Rekonstruksi Perjalanan The Cat Police di Karya Terbarunya

Usai merilis satu album penuh Tropical Industries (2016) dan album mini Mirror, Mirror on The Wall (2019), unit musik asal Tangerang, The Cat Police akhirnya kembali membawa materi baru. Kali ini mereka merilis double single “Like No Other Do” dan ”The Room with Large Paintings”. Tak hanya materi musik saja, lewat rilisan ini pula mereka memperkenalkan formasi baru, yakni Zaki Lazuardian (Vokal), Odong Page (Bas), Jack Andi (Gitar), Gilang Gamma (Gitar), Abrang Wino (Keyboard), dan Muhammad Syiam (Drum).

Menurut The Cat Police, setelah beberapa kali mengalami perubahan personil dan dinamika sebagai sebuah grup, rilisan terbarunya ini merupakan hasil rekonstruksi The Cat Police beberapa tahun ke belakang. Datang dengan referensi musik berbeda, banyak workshop dan coba-coba yang dilakukan, pun tak jarang berujung ‘mandek’. Seiring prosesnya, The Cat Police pun menemukan formula yang lebih nyaman dalam materi yang mereka mereka bawakan.

Semisal dalam nomor “Like No Other Do” yang hadir dan terasa dekat dengan realita yang mereka (atau kita semua?) hadapi di masa sekarang. The Cat Police mengatakan bahwa lagu ini merupakan pengingat bahwa nyatanya kita tidak bisa benar-benar sendiri. Di tengah tantangan kondisi berat sekali, mereka meyakini jika situasi bakal kembali seperti semula, berjalan lagi sebagaimana mestinya.

“Kita boleh sepakat, satu atau dua tahun ke belakang bisa jadi tahun yang cukup berat. Tapi, toh, semuanya lewat juga.” Ungkap The Cat Police dalam keterangan pers.

The Cat Police merekam dan menuyimpulkan segala tumbukan rasa tersebut ke dalam penggalan lirik “Like No Other Do” yang berbunyi; And when music speaking, your words cannot”

Sedangkan di nomor kedua “The Room with Large Paintings”, The Cat Police banyak menuangkan sebuah harapan. Menurut band yang sudah terbentuk sejak tahun 2008 ini, nomor “The Room with Large Paintings” merupakan gambaran atas harapan akan kenikmatan melahirkan penokohan yang kerap dirindukan.

Pertama kali dibuat pada 2018, “The Room with Large Paintings” lahir sebagai respon dari karya visual Jovian Fraaije, seniman asal Malang. Menceritakan tentang kenikmatan secara tersirat, Jovian menjabarkan lewat pasangan suami-istri yang memutuskan berada di dalam kamar seharian guna olah rasa dan olah raga.

“Single ini menjadi perandaian halus dan terselubung bagaimana manusia melahirkan kenikmatan,” terang Zaki

Di wilayah proses, double single ini melibatkan nama Gilz untuk proses mixing dan mastering, sedangkan untuk pengerjaan artwork dieksekusi oleh Ferdi Darmawan & Zaki Lazuardian. Selain itu mereka juga dibantu dengan beberapa nama musisi untuk membuat materi terbarunya ini semakin semarak bebunyian, diantaranya dibantu oleh Alfa (saxophone), Galih (trombone), Prabu (trumpet), Dio Dama Wijaya (keyboard), Sonhaji Saputro membantu mengisi drum di nomor “The Room with Large Paintings”

Selain dirilis di kanal pemutar musik Bandcamp, double single ini juga tersedia di gerai toko musik digital The Store Front.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari The Cat Police

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading