Persembahan Memori Indah Littlefingers di Debut Album EUPHORIA

Setiap orang pasti memiliki kenangan indah yang membekas di dalam pikirannya. Seiring waktu berjalan, terkadang kenangan-kenangan itu muncul semakin kuat. Ada banyak cara untuk merawat memori indah itu, bagi musisi tentu cara terbaik untuk merawat dan mengabadikannya adalah menuangkannya ke dalam sebuah karya musik, seperti yang dilakukan oleh trio elektronik jazz asal Jakarta, Littlefingers.

Setelah dua tahun perjalanannya, akhirnya unit yang dihuni oleh Chika Olivia (keyboard), TJ Dika (bass), dan David Halim (drum) resmi merilis album penuh perdananya yang diberi tajuk EUPHORIA. Lewat album debutnya ini Littlefingers mencoba untuk membagikan pelbagai penggalan memori indah yang membekas di masing-masing personil kepada pendengarnya.

“Album ini merupakan memori-memori indah dalam masing masing kehidupan kami bertiga. Kami memilih kenangan yang membekas, yang kami harap tidak pernah berlalu,” ujar David Halim

               Baca juga: Curhat Soal Pandemi, Littlefingers Rilis Blue Light

Setidaknya ada 8 nomor lagu yang mereka sajikan dalan EUPHORIA, termasuk tiga lagu yang telah dirilis, empat lagu baru, dan satu lagu yang digubah ulang.

Khusus untuk lagu baru yang disajikan, Littlefingers berkolaborasi dengan beberapa penyanyi yang namanya sudah tak asing lagi, seperti Mohammed Kamga, Imelda Lizal, Agustin Oendari, dan J Lym. Ditulis sepanjang pandemi, nomor-nomor baru tersebut di mixing secara mandiri oleh David Halim dan Tjdika, yang kemudian dibantu oleh Gerard Rumintjap dalam mastering.

Ada banyak potongan memori yang Littlefingers bawa kepada pendengarnya, seperti misal di nomor “DOB” yang merupakan singkatan dari Date of Birth, yang menceritakan soal kebahagian yang dibawa oleh seseorang di hari kelahirannya, dan bagaimana hari kelahiran tersebut terus dirayakan oleh setiap orang. Kemudian “Over The Moon” sebuah nomor tribute kepada grup yang menjadi inspirasi mereka, Moonchild. Lewat lagu ini  Littlefingers menuangkan perasaannya disaat seseorang mencapai sesuatu dan merasa sangat senang, sepasti judul dari lagu ini, “Over The Moon.”

Meskipun Littlefingers terhitung sebagai pendatang baru, para personilnya memiliki pengalaman musikal yang cukup padat. Chika misalnya, selain lulusan dari Berkle College of Music, ia juga merupakan session player dari berbagai musisi semacam Andien Aisyah dan Reza Artamevia. Kemudian TJ Dika yang sudah memulai karir musiknya sejak usia dini sebelum ia menduduki bangku kuliah di Universitas Pelita Harapan. Ia juga merupakan session player dari sejumlah musisi semisal Ify Alyssa, Clarisa Dewi, Eclat Story, Willy Anggawinata, Ama Clara, dan Nathania Jualim.

Terakhir sang drummer David Halim yang juga memulai karir musiknya di usia 10 tahun. Sedari dulu, ia sudah bermain dengan banyak musisi jazz Indonesia seperti Nial Djuliarso, David Manuhutu, dan Rudy Zulkarnaen. Kini, drummer kelahiran Bandung itu pun lebih sering terlihat dipanggung bersama Ardhito Pramono dan Deredia.

Dari sekian banyak pengalaman bermusik masing-masing personil, agaknya album perdana Littlefingers ini merupakan materi yang layak untuk disimak. Penasaran? Selamat mendengarkan!

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Littlefingers

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading