Penyanyi dan penulis lagu berdarah Flores yang bermukim di Jogjakarta, Gabriela Fernandez, mencapai babak baru dalam karirnya. Setelah merilis sejumlah single di dunia maya, untuk kali pertama, ia akan melakukan perjalanan panjang selama nyaris satu bulan ke sejumlah kota. Ia akan pergi tur dan melawat ke tempat-tempat baru. Ujungnya, pulang kampung ke Tanah Flores.

Perjalanan ini diberi judul Trip Menuju Timur vol. 01 – Rumah, Raga, Tawa Release Tour.

“Ini merupakan perjalanan mimpiku untuk solo backpacking. Aku ingin bertemu orang-orang baru, mengalami tempat-tempat baru, menambah link dan melebarkan saya,” katanya tentang perjalanan ini.

Sebagai seorang pendatang baru, cerita Gebbie, begitu ia akrab dipanggil, lumayan moncer. Beberapa waktu yang lalu, ia mendapatkan kesempatan untuk pergi ke London sebagai ganjaran mengikuti program Go Ahead Challenge. Dari pengkaryaan, ia juga telah merilis sejumlah single, yang terbaru akan datang pada 2 Juni 2019. Sementara album, masih dalam penggarapan.

Perjalanan ini sendiri, merupakan sebuah inisiatif baru yang ia gelar. Sebuah upaya untuk merayakan proses berbagi sekaligus cinta pada kampung halaman, tanah leluhur.

“Aku jatuh cinta dan kurasa mereka yang melihatnya juga akan jatuh cinta akan Flores,” katanya penuh makna.

Kendati berdarah kental, Gebbie, tidak lahir dan besar di Tanah Flores. Keluarga besarnya merantau. Saat inipun, domisilinya ada di Jogjakarta. Dari kota penting untuk kesenian itu, ia bisa melihat bagaimana pengkaryaan dilangsungkan dengan berbagai macam pendekatan. Dari situ, cara pandangnya ada di antara; terbagi dari cinta tanah leluhur dan menjalankan karir dengan logika sekeliling yang sudah mapan untuk berkarya.

“Pengaruh Jogjakarta besar sekali. Tanpa melihat aktifnya dunia bermusik dan berkesenian yang begitu hidup di sana, aku nggak akan punya bayangan untuk serius di bidang ini. Sebagian besar ilmu bermusik dan lukis aku dapatkan dari teman-teman dan komunitas di sana. Begitu juga dengan networking dan wadah-wadah yang ada untuk mengembangkan dirinya,” jelas peran Jogjakarta dalam karirnya yang masih seumur jagung ini.

Gebbie akan bercerita banyak di jalanan. Jika cocok, silakan meluangkan waktu. Yang ini, perlu dipantau terus. (*)

 

Teks: Adjust Purwatama/ Felix Dass
Foto: Arsip Gabriela Fernandez