Renungan La Ngetnik di Nomor "Figurasi"

Kancah musik di Madura terus menunjukan eksistensinya. Kali ini ada grup musik bernama La Ngetnik asal Sumenep yang baru-baru ini telah memperkenalkan single perdananya bertajuk “Figurasi”. Dari nama grupnya saja barangkali kita sudah bisa menebak musik semacam apa yang mereka bawakan. Yups, musik etnik yang digiring ke ranah modern.

Menurut La Ngetnik, nomor “Figurasi” banyak terinspirasi dari sebuah perenungan spiritual tentang kehebatan Tuhan menciptakan tatanan sistematika jagat raya dan kehidupan. Lebih jauh mereka menjelaskan bahwa kehebatan itu tergambarkan melalui ilmu pengetahuan yang mampu menciptakan peradaban bagi manusia.

“Bahwa semesta adalah gambaran kehebatan itu, sebuah frame figura dari sifat-sifatNya yang berwujud ilmu pengetahuan lalu dengannya manusia mencipta jejak peradaban.” Jelas La Ngetnik dalam keterangan pers.

Secara musikal, di nomor perdananya ini La Ngetnik sedang berupaya untuk membaurkan beragam jenis musik modern namun tetap bersandar pada bentang bunyi daerah tempat mereka lahir, Madura. Sepanjang lagu tetabuhan khas Madura saling beresonansi dengan unsur-unsur musik lain, seperti musik rock dan folk. Tak ketinggalan di beberapa bagian lagu juga mereka menyuntikan nuansa elektris dari bunyi synthesizer. Selipan-selipan gitar ala desert blues pun saling bersambut dengan tetabuhan perkusi yang membalut syair lagu.

Di wilayah produksi, proses rekaman dan mixing dilakukan di dapur audio OS Music Studio dengan diproduseri oleh Moh. Saleh SH, sedangkan untuk proses mastering dan video lirik dikerjakan oleh Badrus Zeman a.k.a Lorjhu’. Nama Eko Nofa sendiri bertanggungjawab di wilayah Manajerial dan PR.  Artwork dengan gambar sosok pembawa gayung air dibalik sebuah figura dibuat oleh Rifan.

Sedikit perkenalan. La Ngetnik sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2015, meskipun sempat mengalami vakum dan pergantian personel La Ngetnik tetap dipertahankan oleh pendiri sekaligus insiatornya yaitu Rifan Khoridi. Setelah melalui proses yang panjang dan serius maka  Grup musik ini akhirnya secara resmi dinahkodai oleh Rifan Khoridi pada synthesizer juga multi-instrumen,  Faris nofail di lead gitar, Oding classic pada Bass, M.K. Umam di bagian drum dan dipurnakan dengan Riang Harmonies di vocal serta dibantu oleh Jauhariyadi pada perkusi.

Nama La Ngetnik sendiri berasal dari bahasa Madura, La yang berarti sudah/telah/rampung sedang Ngetnik diambil dari kata etnik yang secara harfiah La Ngetnik bermakna “Sudah ada unsur etniknya”.

Kini nomor “Figurasi” sudah bisa kalian simak di berbagai kanal pemutar musik streaming. Selamat mendengarkan!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari La Ngetnik

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading