Perjalanan Bermusik Jason Ranti Dalam Film ‘Ilmu & Dosa’

Kota dimana kita lahir tentu adalah sebuah tempat yang teramat istimewa, disana ada banyak momentum penting yang mustahil untuk dilupakan. jika Endah ‘n Rhesa baru-baru ini melepas sebuah single berjudul ‘Pulang Ke Pamulang’, tak mau ketinggalan musisi sekelas Jason Ranti pun yang sama lahir di Pamulang turut merespon tempat dimana ia dibesarkan itu dengan merilis sebuah film semi dokumenter bertajuk ‘Ilmu & Dosa’. Melalui filmnya ini Jason Ranti atau yang lebih akrab dipanggil Jeje berupaya untuk merekam apa saja yang terjadi secara langsung kepada dirinya. Film semi dokumenter ini dijadwalkan akan tayang perdana pada tanggal 10 Oktober 2020 dan akan disiarkan secara daring pada website resmi www.jasonranti.com. 

Film ‘Ilmu & Dosa’ adalah sebuah film semi dokumenter karya Jason Ranti yang bercerita tentang tempat di mana ia memulai karirnya sebagai musisi, yaitu Pamulang, Tangerang Selatan. Film ini disturadarai oleh Apripang dan bekerja sama dengan Suara Bersama, Kelapa Muda Film, juga sebuah aplikasi bernama Soundfren. Selain dibantu secara teknis dalam penggarapan film, Jeje pun dibantu banyak oleh para sejawat musisi dan pelaku skena musik di Pamulang yang berperan penting dalam karir bermusiknya.

“Ya teman-teman banyak bantu. Pengaruh mereka besar. Pamulang dan teman-teman itu seperti mata air.” Ungkap Jeje kepada Siasat Partikelir.

Sedangkan untuk ide awal penggarapan film ini bermula dari situasi pandemi yang tak kunjung membaik, dimana kebijakan pemerintah tentang PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) memungkinkan banyak orang untuk diam di rumah dan tak berpergian ke mana-mana.

“Idenya dari corona. Saya dibikin sulit pulang ke rumah, mau lihat keluarga disana. Setelah beberapa bulan nunggu akhirnya bisa juga pulang. Ya dari situ hal hal muncul.” Ungkap Jeje.

tampilan di halaman situs Jason Ranti

Jika dalam film Koboy Kampus Jeje berperan sebagai aktor utama, lain hal dalam ‘Ilmu & Dosa’. Dalam film ini Jeje berperan langsung sebagai penulis serta pengisi suara. Narasi yang disampaikan dalam film semi dokumenter ini syarat akan bentuk-bentuk puisi khas Jason Ranti, dengan dibalut ragam jenis aliran musik tentu narasi yang disampaikannya ini begitu menarik untuk disimak. Keterlibatan Jason Ranti dalam ‘Ilmu & Dosa’ terbilang sesuatu hal yang baru meskipun sebelumnya ia sempat merasakan bagaimana berlaga di film layar lebar.  

Ini bukan merupakan kali pertama Soundfren bekerja sama dengan penggiat musik, namun kerja sama dengan Jason Ranti di bidang film merupakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kerja sama ini merupakan wujud dukungan penuh dan apresiasi Soundfren untuk para penggiat musik di tanah air yang tak pernah henti melahirkan karya-karya baru yang menginspirasi.

Video promosi dan teaser film ‘Ilmu & Dosa’ sudah bisa disaksikan melalui media sosial Jason Ranti maupun Soundfren. Untuk tiket filmnya sendiri dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 25.000 yang bisa kalian beli melalui aplikasi Soundfren dan Loket.com atau GOTIX. Perihal seberapa menarik dan istimewanya film ini Jeje hanya berkomentar singkat dengan tuturnya yang merendah nan khas.  

“Tidak perlu spesial, ini kan bukan indomie. Dan orang-orang juga tak perlu menonton. Yang mau mau aja..” Pungkas Jeje.

Untuk keterangan lebih lanjut kalian bisa mengaksesnya secara langsung via aplikasi Soundfren. 

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Jason Ranti

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading