Pendatang Baru Bernama Sisilia Virgana

Orang muda bernama Sisilia Virgana mulai mengarungi kisah baru bermusik di dalam hidupnya. Dengan merilis single berjudul Samara Bergelora, ia membuka lembaran karya dalam catatan kisahnya.

Sisi, begitu ia akrab dipanggil, adalah anak dari Ricky Surya Virgana dan Aprimela Prawidyanti, dua orang personil White Shoes and the Couples Company. Napas kuat musik, mengalir dalam dirinya. Single ini, seorang menulis trah baru di industri musik Indonesia; Trah Virgana.

Sebelumnya, lewat beberapa penampilan panggung, ia juga dikenal sebagai personil We Love ABC, band yang beranggotakan dirinya bersama ayah dan adiknya.

Debut Samara Bergelora ini, merupakan sebuah proyek tidak sengaja yang kemudian menemukan arahnya sendiri.

“Waktu itu, kebetulan gue sempet mengisi vokal untuk sample lagu. Lalu, lagunya nggak jadi kepakai dan nganggur. Ya kenapa nggak diseriusi saja,” ceritanya.

Lagu ini, ditulis oleh Ricky Surya Virgana, yang memang punya beragam profesi di industri musik. Ia menyelesaikan semua fondasi lagunya dan kemudian membiarkan Sisi mengambil peran di beberapa seksi seperti vokal dan gitar.

“Gue sudah pernah beberapa kali rekaman. Tapi yang ini beda karena gue harus mengisi lead gitarnya, plus ya ini dirilis atas nama Sisilia Virgana,” lanjutnya.

Proses yang terjadi, adalah sebuah bentuk pendidikan musik yang diterjemahkan menjadi proses bekerja bersama. Salah satu contoh yang sukses terekam sejarah adalah bagaimana Jack Lesmana mengajak Indra Lesmana berkarya dan kemudian diteruskan oleh Indra Lesmana pada anaknya, Eva Celia Lesmana. Berkarya bersama dan kemudian mengeluarkan diri dari bingkai hubungan darah di dalam keluarga adalah sesuatu yang sedang dijalani oleh Sisi dan ayahnya.

“Buat gue rasanya enak. Karena banyak keuntungan yang didapatkan. Kayak misalnya, gue diajak belajar cello sama guru yang benar. Yang tidak tanggung jadinya. Karena mereka, gue juga bisa kenal dengan banyak musisi. Jadi akses belajarnya terbuka,” kata Sisi ketika ditanya tentang keuntungan jadi anak dua orang musisi profesional yang telah berkarir panjang.

Proses yang dijalani, membuatnya benar-benar bisa mengamalkan nilai musik. Termasuk bersenang-senang di dalamnya. Hingga hari ini, selain bernyanyi dan bermain gitar, ia juga sangat fasih memainkan cello. Bahkan, pernah beberapa kali pula mengambil bagian di sejumlah pertunjukan spesial White Shoes and the Couples Company.

Meski begitu, walaupun berangkat dengan modal sosial yang besar, berkarir secara profesional di industri musik masih menjadi tanda tanya untuknya. Ia ingin menjalani proses pengenalan dengan pelan-pelan.

Ketika ditanya kemungkinan untuk menjadi seorang musisi profesional di masa yang akan datang, ia menjawab dengan abu-abu, “Masih belum tahu. Kalau ditanya mau atau nggak, pasti mau. Cuma belum siap untuk serius saja.”

Itu termasuk bermain live dan menggarap rilisan yang lebih panjang formatnya. Padahal, respon tentang Samara Bergelora, banyak mengalir langsung padanya.

“Banyak yang DM ke Instagram. Lumayan banyak. Terus, gue coba lihatin satu-satu. Ada satu yang bilang bahwa lagu ini berkesan banget dan dia tinggal di Malang. Gue seneng banget bisa jadi bagian dari harinya itu orang! Hal-hal kayak begitu banyak masuk,” ceritanya lagi tentang respon orang setelah Samara Bergelora dirilis.

Jalan masih panjang. Kita nikmati saja Sisi yang hari ini. Siapa tahu, kelanjutannya tidak lama lagi datang. (*)

Teks: Felix Dass
Foto: Dok. Sisilia Virgana

 

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading