Kisah Patah Hati NIKI di Single “Oceans & Engines”

Solis perempuan kelahiran Jakarta yang kini berbasis di LA, NIKI, telah merilis single baru dan video pengiringnya yang berjudul “Oceans & Engines.” Lagu tersebut akan muncul di album kedua NIKI yang akan datang, Nicole, yang akan keluar 12 Agustus 2022.

Ditulis oleh NIKI ketika dia baru berusia 17 tahun, “Oceans & Engines” adalah balada penyayat hati tentang menyudahi sebuah hubungan yang rusak, suatu momen kejelasan yang berapi-api dan menampilkan kemampuan NIKI menulis lagu. Versi terbaru dari lagu tersebut, direkam ulang untuk Nicole, memperlihatkan bagaimana NIKI kembali bersinar sambil menghadirkan kembali akarnya dalam menulis lagu.

Video musik untuk single ini, disutradarai oleh Isaac Ravishankara (The Ballad of Cleopatra dari The Lumineers), adalah perluasan dari narasi yang digambarkan pada video musik “Before”, menampilkan momen-momen indah sepanjang perjalanan suatu hubungan dan perjuangan untuk melepaskan setelah hubungan berakhir.

Di lagu tersebut, NIKI mengatakan “Saya menulis lagu ini pada tahun 2016 ketika saya berusia 17 tahun, mengalami patah hati yang menghancurkan dari cinta pertama yang pergi untuk selamanya. Hubungan tersebut sangat dramatis & panjang, penuh kenaifan & kepolosan yang saya kenang sekarang di usia 23. Seakan-akan dia tidak tahu apa yang akan terjadi. Seperti fakta bahwa setelah menulisnya di tempat tidur pada jam-jam yang tak nyaman pada malam hari di kelas 11 sambil mengemil sereal basi, dia akhirnya akan mengunjungi kembali lagu itu dan merilisnya bertahun-tahun kemudian. Hidup kadang-kadang menjadi sebuah siklus dan itu menjadi sangat jelas selama proses pengerjaan ulang beberapa lagu saya yang sudah berumur beberapa tahun. Tak sabar menunggu kalian semua untuk mendengar seluruh rangkaian lagu yang nyaman dinikmati saat album dirilis bulan Agustus nanti, namun sementara itu, inilah cuplikan kedua dari karya saya yang menjadi favorit saya sejauh ini.

“Oceans & Engines” mengikuti perilisan single pertamanya “Before,” lagu reflektif bernuansa nostalgia yang juga akan muncul di album Nicole. Pada lagu ini, NIKI mengekspresikan rasa rindu pada hubungan masa lalu yang telah berakhir dan bergulat untuk menavigasi perasaannya serta berusaha melepaskan. Setelah perilisannya, “Before” menerima sejumlah pujian dari NME, UPROXX, dan Teen Vogue yang mengatakan bahwa tersebut “dengan sempurna menyoroti kecakapan menulis lagu NIKI.”

Baru-baru ini, NIKI mengumumkan tur headline pertamanya di Amerika Utara “The Nicole Tour,” yang tiketnya hampir terjual habis selama masa pra-pesan dan dalam 3 jam pertama penjualan umum, dengan lebih dari 5.000 tiket terjual di beberapa kota. Tur ini dimulai di Vancouver, BC pada 8 September, dengan perhentian di kota-kota besar termasuk New York City, Chicago, San Francisco, dan banyak lagi sebelum berakhir di The Wiltern di Los Angeles pada 22 Oktober.

Visual: Arsip dari 88rising

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading