Pop dan Metal dalam Genggaman Avhath

Terbiasa dengan tema-tema lagu yang gelap dan suram, unit black metal nyerempet crust punk bernama Avhath kembali menyajikan suatu hal yang beda. Kali ini mereka mengemas ulang lagu milik pop star kenamaan asal Inggris, Dua Lipa. Dikemas dalam sebuah video live session, setidaknya Avhath membawakan tiga lagu milik Dua Lipa.

Tapi tenang. Meskipun membawakan ulang lagu pop, tiga nomor “Cool”, “Levitating”, dan “Don’t Start Now” tetap dibalut dengan karakter musik yang biasa Avhath bawakan dan sangat jauh dari karakter lagu orisinilnya.

Menurut Avhath, bootleg culture dalam dunia merchandise musik bisa dibilang menjadi konsep dasar kenapa akhirnya mereka memutuskan untuk meng-cover tiga lagu milik Dua Lipa.

“Kalau merchandise artis pop bisa di approach menggunakan metal inspired graphics, lagu harusnya bisa juga kali ya?” tambah Satan’s Heir, vokalis dari Avhath.

Untuk pemilihan lagu sendiri, Avhath mengakui tidak ada alasan khusus dalam pemilihan lagu “Cool”, “Levitating”, dan “Don’t Start Now” yang di bawakan di live session ini, namun ketiga lagu tersebut memang merupakan lagu favorit para personil Avhath yakni; Satan’s Heir, BxP, KVVLT, SVNN, dan YVD.

“Avhath Covers Dua Lipa adalah bentuk respect Avhath untuk 2 dunia yg berbeda, pop dan metal.” Terang Avhath

Dalam proses produksi dan aransemen, Avhath kembali melibatkan produser Alyuadi Febryansyah (Heals) yang sebelumnya turut hadir dalam pembuatan FELO DE SE yang akhirnya menyabet piala AMI Awards tahun 2021 kategori Karya Produksi Metal Terbarik.

Dua Lipa adalah penyanyi Inggris yg selalu lalu lalang di tangga lagu bergengsi internasional seperti Billboard Charts. Album terakhir nya, Future Nostalgia mendapatkan 6 nominasi Grammy, diantaranya Album of the Year, Record of the Year, Song of the Year. Dan berhasil menyabet piala Grammy untuk kategori Best Pop Vocal Album.

Untuk penggarapan video live session, Avhat mengajak Arief Wahyudi sebagai sutradara dengan menggunakan teknik pengambilan gambar one-take-long-shot. Kini vieo live session Avhath Covers Dua Lipa sudah bisa kalian simak di kanal YouTube resmi Avhath.

Sedikit kembali ke belakang, dipermulaan tahun 2022 lalu, Avhath juga sempat merilis sebuah produk merchandise berupa sepatu yang berkolaborasi dengan jenema lokal Poison Street. Kolaborasi yang berawal dari obrolan ringan di sekitar penghujung 2021 antara Avhath dan Poison Street ini akhirnya terealisasi. Inspirasinya sendiri muncul dari nostalgia sang vokalis Avhath, Ekrig a.k.a Satan’s Heir,  yang pernah menggunakan produk sepatu Jack Purcell yang pernah ia gunakan di era 2000-an awal.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Avhath

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading

Hadiah Ulang Tahun Pernikahan

Vlaminora, unit musik baru asal Bali, melepas singel perdana bertajuk “Kemarau Rindu” bersama label rekaman asal Jakarta, demajors. Singel tersebut hadir di berbagai platform streaming digital mulai 12 November 2022....

Keep Reading