Pusakata: Sepenggal Mantra dalam Single "Di Seberang Sana"

“Lahir dari keluarga sederhana, ayah menggarap lahan, ibu di rumah merawat harapan. Sekolah hingga kuliah dibiayai orang tua dengan bantuan pemerintah. Alhamdulillah. Lahir saat krisis 1998, Ujian SD dengan sistem ujian nasional berbasis komputer. Ujian SMP dengan sistem Paket. Masuk SMK, diterapkan K13. Penelitian di tengah pandemi, Wisuda harus dirumah. Setelah wisuda, ingin mencari kerja, orang-orang malah banyak di PHK. Berita baik nya, harapan dan cita-cita masih terjaga, Alhamdulillah” Ucap Rustam Fikar, salah seorang yang muncul di kolom komentar paling atas dari karya terbaru Pusakata. Menarik bahwa perjalanan panjang seseorang selalu memiliki nilai-nilai kesabaran yang tak ternilai, meski kehadirannya sering tak terlihat.

Ininnawa sa’bara’e

Lolongeng gare deceng

Alla to sabbara’e

Sepenggal mantra dalam Bahasa Bugis mengawali bait pertama single ke empat Pusakata berjudul “Di Seberang Sana” dan telah di rilis pada Selasa 30 Maret 2021, single tersebut diambil dari album Mesin Waktu 2020 (dibaca: dua puluh dua puluh). Tiga single sebelumnya dirilis berturut-turut setiap bulannya. Yaitu, “Doa Pagi Ini”, “Dunia Batas”, dan “Rungrum”.

Dan untuk pertama kalinya juga Pusakata atau Mohammad Istiqamah Djamad mengajak berkolaborasi seluruh anggota keluarganya. Pada vocal sang istri Agnes Purwanti didapuk menjadi rekan duetnya, pun jugan anak-anaknya, yakni : Jingga, Gaura, Pusakata, Basheera, dan si bungsu Barda.

Selain itu anak sulung yang bernama Bandura Nafeeza Mahajingga atau Jingga, dipercaya untuk membuat artwork dan animasi pada video lirik Di Seberang Sana.

Duhai hati yang diliputi kesabaran

Kelakkan mendapat berkah

Untuk mereka yang bersabar

Sebuah ungkapan, puisi berisi doa. Nasehat agar selalu menjaga sabar. Segala cobaan yang hadir dalam hidup akan selalu ada. Semua duka dan masa sulit akan silih berganti dengan kebahagiaan. Namun siapakah yang akan bisa meraihnya? Hanya jiwa dan hati yang selalu diliputi kesabaran dan keikhlasan yang bisa meraih kebahagiaan itu.

Sungguh menjadi sebuah kekuatan tersendiri ketika bisa mencapai level ini. Keberhasilan yang hakiki adalah ketika sabar menjadi modal utama dalam menjalani hidup. Sabar akan sulitnya menimba ilmu. Sabar dalam meniti cobaan dan sabar dalam menikmati ujian berwujud karunia.

Lagu ini kutulis untukmu, manusia-manusia yang tengah berjuang di masa sulit ini. Kita mungkin mahluk yang lemah, namun kita memiliki sebuah senjata ampuh bernama kesabaran.

Boleh jadi hari ini kita jatuh. Mungkin hari ini kita terseok melangkah, membawa berat beban, menemui tantangan dan problematika hidup yang rumit. Anggaplah itu sebagai bukti cinta dari Sang Maha Kuasa agar kita mendapat nikmat dari lelahnya berjuang dan menggapai kebahagiaan yang paripurna.

Untukmu lagu sederhana ini kami nyanyikan. Karena bersama kita bisa saling menguatkan. Saling berbagi dan merangkul. Bersama berpegangan tangan menyeberangi dunia batas yang terjal tanjakannya. Bila tangan kita saling menggenggam erat, kita akan tiba di seberang sana dengan bahagia yang utuh, tak ada satu pun yang tertinggal. Untukmu kupersembahkan lagu ini. Sampai berjumpa Di Seberang Sana.

 

Teks: Alkadri

Visual: Arsip dari Pusakata

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading