Penghormatan Terbesar Untuk Toilet Dari Bianca Cyrena

“Cari inspirasi dulu ah…” mungkin perkataan tersebut sering kamu dengar atau bahkan kamu sendiri yang mengucapkannya, sembari berjalan menuju toilet dan mengunci diri didalamnya, banyak yang bisa terjadi dan dilakukan di dalam toilet, tentu selain sebagai fungsi utamanya.

Bianca Cyrena seorang penyanyi muda mencoba mengeksplorasi hal-hal sederhana yang terjadi dan dia rasakan melalui single berjudul ‘Toilet’ yang sudah dirilis melalui berbagai platform digital. Bianca merasa bertanggung jawab dengan apa yang sudah dia dapatkan hingga saat ini berasal dari dalam toilet, mulai dari nyanyian kecil sering dai lantunkan dan akhirnya menjadi sebuah karya istimewa untuknya. Menurutnya tanggung jawab yang dia lakukan diantaranya adalah dengan memberikan ‘penghormatan’ kepada toilet, melalui single ‘Toilet’ yang dia ciptakan.

Kalau sebelumnya saya hanya mencoba engan cover berbagai lagu, kini saya ingin memberikan apresiasi kepada sebuah toilet sebagai single perdana saya” ucap Bianca Cyrena.

 

Meski sebagai debut single Bianca Cyrena mengungkapkan sangat serius dalam hal proses produksi. Video lirik dari debut singlenya ‘Toilet’ sudah tayang dan dapat kita saksikan bersama di kanal youtubenya Bianca Cyrena, dengan balutan animasi visual yang cukup sederhana namun sangat menyenangkan.

Bila selama ini kita mengetahui fungsi toilet secara umum. Namun jauh dari itu masih banyak ‘jasa’ toilet yang lain, sebagai tempat mencari inspirasi, atau menjadi ruang produksi bagi sebagian orang, dan tidak jarang juga toilet dijadikan sebagai tempat untuk menangis dan merenung bila sedang ditempa masalah dan itu sedikit solusi untuk menuangkan masalah sebelum mungkin nanti diceritakan kepada orang lain.

Tanpa disadari toilet adalah salahsatu tempat yang cukup sakral. Saya percaya ide besar yang saat ini sedang dijalankan orang diluar sana pasti ada yang inspirasi diperoleh saat berada dalam toilet. Jadi, sudah selayaknya penghormatan khusus disematkan kepada toilet.

Perilisan single ‘Toilet’ juga sebagai jawaban atas Hari Toilet Sedunia yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) jatuh setiap 19 November dimana adanya peringatan tersebut sebagai upaya menginspirasi tindakan mengatasi krisis sanitasi secara global.

Berdasarkan apa yang dirasa dan dialamai oleh Bianca Cyrena atas ‘jasa’ toilet yang yang sudah memberikan banyak hal luar biasa, meskipun sering dilupakan. Single ‘Toilet’ menjadi pengghargaan kepada toilet yang terbesar dari bianca Cyrena.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Acarakita Indonesia

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading

Themilo Rangkum Perjalanannya di Nomor "Flow"

Dua dekade berlalu dan Themilo tetap berjalan dengan syahdu. Pada akhir Juli 2022, unit shoegaze dari Bandung yang berdiri sejak 1996 ini baru saja merilis single terbaru mereka berjudul “Flow”....

Keep Reading

Adaptasi Kehidupan Digital di Koleksi Terbaru Monstore

Jenama pakaian dan gaya hidup Monstore mengumumkan koleksi terbaru mereka dengan nama “New Fictional Temptation”. Koleksi ini diluncurkan sebagai rilisan ‘solo’; non-kolaborasi dari Monstore setelah berbulan-bulan lebih fokus bekerja sama...

Keep Reading