Pussy Riot Galang Bantuan Dana Lewat NFT Untuk Ukraina

Invasi Rusia atas Ukraina terus berlanjut. Di tengah kekacauan yang terjadi, tentu banyak korban yang berjatuhan, entah itu dari satuan militer atau pun warga sipil yang tak bersalah. Perang yang tak diperlukan ini tentu membawa banyak dampak buruk bagi kehidupan manusia, salah satu dampak yang tak bisa dihindari adalah krisis.

Melalui akun twitter-nya, kolektif musik Pussy Riot telah meluncurkan sebuah kampanye penggalangan dana untuk membantu warga Ukraina yang terdampak perang. Kali ini mereka bekerja sama dengan beberapa perusahaan cryptocurrency dan aktivis kemanusiaan.

Ukraine DAO dan Pussy Riot serta beberapa kolektif lainnya telah menjual NFT dari bendera Ukraina, dengan dana yang dikumpulkan dari penjualan akan disalurkan untuk membantu warga sipil Ukraina yang menderita akibat perang.

“Ini adalah bendera Ukraina 1/1. Dana yang terkumpul dari penjualan ini akan diarahkan untuk membantu warga sipil Ukraina yang menderita akibat perang yang diprakarsai oleh Putin.” Tulis Ukraine DAO dalam situs resminya.

Seluruh hasil penjualan akan disalurkan ke sebuah organisasi bernama Come Back Alive , yang mereka sebut “salah satu inisiatif amal dan sukarelawan Ukraina yang paling efektif dan transparan.”

Dalam sebuah wawancara dengan Decrypt , salah satu pendiri Pussy Riot Nadya Tolokonnikova mengatakan, “Tujuan kami adalah mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke organisasi sipil Ukraina yang membantu mereka yang menderita akibat perang yang dimulai Putin di Ukraina.”

Pilihan untuk menggunakan bendera Ukraina daripada sebuah karya seni individu dibuat karena Pussy Riot ingin memberikan konteks yang lebih jauh ketimbang hanya sebuah karya seni.

“ini bukan tentang seniman atau estetika tertentu—ini tentang sesuatu yang jauh lebih besar dari kita semua, ini adalah tanda solidaritas murni,” katanya.

Lelang berakhir dalam 2 hari lebih sedikit. Tawaran tertinggi pada saat penulisan ini adalah pada 1.102,5 ETH, atau kurang lebih sekitar $3.224.282. Untuk informasi lebih lanjut, bisa kalian simak di sini .

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading