Persembahan Untuk Seorang Bapak dari Kapal Udara

Bertepatan dengan Hari Ayah, unit pop/folk asal Makassar bernama Kapal Udara merilis sebuah lagu bertajuk “Teka-Teki Bapak”. Dari judulnya saja barangkali kita sudah bisa menebak untuk siapa lagu ini dipersembahkan. Yups, tentu untuk seseorang yang begitu spesial bagi kita semua, Ayah.

Dalam nomor tunggal teranyarnya ini, Kapal Udara hendak mengungkapkan kekagumannya kepada seorang ayah, sambil menyinggung soal kultur patriarki di Indonesia, Kapal Udara berkata bahwa seorang ayah adalah orang yang kerap memanggul beban berat dalam kehidupannya sehari, termasuk menjadi pemimpin yang berwibawa dan kuat bagi keluarga.

“Tiap orang punya bapak dengan karakter berbeda-beda. Kadangkala budaya tempat kita hidup turut mempengaruhi karakter tersebut. Bagi yang hidup di budaya patriarki, menjadi seorang bapak harus memanggul beban menjadi “pemimpin”, berwibawa, berani, tegar, kuat, dan sejumlah sifat maskulin lainnya.” Tulis Kapal Udara dalam siar pers.

           Baca Juga: Kapal Udara yang Bercerita tentang Rumah dan Hangatnya Kebersamaan dengan Teman

Berbicara tentang persona seorang ayah, mungkin kita semua pernah merasakan sikap menyayangi seorang ayah sedikit berbeda dengan seorang ibu. Hal itu turut dituangkan juga oleh Kapal Udara melalui lagu terbarunya ini.

“Hal ini membuat bapak menampakkan rasa sayangnya ke anak dengan cara yang sangat berbeda dengan ibu, terlihat dari cara berkomunikasi bapak ke anak (terutama laki-laki) yang terkesan “dingin”, canggung, tak banyak bicara, dan lain sebagainya.” Lanjut Kapal Udara.

Situasi seperti itu juga dirasakan oleh para personil Kapal Udara: Muhammad Ayat (vocalist), Saleh Hariwibowo (guitarist), Mardhan Maing (Bassist), dan Bobby Pramusdi (Drummer). Lewat obrolan-obrolan saat bertemu, curhatan-curhatan keluarga, serta ide-ide karya, akhirnya Kapal Udara, band pop/folk asal Makassar membuat lagu bertajuk “Teka-Teki Bapak”.

Lagu ini telah rilis perdana di kanal YouTube Kapal Udara pada 12 November 2021, bertepatan dengan hari Ayah Nasional. Yang merik dalam video klip ini, Kapal Udara menghadirkan beragam persona seorang bapak dalam bentuk visual yang sengaja dikirimkan oleh teman-teman dekat Kapal Udara.

Melalui lagu “Teka-Teka Bapak”, dan momentum hari Ayah Nasional, Kapal Udara ingin mengajak kita semua untuk mengenang dan memaknai kembali momen-momen bersama seorang bapak.

“Teka-Teki Bapak” merupakan single kedua yang dirilis Kapal Udara dari album Suakajiwa. Sebelumnya Kapal Udara juga sempat merilis sebuah single bertajuk “Rumah Teman” yang mengangkat seluk beluk hubungan pertemanan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Kapal Uaara

Cara Retlehs Tuangkan Keresahan Sang Pembetot Bas

Retlehs (nama yang cukup njelimet untuk dieja dan disebutkan) telah merilis sebuah nomor dengan judul “Matahari” pada Senin (29/11) dengan bantuan Sinjitos Collective. Lirik dari nomor tersebut diangkat dari masalah...

Keep Reading

Libido Bermusik Muto dalam EP Debut

“Dalam proses penciptaan lagu-lagu Muto, kata ‘yeah yeah yeah‘ juga merupakan ekspresi kepuasan mereka terhadap lagu-lagu yang mereka ciptakan; seperti merasakan nikmatnya masturbasi,” jelas keterangan pers yang dikirimkan Muto mengenai...

Keep Reading

Urban Sneaker Society Akhirnya Kembali Secara Luring

Kabar gembira bagi para fesyen enthusiast, Urban Sneaker Society 2021, event Sneakers tahunan yang diadakan USS Networks sejak 2017, kembali hadir secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal...

Keep Reading

Nuansa Abad Pertengahan Progresif di Karya Baru Tara Sivach

Tara Sivach merupakan seorang solois asal Jakarta yang mencoba masuk dalam ranah goth. Dengan nuansa abad pertengahan kelam khas gotik yang dicampur dengan rok semiprogresif dan gaya vokal klasik, ia mencoba...

Keep Reading