Sempat memperkenalkan tembang bertajuk Sejenak pada bulan Maret lalu, penulis lagu dan solois pendatang baru asal Jakarta, Putra Timur kembali dengan single terbarunya Merengkuh Mesra, yang telah dirilis pada Jumat, 2 Agustus 2019. Merengkuh Mesra ditulis oleh Timur bersama rekannya, Mohammad Heikal (produser di Weharima).

“Suatu hari, pas lagi nongkrong malem-malem di kosan (Heikal dan Timur ngekos bersama) Heikal dateng bilang ke gue ‘eh Mur, gue punya lagu, tapi gue maunya lo yang nyanyi. Gue juga ga bisa bikin liriknya sih, jadi buat lo aja’. Dari situ kita kembangin lagi dan gue tulis liriknya,” jelas Timur.

Selain Heikal, Putra Timur juga bekerja sama dengan Daniel Hasudungan dan Alit Djarot dari Mafia Pemantik Qolbu sebagai co-producer. Proses rekaman, mixing, mastering Merengkuh Mesra dilakukan di ALS Studio, Rempoa. Kini  Merengkuh Mesra sudah dapat dinikmati melalui layanan streaming musik digital.

Bagi Putra Timur, Merengkuh Mesra merupakan sebuah upaya menggambarkan puncak kebahagiaan yang dirasakan oleh dua kekasih sehabis memadu cinta. Melalui lagu tersebut, Putra Timur ingin mengajak pendengarnya untuk lebih bereksplorasi dalam mengejawantahkan konsep bercinta.

Baginya sendiri, bercinta bukan harus melulu soal seks atau birahi, tapi dapat juga diwujudkan dalam aktivitas lainnya seperti percakapan intim, mencium kening, dan merengkuh satu sama lain. Dalam lagu berdurasi tiga menit 57 detik tersebut, Putra Timur berharap dapat turut membawa orang lain untuk merasakan apa yang ia rasakan dalam merasakan sebuah keintiman cinta dengan yang terkasih.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Putra Timur