Penghormatan Terbesar Untuk Toilet Dari Bianca Cyrena

“Cari inspirasi dulu ah…” mungkin perkataan tersebut sering kamu dengar atau bahkan kamu sendiri yang mengucapkannya, sembari berjalan menuju toilet dan mengunci diri didalamnya, banyak yang bisa terjadi dan dilakukan di dalam toilet, tentu selain sebagai fungsi utamanya.

Bianca Cyrena seorang penyanyi muda mencoba mengeksplorasi hal-hal sederhana yang terjadi dan dia rasakan melalui single berjudul ‘Toilet’ yang sudah dirilis melalui berbagai platform digital. Bianca merasa bertanggung jawab dengan apa yang sudah dia dapatkan hingga saat ini berasal dari dalam toilet, mulai dari nyanyian kecil sering dai lantunkan dan akhirnya menjadi sebuah karya istimewa untuknya. Menurutnya tanggung jawab yang dia lakukan diantaranya adalah dengan memberikan ‘penghormatan’ kepada toilet, melalui single ‘Toilet’ yang dia ciptakan.

Kalau sebelumnya saya hanya mencoba engan cover berbagai lagu, kini saya ingin memberikan apresiasi kepada sebuah toilet sebagai single perdana saya” ucap Bianca Cyrena.

 

Meski sebagai debut single Bianca Cyrena mengungkapkan sangat serius dalam hal proses produksi. Video lirik dari debut singlenya ‘Toilet’ sudah tayang dan dapat kita saksikan bersama di kanal youtubenya Bianca Cyrena, dengan balutan animasi visual yang cukup sederhana namun sangat menyenangkan.

Bila selama ini kita mengetahui fungsi toilet secara umum. Namun jauh dari itu masih banyak ‘jasa’ toilet yang lain, sebagai tempat mencari inspirasi, atau menjadi ruang produksi bagi sebagian orang, dan tidak jarang juga toilet dijadikan sebagai tempat untuk menangis dan merenung bila sedang ditempa masalah dan itu sedikit solusi untuk menuangkan masalah sebelum mungkin nanti diceritakan kepada orang lain.

Tanpa disadari toilet adalah salahsatu tempat yang cukup sakral. Saya percaya ide besar yang saat ini sedang dijalankan orang diluar sana pasti ada yang inspirasi diperoleh saat berada dalam toilet. Jadi, sudah selayaknya penghormatan khusus disematkan kepada toilet.

Perilisan single ‘Toilet’ juga sebagai jawaban atas Hari Toilet Sedunia yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) jatuh setiap 19 November dimana adanya peringatan tersebut sebagai upaya menginspirasi tindakan mengatasi krisis sanitasi secara global.

Berdasarkan apa yang dirasa dan dialamai oleh Bianca Cyrena atas ‘jasa’ toilet yang yang sudah memberikan banyak hal luar biasa, meskipun sering dilupakan. Single ‘Toilet’ menjadi pengghargaan kepada toilet yang terbesar dari bianca Cyrena.

 

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Acarakita Indonesia

My Bloody Valentine Kritik Spotify Soal Lirik yang Salah

Di antara kalian pasti ada dong yang pernah memutar lagu di Spotify sambil menikmati fitur lirik yang disediakan. Lewat fitur ini, para pengguna Spotify bisa sambil bernyanyi sesuka hati. Tapi,...

Keep Reading

Patahan Imajinasi Masa Kecil di Nomor Terbaru Latter Smil

Latter Smil, duo asal kota Palu yang dihuni oleh Dian dan Eko, dipermulaan tahun 2022 ini kembali melepas karya teranyarnya bertajuk “Kalila”. Lewat single ini Latter Smil mencoba untuk memberikan...

Keep Reading

Perjalanan Skena Musik Ambarawa dalam Album Kompilasi They Hate Us

Terlihat dalam beberapa tahun terakhir, produksi album kompilasi skena musik lokal mulai kembali marak. Tercatat ada beberapa deretan kompilasi yang terbit pada setahun-dua tahun ke belakang, seperti Bikin Kompilasi: Bless...

Keep Reading

Dua Album Milik Semiotika Akhirnya Dilepas Secara Digital

Usai merilis album penuh bertajuk Eulogi, unit post-rock asal Jambi, Semiotika akhirnya merilis dua album terdahulunya Ruang (2015) dan album mini Gelombang Darat (2018) ke dalam format digital. Sementara album...

Keep Reading