Ping Pong Club Meluncurkan Debut Album!

Sekelompok pemuda bergabung mendirikan band electro indiepop. Sejak 2017, mencoba peruntungan. Baru saja merilis debut album Retrospective di bulan Februari 2019 yang lalu.

Band yang beranggotakan Hariz Lasa (vokal/ synth), Muhammad Rizky (vokal/ gitar), Fasya Suryadini (vokal/ keyboard) dan Satrio Adi Nugroho (drum) ini, dibentuk di Bandung. Nama mereka, diambil dari sebuah kondisi di dalam dunia audio yang bernama Ping Pong Effect. Kondisi ini adalah sebuah efek perpindahan suara dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya di dalam sebuah rekaman stereo. Sebelum merilis Retrospective, Ping Pong Club telah merilis tiga buah single lepasan. Judulnya Venetian Blinds, Skylights dan Ecstatic.

Band ini, bisa dibilang lumayan produktif. Tiga rilisan single dan sebuah album penuh bisa diselesaikan dalam interval dua jalan tiga tahun. Retrospective sendiri merupakan sebuah album yang terinspirasi dari konsep Past, Future dan Present. Sesuai dengan pengertian judulnya, album ini mewakili masa lalu.

Secara khusus, mereka mencoba memasukkan kembali beberapa referensi musik yang berasal dari musik-musik indiepop yang sempat menjadi trend di tahun 90-an. Dari dekade 80-an, mereka memasukkan new wave dan sophistipop yang lazim dimainkan di Inggris Raya pada eranya.

Dari departemen lirikpun, pendekatan ini juga dilakukan. Mereka mengadopsi cara band-band britpop 90-an yang absurd nan abstrak.

Setelah merilis karya dalam bentuk fisik dan digital, saat ini Ping Pong Club sedang merencanakan sebuah pesta perilisan album dan tur. Semoga segera kejadian. (*)

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Dokumentasi Ping Pong Club

 

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading

Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis...

Keep Reading

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading