Rentetan Karya Video Muara Najma

Kancah musik Madiun, rupanya masih bergejolak. Kini Muara Najma yang memberi pertandanya. Band asal Madiun dengan komposisi Ardi Nugroho, Indra Adi Patria, Dhimas Kencana, Afif Irchas, Dading Praptasany, dan  Galuh Tiaramurti tersebut merilis sebuah lirik video dari tembang bertajuk “Hewan Buruan” pada 22 November 2019.

Video lirik tersebut ialah hasil re-arrangement tembang yang dicatut dari album mereka berjudul serupa (Hewan Buruan). Rencananya paket karya itu akan dirilis pada waktu dekat ini. Dalam proses penciptaan lagu serta lirik, Muara Najma mengambil setting masa penjajahan hingga kemerdekaan Indonesia.

Sebelumnya Muara Najma juga sempat merilis video klip untuk lagu berjudul “Kembali Dari Perantauan” versi Akustik pada 31 Mei 2019. Proses pengambilan gambarnya dilakukan di Bukit Mongkrang, Kabupaten Magetan dan penggarapannya diarahkan langsung oleh beberapa temannya, yaitu SomplakSebelah (editor dan videografer), Fendhi (videografer), Cikal (asisten videografer)

Cerita pada “Hewan Buruan” ini menggunakan sudut pandang keluarga kecil yang sama-sama berjuang dan ingin merasakan kemerdekaan dengan cara masing-masing. Menurut para personil, perjuangan bukan hanya di medan perang dan mengarahkan senapan.

“Lagu ini ingin menceritakan betapa besar mimpi pendahulu kita untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebagai generasi muda kita harus menjaga pengorbanan pendahulu kita. Kita bisa menjadi Pahlawan dengan versi kita masing-masing dan Kita harus punya peran dalam kehidupan kita,” ungkap mereka.

Lalu, pada penghujung 2019 ini, Muara Najma akan mentupnya dengan meluncurkan video lirik dari single “Midnight Feeling” yang juga akan termasuk dalam list album baru mereka. Afif Irchas pun memberi komentarnya terkait rentetan perilisan karya video tersebut.

“Sekilas memang rada menyalahi aturan atau pola timeline promosi yang sewajarnya. Pola biasanya itu kan menerbitkan album terlebih dahulu, lalu mengeluarkan karya videonya, namun kami rasa hal tersebut perlu dicoba. Kami ingin mengelaborasi beberapa tekhnik distribusi musik di Madiun dan memberi trigger untuk teman-teman di sekitar kami agar percaya diri turut serta menularkan karya mereka,” tuturnya.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Muara Najma

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Head In The Clouds Balik Lagi ke Jakarta

Perusahaan media serta pelopor musik Global Asia, 88rising, akan kembali ke Jakarta setelah 2 tahun absen karena pandemi pada 3-4 Desember 2022 di Community Park PIK 2. Ini menandai pertama...

Keep Reading