Rilis Single ‘When It Is Done’ Pertanda Kazzmir Bakal Rehat

Band asal Yogyakarta yang terbentuk di tahun 2017 ini menuangkan kreativitasnya melalui single teranyarnya yang bertajuk “When It is Done”. Kazzmir yang digawangi Rolf (vocal), Ancal (gitar), Dio (bass), Edo (gitar) dan Iyan (drummer) ini menawarkan rentetan kata yang tersusun apik melalui lagu ini, kemudian dibungkus dengan aransemen khasnya.

Kali ini  mereka juga menyuguhkan cukup banyak kejutan dan berniat memberikan pengalaman baru bagi para pendengar setianya. Hal ini sangat terasa, khususnya saat pendengar “dipaksa” menunda adrenalin yang seharusnya naik sebelum reff kedua. Single ini bisa dibilang cukup unik, karena mengingat “When It Is Done” sendiri merupakan lagu pertama yang direkam Kazzmir pada awal dibentuk, tepatnya tahun 2017.

Menurut Rolf sang vokalis sekaligus penulis lirik lagu ini, secara garis besar single terbaru mereka menceritakan kepedulian seseorang pada suatu hal yang dianggap tidak berarti oleh orang di sekitarnya.

Perubahan iklim industri musik, dan perkembangan pola pikir tiap personil Kazzmir, tak ayal menjadi faktor besar yang memengaruhi perjalanan karir band ini. Meski bukan band kemarin sore, Kazzmir tak lantas nyaman dengan kondisi yang tengah dirasakan, mereka tetap berusaha mencoba mengeksplor segala potensi yang ada. Rilisnya single When It Is Done jadi penghujung fase pertama perjalanan band yang dibentuk empat tahun silam tersebut.

Dio sang bassist menjelaskan, “When It Is Done” memang dijadikan penutup dari beberapa single yang sudah dikeluarkan Kazzmir sebelumnya. Namun masih belum pasti, apakah dikeluarkannya single ini berarti suatu hal. Mengingat Kazzmir sempat diterpa isu rehat untuk beberapa saat. Isu tersebut makin kuat, dengan kabar bahwa sang vokalis harus pulang ke daerah asalnya. Kondisi tersebut membuat domisili tiap-tiap personil Kazzmir terpisah cukup jauh. Kendati demikian, hingga kini belum ada pernyataan resmi yang disampaikan Kazzmir mengenai isu yang beredar.

Seakan mengonfirmasi perihal isu rehatnya, Kazzmir juga meluncurkan single lain berjudul “Lost” yang diluncurkan bersamaan dengan single “When It Is Done”. Tak jauh beda dengan When It Is Done, sebenarnya single berjudul “Lost” juga salah satu karya yang sudah lama ada, bahkan sebelum Kazzmir terbentuk. Luapan emosi yang menggebu dalam lagu ini, kerap digunakan Kazzmir sebagai ajang pemanasan saat perform.

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Kazzmir

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading