Rekomendasi Film tentang Musik untuk Teman Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa pada bulan Ramadhan. Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, mencari takjil gratis, atau bahkan menonton film.

Mengingat film dan musik menjadi salah satu bentuk kesenian yang paling mudah “dinikmati” oleh setiap orang. Keduanya pun menjadi simbol dari budaya populer yang tak pernah padam dimakan tren. Tak heran jika keduanya bisa dengan mesranya berkolaborasi satu sama lain. Musik sebagai tema cerita dalam film bisa digunakan dengan berbagai pendekatan alur, mulai dari film biopic, terinspirasi dari musik, hingga yang sifatnya dokumenter.

Dalam kesempatan kali ini Siasat Partikelir akan merekomendasikan film yang bertemakan musik, berikut kami rangkum untuk menemani ngabuburit kamu selama bulan puasa:

 

Get On Up, James Brown Biography (2014)

Get on Up adalah sebuah film drama musikal biografi Amerika Serikat tahun 2014 tentang kehidupan penyanyi James Brown dan disutradarai oleh Tate Taylor dan ditulis oleh Jez dan John-Henry Butterworth. Film tersebut menampilkan Chadwick Boseman sebagai Brown, berpusat tentang sejarah hidup James Brown yang hidup dari kemiskinan hingga akhirnya bangkit sebagai musisi abad ke-20 yang paling berpengaruh sepanjang sejarah. Filmnya sendiri mengandung banyak unsur musikal serta beberapa hal dramatis yang pernah menerpa kehidupan James Brown seperti saat ia tampil menghibur para prajurit Amerika di Vietnam. Akan tetapi, semua konflik yang muncul dibawakan secara jenaka dan segar.

 

Whiplash (2014)

Film pemenang Oscar 2015 berjudul Whiplash garapan sutradara Damien Chazelle ini berhasil memenangkan kategori Best Film Editing, Best Sound Mixing dan Best Supporting Actor. Berdurasi 106 menit, Whiplash tayang perdana pada Sundance Film Festival 2014. Mengisahkan tetang Andrew yang diperankan oleh Miles Teller, merupakan pemuda yang mempunyai impian besar untuk menjadi seorang drummer terbaik di dunia. Perjalanan mewujudkan mimpinya bermuara saat Andrew diterima di sekolah musik, Shaffer Conservatory jurusan Jazz, yang langsung masuk ke dalam kelas yang di induksemangi oleh seorang konduktor ternama, Terrence Fletcher diperankan oleh J.K Simmons, yang mengajar dengan cara yang tegas dan kejam.

 

Marley (2012)

Kisah hidup Bob Marley yang mungkin jarang Anda ketahui akan dikupas dengan cerita yang menarik untuk diikuti dalam film tentang musik terbaik berjudul Marley ini. Sang sutradara, Kavin Macdonald, patut diacungi jempol dalam mengutarakan perjalanan hidup Bob Marley, ikon musik reggae ternama yang saat ini lagunya sering kali diputar oleh kalangan remaja.

Di dalam film ini, Anda akan melihat sosok lain dari Marley yang tak melulu berurusan dengan musik reggae dan juga ganja. Marley merupakan sosok yang sederhana dan tidak suka menjadi elit. Dirinya juga mempunyai jiwa pekerja keras sekaligus pejuang, hal ini tampak betul pada saat dirinya berlatih dan terus berlatih sampai menemukan jenis musik yang asyik, apalagi kalau bukan reggae.

 

Sound City (2013)

Film dokumenter Sound City yang adalah film yang disutradarai oleh pentolan Foo Fighters, Dave Grohl. Film ini bercerita tentang sebuah studio rekaman yang telah melahirkan banyak musisi ternama yang yang tergabung dalam band seperti Nirvana, Slipknot, Guns N’ Roses, Metallica, Fear, dan grup musik legendaris lainnya selama 40 tahun terakhir. Studio rekaman yang berada di Van Nuys, California ini dianggap sebagai permata mahkota peralatan rekaman analog karena di dalamnya sama sekali tidak ada campur tangan komputerisasi dalam proses rekaman dari para musisi yang terjadi di Sound City.

 

8 Miles (2002)

Meskipun menggunakan nama karakter fiktif, Eminem sebenarnya mengisahkan dirinya sendiri dalam film yang dibintanginya ini. Film ini bercerita tentang seorang rapper kulit putih bernama B-Rabbit (diperankan oleh Eminem) mencoba peruntungannya di skena musik yang didominasi oleh orang-orang keturunan Afrika-Amerika. 

8 Mile mendapatkan banyak respon positif dan penampilan akting Eminem sendiri juga menuai banyak pujian. Prestasi tertingginya adalah penghargaan Oscar untuk Best Original Song untuk lagu “Lose Yourself” yang dinyanyikan oleh Eminem sendiri.

 

Bohemian Rhapsody (2018)

Siapa yang tidak tahu Bohemian Rhapsody? Mega hits dari band rock legendaris Inggris, Queen. Kemunculan Bohemian Rhapsody memang telah mengguncang dunia musik internasional, karena Queen telah merubah pakem lagu rock saat itu. Sesuai dengan judulnya, film Bohemian Rhapsody mengajak penonton untuk bernostalgia dengan perjalanan karir grup band Queen. Mulai dari awal karir mereka, hingga akhirnya terkenal di seluruh dunia. Salah satu scene berkesan di film ini adalah scene konser Live Aid di tahun 1985 yang dianggap sebagai salah satu penampilan terbaik dari vokalis Queen, Freddy Mercury. Selain bercerita tentang Queen, film ini juga bercerita mengenai pribadi Freddy Mercury yang eksentrik. Termasuk kisah cintanya, hingga perjuangannya melawan penyakit HIV.

Film-film di atas adalah beberapa film yang bisa kalian tonton unruk kegiatan ngabuburit, atau begadang menjelang sahur. Selamat menonton!

 

Teks: Rizky M Akbar

Visual: Arsip dari Berbagai Sumber

Catatan Perjalanan Rich Brian di Album Mini Brightside

Rapper, penyanyi serta produser asal Indonesia, Rich Brian baru-baru ini resmi merilis album mini terbarunya yang bertajuk Brightside. Lewat album mini berisi 4 lagu ini Rich Brian mengatakan bahwa Brightside merupakan...

Keep Reading

Keseruan Selanjutnya di Soundhead Gig Vol. 3: Parsing Echoes

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang terjadi beberapa tahun terakhir telah berhasil meluluhlantakan berbagai lini industri hiburan, tak terkecuali industri pertunjukan musik. Namun, ditengah tantangan yang ada, para pelaku industri terus...

Keep Reading

Kisah Cinta di Balik Pertunjukan Musik dari The Rang-Rangs

Trio punk rock asal Bekasi, The Rang-Rangs, kembali melanjutkan cerita asmaranya yang tak konvensional. Dalam materi terbarunya kali ini The Rang-Rangs mencoba mengangkat cerita persoalan jatuh hati di arena pertunjukan...

Keep Reading

Album Tersembunyi Mendiang January Christy Akhirnya Dirilis

Di era ‘80-an, tak sedikit orang yang mengidolakan January Christy. January Christy merupakan penyanyi pop jazz Indonesia yang unik. Range vokalnya tidak lebar, namun suaranya yang berat memberikan kenyamanan dan...

Keep Reading