PS5 Siap Dijajal di Indonesia

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba bagi para pecinta game di seluruh dunia. Apalagi kalau bukan tanggal rilis dan harga resmi dari PS5. Pengumuman yang dilangsungkan melalui YouTube dari PlayStation pada tanggal 17 September kemarin, menunjukkan banyak sekali varian game yang akan hadir bersamaan dengan konsol terbaru ini. Untuk harga, masing-masing PS5 dibanderol mulai dari 5,9 juta (untuk versi digital), dan 7,4 juta (untuk versi biasa). Lalu untuk tanggal peluncuran akan dilakukan di 12 dan 19 November. Jadi tidak sabar cicipi grafis yang ada.

Beberapa waktu ke belakang, jagat Instagram ramai dengan postingan story para warganet  yang menampilkan  sebuah  konsol game teranyar milik Sony, yaitu PlayStation 5 (PS5). Namun jangan terkecoh, karena sebetulnya PS5 ini belum dipasarkan di Indonesia. Nah untuk kalian para gamers addict jangan patah semangat ya, karena baru-baru ini tersiar kabar bahwa piranti penerus PS4 tersebut sudah resmi terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfopada Senin (2/11), yang Itu artinya kita hanya perlu menunggu kabar resmi konsol game ini bisa dipasarkan di Indonesia.

Situs sertifikasi tersebut sudah menampung pelbagai macam piranti yang sudah atau akan dipasarkan di Indonesia, tak terkecuali dengan produk dari Sony yang kita nantikan ini. Setidaknya ada 5 produk teranyar Sony yang telah terdaftar dalam situs tersebut. kelima produk tersebut, yakni Wireles Headset (CFI-ZWFH1), “PlayStation 5 (CFI-1018A)”, “PlayStation 5 (CFI-1018B)”, Media Remote (CFI-ZMR1), dan DualSense Wireless Controller (CFI-ZCT1G).

Dari gambaran di atas setidaknya ada dua model PS5 yang sudah terdaftar, yaitu PlayStation 5 dengan seri CFI-1018A dan seri CFI-1018B. Melansir dari Kompas.com, model yang diakhiri huruf “A” ini merupakan PS5 versi reguler, sedangkan untuk seri yang diakhiri huruf “B” adalah versi digital yang tidak memiliki slot Blu-ray disc). Kedua model tersebut dikabarkan akan dibanderol dengan harga $500 USD atau setara 7,3 juta untuk versi reguler, sedangkan untuk versi digitalnya akan dijual dengan harga $400  USD atau sekitar 5,9 juta.

Meskipun kedua model PS5 ini sudah terdaftar di Kemenkominfo, namun sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan konsol game paling mutakhir ini bisa hadir di tanah air. Tetapi kemungkinan PS5 ini akan hadir di Indonesia sekitar tanggal 19 November, karena sebelumnya Sony mengabarkan PS5 ini akan tersedia di Amerika Serikat, Jepang, Kore Selatan, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Meksiko pada 12 November mendatang, lalu akan disusul dengan pemasaran ke negara lain pada 19 November 2020. Perwakilan dari Sony di Singapura (Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES), Ian Purnomo, pada September lalu telah mengonfirmasi bahwa PS5 ini dipastikan akan dipasarkan di Indonesia.

“Saat ini, kami hanya dapat mengonfirmasi bahwa PS5 (dipastikan) akan tersedia di Indonesia. Terkait tanggal (peluncuran), saat ini kami dalam tahapan mempersiapkan peluncurannya. SIES akan mengumumkan tanggal peluncuran, harga, dan pre-order pada waktunya,” kata Ian, dikutip dari Kompas.com.

Seperti kita ketahui bahwa konsol game ini memiliki ukuran yang cukup besar. Kalian sudah bisa melihatnya dari para YouTuber yang telah mereviewnya. Atau barangkali sudah memiliki bayangan dengan membuat story di Instagram. Jika belum silahkan coba buat, menarik bukan? Kita nantikan saja perilisannya.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading