Rad Rat, Projek Duo Wisnu Adji dan Tanya Ditaputri Rilis Karya Perdana

Andai kalian mengikuti, beberapa minggu kebelakang duo Rad Rat yang digawangi sejoli Wisnu Adji dan Tanya Ditaputri, keduanya nampak begitu kompak membocorkan materi lagu dari proyeknya yang teranyar melalui akun Intagram mereka masing-masing. Dan beberapa hari lalu (20/01) Rad Rat akhirnya secara resmi merilis lagu tunggal perdananya  yang diberi judul “Marionettes”.

Dirilis di bawah panji Rotes Rathaus Studio, single yang berdurasi tak lebih dari 3 menit ini lekat dengan warna rock alternatif dengan lirik sederhana yang kurang lebih berbicara tentang apa yang mereka suka dan apa yang tidak disukai. Dibuka dengan bebunyian elektronik lalu diikuti dengan hentakan drum  kemudian suara Tanya pun bertutur. Sesederhana isi lagunya, secara musikalitas pun “Marionattes” terasa tak berlebihan. Skema permainan bas dan sayup bunyi synthesizer yang mengiringi Tanya disepanjang lagu barangkali cukup membuat kita membayangkan bagaimana sejoli Stevie Nicks dan Lindsey Buckingham bekerja dalam mencipta lagu bersama.

Menurut Rad Rat, konsep band yang mereka usung pun sederhana, berkarya karena ingin menyalurkan hasrat bermusik dengan eksplorasi di luar band masing-masing. Seperti kita ketahui, di luar Rad Rat sendiri Wisnu Adji namanya mentereng sebagai vokalis cum gitaris di Monkey to Millionaire sedangkan Tanya Ditaputri belakangan lebih dikenal sebagai personil dari trio bernama Fleur!.

Di wilayah produksi, single “Marionattes” dibantu juga oleh Leonardo Ringo (Zeke And The Popo) sebagai eksekutif produser dan direkam di Rothes Rathaus Studio, Pamulang pada akhir 2020 lalu. Sedangkan untuk isian drum Rad Rat melibatkan Raveliza. Untuk proses audio mixing dan mastering sendiri diselesaikan oleh Aghan Sudrajat dari Elephant Studio, Jakarta yang tak lain adalah tandem bermain Wisnu Adji di Monkey  to Millionaire.

Kini “Marionattes” dari Rad Rat sudah bisa kalian dengarkan dipelbagai kanal layanan pemutar musik digital dan dikabarkan pula nantinya mereka pun bakal merilis sejumlah produk kreatifnya yang lain. Dan mereka berharap agar single perdana ini serta karya-karya yang akan dihadirkan berikutnya bisa diterima oleh masyarakat. Penasaran dengan karya selanjutnya? Kita nantikan saja..

Berbicara tentang Fleur! dan Monkey to Millionaire, beberapa bulan lalu Fleur! melepas single terbarunya berjudul “Lagu Lama”. Dalam lagu terbarunya ini Fleur! menunjukan sisi maskulinitas dengan menyajikan suasana musik yang lebih keras dengan lirik yang tajam terlontar ihwal kejenuhannya melihat situasi politik yang stagnan. Sedangkan di bulan April tahun 2020 lalu Monkey to Millionaire secara resmi merilis debut album Self-Titled (2007) nya secara digital dengan bonus 5 trek unrealesed B Side. Untuk album sendiri diketahui Monkey to Millionaire terakhir merilis album penuh pada tahun 2019 yang diberi tajuk “Bipolar”.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Rad Rat

Turbokidz Merilis Album Perdana Dalam Format Compact Disc

Setelah dirilis dalam format digital pada akhir tahun 2022 lalu, Turbokidz kini menghadirkan album perdananya, Oranye, dalam format compact disc (CD).  Tersedia di pasaran mulai 25 Januari 2023 sebagai lanjutan...

Keep Reading

Endgrave Merilis Ode Bagi Jiwa Yang Tidak Pernah Tenang

Endgrave adalah band yang terbentuk pada pertengahan 2022. Semua bermula saat Singgi dan Petra meramu musik dengan mengemas riff-riff gitar yang terbilang tidak biasa. Beragam karakter mulai dari Hardcore, Deathcore,...

Keep Reading

Single Dan Formasi Terbaru Pillhs Castle

Mengubah formasi dari duo menjadi kuintet, dan sebelumnya telah merilis single ‘Moment’, Pillhs Castle yang diisi oleh Nando Septian (vokal), Torkis Waladan Lubis (gitar), Tama Ilyas (gitar), Willy Akbar (bass),...

Keep Reading

Debut Album Resign Leader

Dari Makassar, unit punk rock Resign Leader belum lama ini merilis debut album ‘Sniffing Tears For The Other Bills’. Album yang digarap cukup panjang dan serius ini berisi 12 nomor...

Keep Reading