Pesta Peluncuran Buku Almanak Manajemen Panggung

Pada 13 Desember 2019 lalu, buku “Almanak Manajemen Panggung: Sebuah Kunjungan Ke Belakang Panggung Tiga Grup Teater Di Indonesia” karya seorang seniman pertunjukan bernama Kidung Asmara Sigit resmi diluncurkan. Berlokasi di Galeri Indonesia Kaya, acara peluncuran buku tersebut pun dilakukan dalam format diskusi terbuka sembari diselingi oleh sebuah pementasan.

Acara tersebut pun turut melibatkan nama-nama besar yang sudah lama melintang di dunia seni pertunjukan sebagai pembicara. Sari Madjid, misalnya, yang merupakan manajer panggung dari Teater Koma. Selain itu, Nano Riantiarno, Maudy Koesnadi, hingga Jay Subyakto pun turut hadir sebagai tamu dan turut membagikan wawasannya.

Diskusi terbuka tersebut dihadirkan agar menjadi penambah khasanah publik tentang bagaimana seni pertunjukan berlangsung di Indonesia, khususnya yang dalam beberapa tahun belakangan ini sering digalakan oleh anak-anak muda.

“Berbeda grup teater, berbeda juga nilai-nilai yang dianutnya. Ini yang menarik dari Indonesia. Nggak seperti pakem pemanggung Barat yang serba seragam,” tutur Kidung. Langgam budaya bangsa memang turut memberi pengaruh pada budaya kerja dari masing-masing kelompok seni pertunjukan di Indonesia.

Buku ini hadir sebagai upaya mengisi kekosongan literatur Indonesia mengenai referensi berkesenian pertunjukan, karena pementasan yang baik tentunya akan bergantung pada manajemen panggung yang tersusun dan terencana secara rapi.

Berikut ini adalah beberapa potret keseruan dari launching buku Almanak Manajemen Panggung:

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Almanak Manajemen Panggung

Program Menarik Bernama Women Composser Weekend

Merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh di tanggal 8 Maret lalu, untuk pertama kalinya, Yayasan Bandung Philharmonic berkolaborasi dengan Komunitas Perempuan Komponis: Forum & Lab untuk meluncurkan dua program webinar...

Keep Reading

Libatkan Seniman Lokal, SOCA Wheels Luncurkan Program Luring SOCA Spinning Wheels Vol.1

Tak bisa dipungkiri, pandemi yang sudah terjadi selama lebih dari dua tahun ini sudah berhasil membuat repot semua lini, termasuk lini hiburan. Selama dua tahun itu pula kita disuguhi dengan...

Keep Reading

Bandcamp Resmi Bergabung dengan Epic Games

Bagi yang menggandrungi musik, tentu gak bakal asing dengan platform pemutar musik digital bernama Bandcamp. Dengan adanya platform tersebut para musisi bisa dengan mudah mendistribusikan karyanya, lewat platform itu pula...

Keep Reading

Sandal Jepit Swallow yang Berevolusi Menjadi Sepatu

Untuk rilisannya sendiri, sneaker unik ini hadir dalam 4 series warna, yakni tersedia dalam warna merah-putih, hijau-putih, hitam-putih, dan biru-putih. Warna-warna yang khas dengan sandal jepit yang biasa kita pakai sehari-hari. Keempat series ini dibanderol dengan harga 129.900 dan tersedia dengan ukuran 37-44.

Keep Reading