Reality Club sukses menggelar sebuah showcase yang bertajuk “What Do You Really Know?” Di M Bloc Live House. Showcase ini merupakan penutup dari rangkaian tur album kedua mereka, setelah sebelumnya menggelar album tour di Kuala Lumpur (21/8), Singapura (25/8), Bali (7/9), Yogyakarta (20/9), Palembang (22/9), dan Bandung (04/10).

“What Do You Really Know?” merupakan judul album kedua Reality Cub yang diluncurkan akhir bulan Agustus lalu. Pada konser  penutup agenda turnya tersebut, Reality Club juga mengajak musisi-musisi lainnya untuk menjadi pembuka antara lain Rebelsuns, Kurosuke dan The Panturas.

Acaranya dimulai sekitar jam 7 malam, dimana Rebelsuns langsung menghentak panggung dengan lagu-lagu andalan mereka seperti “The Things We Did (In The Thing We Had)”, “World Number Two”, “Thinking About”. Pada kesempatan kali ini, Rebelsuns mengajak Faiz Novascotia untuk ikut berkolaborasi bersama mereka di lagu “Portland”.

Penampil kedua adalah Kurosuke, yang juga baru saja merilis album keduanya berjudul “Tales Of Roses and Wine”. Di tengah-tengah suasana yang sedang Ceria itu, musisi dengan nama asli Christianto Ario Wibowo itu membuat para penonton histeris saat tiba-tiba Fathia Izzati hadir ke atas panggung untuk membawakan nomor “Velvet”.

The Panturas, didapuk menjadi penampil ketiga dan sukses membuat suasana di M Bloc lebih cair berkat lawakan-lawakan yang Gogon lontarkan di atas panggung. “Ini merupakan panggung kedua terwangi kami setelah We The Fest,” celotehnya.  Tidak ada aksi stagediving yang biasanya terjadi ketika The Panturas manggung, namun para penonton tetap hapal dan berteriak dengan lantang menyanyikan semua lirik lagu The Panturas.

Selanjutnya adalah gilirannya sang pemilik hajat. Tampil dengan membawakan seluruh materi baru, Reality Club sukses membuat penonton bernyanyi dan berlompatan. Hadir dengan dua set, pada saat jeda, penonton disuguhkan video behind the scene proses pembuatan album “What Do You Really Know?” ini.

Kembali tampil menghentak di set kedua ini, Reality Club seolah ingin menambah kegilaan para penonton dengan menghadirkan kolaborasi. Kali ini mereka mengajak Kevin dari Elephant Kind untuk mengisi bassline di “The Rush”. Produser album Wisnu Ikhsantama juga naik ke atas panggung untuk mengisi synthesizer di “Vita o Morte”. Kurosuke juga tidak mau ketinggalan, bersama Rayhan Noor, mereka ikut berkolaborasi di lagu “Telenovia”. Tidak hanya itu, set “Telenovia” dan “A Sorrowful Reunion” juga ikut diiringi Chicha Adzhari Strings Quartet. Kuartet violin dan cello inilah yang juga mengisi strings di album kedua ini.

Abyan dari The Panturas mengambil alih gitar Faiz di “On My Own, Again”. Rebelsuns secara tiba-tiba merangsek untuk ikut bernyanyi “Is It The Answer”. Malam yang emosional bagi Reality Club dan para penggemarnya ditutup dengan seluruh musisi dan beberapa teman kejutan dari Reality Club, seperti Tashoora dan Oscar Lolang, juga hadir untuk bernyanyi bersama ke atas panggung lewat lagu “2112”.

Seluruh tiket dari showcase “What Do You Really Know?” habis terjual, dan dengan jumlah attendance yang 100%, menjadikan acara tersebut digadang-gadang sebagai konser sold-out pertama di M Bloc Live House, meski hujan deras mengguyur kawasan Blok M sepanjang sore.

Teks: Rizki Firmansyah
Visual: Arsip Rendra Heryandi