Ping Pong Club Meluncurkan Debut Album!

Sekelompok pemuda bergabung mendirikan band electro indiepop. Sejak 2017, mencoba peruntungan. Baru saja merilis debut album Retrospective di bulan Februari 2019 yang lalu.

Band yang beranggotakan Hariz Lasa (vokal/ synth), Muhammad Rizky (vokal/ gitar), Fasya Suryadini (vokal/ keyboard) dan Satrio Adi Nugroho (drum) ini, dibentuk di Bandung. Nama mereka, diambil dari sebuah kondisi di dalam dunia audio yang bernama Ping Pong Effect. Kondisi ini adalah sebuah efek perpindahan suara dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya di dalam sebuah rekaman stereo. Sebelum merilis Retrospective, Ping Pong Club telah merilis tiga buah single lepasan. Judulnya Venetian Blinds, Skylights dan Ecstatic.

Band ini, bisa dibilang lumayan produktif. Tiga rilisan single dan sebuah album penuh bisa diselesaikan dalam interval dua jalan tiga tahun. Retrospective sendiri merupakan sebuah album yang terinspirasi dari konsep Past, Future dan Present. Sesuai dengan pengertian judulnya, album ini mewakili masa lalu.

Secara khusus, mereka mencoba memasukkan kembali beberapa referensi musik yang berasal dari musik-musik indiepop yang sempat menjadi trend di tahun 90-an. Dari dekade 80-an, mereka memasukkan new wave dan sophistipop yang lazim dimainkan di Inggris Raya pada eranya.

Dari departemen lirikpun, pendekatan ini juga dilakukan. Mereka mengadopsi cara band-band britpop 90-an yang absurd nan abstrak.

Setelah merilis karya dalam bentuk fisik dan digital, saat ini Ping Pong Club sedang merencanakan sebuah pesta perilisan album dan tur. Semoga segera kejadian. (*)

Teks: Adjust Purwatama
Foto: Dokumentasi Ping Pong Club

 

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading