hiatus dan akhirnya kembali lagi. Tak main-main, dalam comeback ini mereka merilis dua single, yaitu Kesadaran/ Pemberian Dana/ Gempa Bumi/ Panasea dan Adegan Ranjang 1981 ? 1982. Sekarang di bulan ini, band indie rock  legendaris Sajama Cut akan kembali merilis single ketiganya yang diberi judul “Menggenggam Dunia” di bawah naungan label independen The Bronze Medal Records.Co asal Jakarta, yang juga dimiliki oleh sang vokalis eksentrik, Marcel Thee. Bukan mainnya, “Menggenggam Dunia” sengaja dihadirkan untuk merayakan produktivitas yang tetap berjalan stabil dari band yang dikenal sebagai salah-satu pelopor indie 2000-an ini pada kancah musik Indonesia setelah 3 tahun hiatus dari panggung live. Single baru ini dalam rencananya akan dirilis dalam bentuk digital melalui berbagai layanan musik dalam jaringan seperti Spotify, Apple Music, Deezer, serta YouTube dan Bandcamp. Versi fisik single ini pun akan dirilis dalam format kaset pita sangat terbatas oleh Record Label asal Jakarta, Gabe Gabe Tapes pada akhir bulan Juli 2020 melalui media sosial label tersebut. 

Cover kaset tersebut didesain oleh design house Table Six bersama dengan Almer (Gabe Gabe Tapes). Menurut band leader Sajama Cut, Marcel Thee, “Menggenggam Dunia” adalah  lagu tentang “semua hal yang penting bagi kita – apapun itu. Bisa jadi orang yang dicintai; pacar, anak, orangtua, sahabat, hewan piaraan. Bisa juga sebuah kenangan, sebuah memorabilia, sebuah lagu atau apapun. Kita menggengam kencang dan tidak akan melepaskan hal tersebut.”

“Lagu ini merayakan komitmen dan loyalitas kita pada hal ‘penting’ itu. Dan gue rasa indah bahwa setiap orang memiliki hal ‘penting’ yang berbeda dalam hidup mereka – sesuatu yang menjadi pusat dari hidup mereka,” jelas Marcel.

Menurut Ernest Sitompul dari Gabe Gabe Tapes “Mengenggam Dunia merupakan bagian ke-3 dari single Sajama Cut untuk album terbaru yang akan dirilis tahun ini. Dengan 2 single yang sudah dirilis diawal tahun kemarin, Sajama Cut berhasil menarik perhatian dengan  judul – judul lagu yang sangat kaya akan makna, begitu juga dengan  Mengenggam Dunia. Pembukaan “Mengenggam Dunia” seakan – akan penuh dengan emosi yang diawali dengan musik pembuka yang sangat lantang dengan vokal yang berulang kali meneriakan “Mengenggam Dunia” membuat Sajama Cut berhasil mengeluarkan output yang bisa dibilang sangat berbeda dengan single sebelumnya. Begitu juga dengan ledakan manis yang berada ditengah lagu menambah variant rasa yang akan membuat para pendengar ”berdisko ria untuk seketika”. 

“Mengenggam Dunia” bisa dibilang based on Rock Music, namun tidak melupakan ciri khas dari Sajama Cut itu sendiri. Dengan nuansa nada dan vokal Marchel Thee sebagai frontman, Sajama Cut selalu berhasil mempertahankan output dan konsistensinya dengan ciri khas mereka sendiri sebagai band”. Single-single baru Sajama Cut ini akan mengarah ke sebuah album penuh yang akan dirilis dalam tahun ini, menurut manajemen band. Sejauh ini, resepsi sangat positif terhadap lagu-lagu baru ini – khususnya dari fans loyal yang diberikan nama Sajama Kids – menunjukan bagaimana fans telah sangat merindukan Sajama Cut.

Beberapa waktu kemarin, band indie rock veteran ini hadir dengan merilis satu single anyar yang diberi judul “Adegan Ranjang 1981 1982” pada Jumat 22 Mei kemarin di bawah naungan label independen ternama Orange Cliff Records asal Bandung. Untuk versi digital, single ini telah hadir di berbagai layanan musik dalam jaringan seperti, Spotify, Apple Music, Deezer, serta YouTube dan Bandcamp. Sedangkan untuk rilisan fisiknya, Orange Cliff selaku label yang menaungi menurut rencana akan merilisnya dalam bentuk kaset dan akan dikeluarkan pada awal bulan Juni mendatang melalui situs resmi dan media sosial mereka.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Sajama Cut

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading