Pesan Menu Makanan Favorit Sekaligus Berdonasi

Setiap usaha seperti restoran atau cafe pastinya selalu menyuguhkan menu makanan dan minuman terbaik sebagai menu mereka. Itu menjadi hal yang membedakan antara restoran – dan cafe – satu dengan yang lain, dan menjadi ciri khas tempat tersebut. Tapi kini, usaha dan bisnis makanan adalah salah satu sektor yang cukup terpuruk akibat wabah CoVid-19. Banyak yang terpaksa tutup, namun tak sedikit juga yang terus bertahan. Mereka yang masih jalan, kemudian membuat berbagai macam aktivitas untuk menunjang keberlangsungan roda bisnisnya. Salah satunya adalah dengan menggelar program makan sambil berdonasi.

Menikmati kuliner favorit sambil berdonasi adalah salah satu kegiatan yang cukup membahagiakan, terlebih dengan kondisi yang ada sekarang. Selain membuat perut menjadi kenyang, kita juga bisa berbuat hal yang positif dengan membantu sesama. Bagi umat Muslim sendiri momen ini bisa dimanfaatkan agar lebih menambah catatan kebaikan di bulan Ramadhan. Walaupun tahun ini sangat terasa sekali perbedaannya, namun hal tersebut nyatanya tidak menjadi penghalang untuk terus beribadah dan beramal. Metode donasi tiap usaha pastinya berbeda, ada yang memberi dalam bentuk makanan, namun tak sedikit yang memberi dalam bentuk materi.

Beberapa waktu kemarin kami sempat mengabarkan beberapa gerakan untuk membantu sesama yang hadir dari kolektif dan komunitas juga usaha merchandise dengan beragam programnya. Kali ini yang akan kami hadirkan adalah mereka yang bergerak di bidang kuliner. Program yang mereka lakukan adalah dengan berjualan menu makanan dan minuman yang menjalankan misi sosial dengan menyisihkan keuntungannya untuk donasi atau memberikan donasi pangan kepada masyarakat yang membutuhkan. Usaha ini adalah sebentuk solidaritas kemanusiaan untuk membantu sesama. Kadang kegiatan seperti ini sifatnya bisa memberikan dampak besar. Ada empat unit usaha kuliner yang kami pantau sedang melakukan program donasi ini, mereka adalah Kopi Loer (Palembang), Ruang Selatan (Jakarta), Floom Space (Makassar), dan Cafe Aldina (Bandung)

Kopi Loer adalah sebuah kedai kopi yang terletak dekat dengan Universitas Indo Global Mandiri. Seperti kedai kopi kebanyakan, mereka menawarkan beragam menu minuman yang pastinya bisa menghilangkan rasa dahaga kalian. Kini, bersama dengan Nyawa, mereka menggelar program menggalang donasi untuk orang-orang yang terdampak wabah saat ini. Caranya cukup sederhana, di setiap keuntungan dari penjualan menu Es Kopi Loer berukuran 1 liter plus cemilan yang seharga Rp 100.000 ini akan didonasikan ke dalam bentuk makanan dan juga beras sebanyak 1 kilogram.

Dari Jakarta hadir Ruang Selatan. Sebuah kafe yang tidak hanya menyajikan makanan/minuman, lebih dari itu tempat ini juga difungsikan sebagai tempat berkumpul bagi banyak pegiat seni yang ada. Yang menarik di sini adanya Ruang Karya yang merupakan sebuah ruang komunitas terkurasi sebagai bentuk respon terhadap kurangnya ruang-ruang yang memberi jaminan atas kebebasan berekspresi banyak pelaku seni. Lalu dari sisi servis, di tempat ini mereka tidak memberlakukan penggunaan produk plastik, dan semua sampah yang ada akan didaur ulang. Kini, merespon keadaan yang sedang tidak baik-baik saja, mereka menghadirkan sebuah sambal yang mana dari setiap pembelian produk ini, akan disisihkan Rp 5.000 untuk membantu para pekerja seni yang terdampak ekonominya oleh wabah CoVid-19.

View this post on Instagram

Selama sambalnya enak, makannya pasti enak. Sambal geprek ini bikin makan apapun jadi lahap. Dimakan bersama nasi panas dengan ayam, ikan, atau tahu-tempe beserta lalapan? Jadi cocolan untuk gorengan singkong, ubi, bahkan pisang? Dicampur bumbu masak untuk berbagai tumisan dan nasi goreng? Semua cocok. Bahkan kalau mau agak adventurous, dicampur dengan pasta dan french fries pun enak loh. Apa saja yang kamu masak, ditambah sambal ini jadi nikmat. Bukan hanya itu. Setiap pembelian sambal geprek, 5000 rupiah disisihkan untuk kawan-kawan yang bekerja di bidang seni budaya dan sangat terdampak ekonominya oleh pandemi. Dana ini dikelola oleh mitra kami di #togetheragainworkshopdance. . DM @ruangselatan untuk pemesanan. Kamu makan, kami makan, mereka makan. #5000untukpekerjaseni

A post shared by Selatan (@ruangselatan) on

Di Bandung sendiri ada Cafe Aldina yang menggalakan program nasi kotak untuk para tenaga medis. Di dalam postingannya, para donatur yang ingin turut serta wajib berdonasi sebesar Rp 22.000 yang terdiri dari; Ayam bumbu rendang, tempe, tahu, sambal, daun singkong, dan jenis lalapan lainnya. “Walaupun kita lagi dalam pandemi virus corona, jangan biarkan kita jadi acuh dan enggan berbagi dengan sekitar ya, terutama untuk tenaga medis yang selalu menjalankan tugasnya dan juga para pekerja lain yang memang dituntut untuk bekerja.” Terang mereka melalui unggahan di Instagram resminya.

Kemudian ada, Floom Space dari Makassar. Tempat ini terbilang masih baru keberadaannya di kota Makassar. Tapi program yang mereka jalankan tidak bisa dianggap sebelah mata, terlebih menu makanan dan minuman yang dihadirkan juga sangat memiliki cita rasa enak. Program yang dijalani saat ini adalah berbagi makanan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, termasuk juga tenaga medis dan non medis yang terlibat dalam penangan wabah ini. Selain itu, mereka juga turut mengajak berbagai kalangan untuk turut serta berpartisipasi di dalamnya. Program ini telah berjalan dan akan berakhir di 22 Mei 2020, yang mana setiap harinya mereka akan menyiapkan makanan dan minuman untuk dibagikan.

View this post on Instagram

Bagi siapa saja yang mau atau berkenan ikutan program berbagi #arisanrasa, kami melalui #floomexpress juga telah menyiapkan paket berbagi dengan satuan (per) 10 pax, yang dengan senang hati akan kami siapkan dan kirim langsung ke tujuan/penerima. Melalui program ini, setiap harinya kami terus mengirimkan makanan dan minuman secara bergiliran kepada pihak yang membutuhkan. Kami juga membuka partisipasi dan mengajak siapapun yang mau bergabung bersama berbagi makanan dan minuman. Program ini berjalan hingga 22 Mei 2020. Untuk informasi lebih detil dan yang berkenan berpartisipasi, silahkan bisa hubungi: – A. Indhar Saputra: 087840505298; – Yoshi Adrian: 083152495379; Atau bisa meninggalkan pesan lewat ‘DM’ untuk bisa kami hubungi lebih lanjut. Terima kasih atas apresiasinya. Salam sehat dan aman buat kita semua. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan. #floom #cafe #coffee #kitchen #makassar #darikitauntukmakassar

A post shared by FLOOM (@floomspace) on

Teks: Adjust Purwatama

Visual: Arsip Walesonline.com

PARTIKILAS Part I: Mereka yang Berbagi Kabar di 2021

Untuk menyambut tahun 2022 yang penuh harapan, di bawah ini kami menyuguhkan kilas balik yang bersumber dari data dan dokumen internal Siasat Partikelir di sepanjang tahun 2021.

Keep Reading

5 Alasan Kenapa Rock In Celebes 2021 Begitu Penting Untuk Disimak

Memasuki tahun ke-12, Rock In Celebes kian menunjukan taji atas kiprahnya di ranah festival musik. Tahun ini, festival yang berbasis di pulau Sulawesi tersebut kembali menggulirkan agendanya dan akan digelar selama 10...

Keep Reading

Interview: Caccia dan Perjalanannya Menyusuri Musik

Apa rasanya bisa band-bandan dengan pasangan? Caccia mungkin salah satu dari beberapa unit musik yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Duo asal Jakarta ini dimotori oleh sepasang kekasih, Anya (vokal) dan...

Keep Reading

Nada Siasat: Pekan Pertama Penutup Tahun

Di awal bulan Desember ini kami merangkum berbagai karya musik yang datang dari beberapa musisi. Diantaranya datang dengan berbagai tema, mulai dari gulana ditinggal cinta sampai harapan-harapan yang muncul setelah...

Keep Reading