Renungan La Ngetnik di Nomor "Figurasi"

Kancah musik di Madura terus menunjukan eksistensinya. Kali ini ada grup musik bernama La Ngetnik asal Sumenep yang baru-baru ini telah memperkenalkan single perdananya bertajuk “Figurasi”. Dari nama grupnya saja barangkali kita sudah bisa menebak musik semacam apa yang mereka bawakan. Yups, musik etnik yang digiring ke ranah modern.

Menurut La Ngetnik, nomor “Figurasi” banyak terinspirasi dari sebuah perenungan spiritual tentang kehebatan Tuhan menciptakan tatanan sistematika jagat raya dan kehidupan. Lebih jauh mereka menjelaskan bahwa kehebatan itu tergambarkan melalui ilmu pengetahuan yang mampu menciptakan peradaban bagi manusia.

“Bahwa semesta adalah gambaran kehebatan itu, sebuah frame figura dari sifat-sifatNya yang berwujud ilmu pengetahuan lalu dengannya manusia mencipta jejak peradaban.” Jelas La Ngetnik dalam keterangan pers.

Secara musikal, di nomor perdananya ini La Ngetnik sedang berupaya untuk membaurkan beragam jenis musik modern namun tetap bersandar pada bentang bunyi daerah tempat mereka lahir, Madura. Sepanjang lagu tetabuhan khas Madura saling beresonansi dengan unsur-unsur musik lain, seperti musik rock dan folk. Tak ketinggalan di beberapa bagian lagu juga mereka menyuntikan nuansa elektris dari bunyi synthesizer. Selipan-selipan gitar ala desert blues pun saling bersambut dengan tetabuhan perkusi yang membalut syair lagu.

Di wilayah produksi, proses rekaman dan mixing dilakukan di dapur audio OS Music Studio dengan diproduseri oleh Moh. Saleh SH, sedangkan untuk proses mastering dan video lirik dikerjakan oleh Badrus Zeman a.k.a Lorjhu’. Nama Eko Nofa sendiri bertanggungjawab di wilayah Manajerial dan PR.  Artwork dengan gambar sosok pembawa gayung air dibalik sebuah figura dibuat oleh Rifan.

Sedikit perkenalan. La Ngetnik sendiri sudah terbentuk sejak tahun 2015, meskipun sempat mengalami vakum dan pergantian personel La Ngetnik tetap dipertahankan oleh pendiri sekaligus insiatornya yaitu Rifan Khoridi. Setelah melalui proses yang panjang dan serius maka  Grup musik ini akhirnya secara resmi dinahkodai oleh Rifan Khoridi pada synthesizer juga multi-instrumen,  Faris nofail di lead gitar, Oding classic pada Bass, M.K. Umam di bagian drum dan dipurnakan dengan Riang Harmonies di vocal serta dibantu oleh Jauhariyadi pada perkusi.

Nama La Ngetnik sendiri berasal dari bahasa Madura, La yang berarti sudah/telah/rampung sedang Ngetnik diambil dari kata etnik yang secara harfiah La Ngetnik bermakna “Sudah ada unsur etniknya”.

Kini nomor “Figurasi” sudah bisa kalian simak di berbagai kanal pemutar musik streaming. Selamat mendengarkan!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari La Ngetnik

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading