Pemanasan Dinosaur Jr. Menuju Album Penuh

Dinosaur Jr, trio indie rock gaek asal Amerika Serikat telah mengumumkan detail album ke-12nya yang bertajuk “Sweep it Into Space” yang dijadwalkan akan rilis pada 23 April 2021 mendatang melalui label rekaman independen Jagjaguwar. Sebagai pemanasan, sambil menunggu album penuh tersebut rilis, baru-baru ini (23/02) Dinosaur Jr  telah melepas sebuah single pemanasan berjudul ‘I Ran Away’ yang melibatkan musisi cum produser, Kurt Vile. Di nomor pembuka ini, Vile memainkan gitar 12 senar, yang terdengar menarik dan  lebih ramah di telinga.

Dalam proses penggarapan album, unit yang kini digawangi oleh J Mascis (gitar & vokal), Lou Barlow (bass), dan Murph (drum) ini memulai rekaman pada musim gugur 2019 dengan melibatkan Kurt Vile sebagai co-produser. Sebelumnya album ini  direncanakan dirilis pada  pertengahan 2020. Namun, akhirnya harus diurungkan karena virus COVID-19 yang kian mewabah diseluruh dunia. Semua jadwal pun ditunda, termasuk jadwal tur.

Selama lockdown berlangsung, trio ini pun akhirnya menyelesaikan album tanpa Kurt, meskipun J Mascis mengatakan dia akhirnya meniru beberapa hal yang sebelumnya telah dibuat oleh Kurt Vile: “Saya mendengarkan banyak Thin Lizzy, jadi saya mencoba untuk mendapatkan beberapa dari itu untuk suara utama. Tetapi sesi rekaman selesai dengan cukup baik pada saat sesuatu (pandemi, red) benar-benar menghantam penggemar. Ketika lockdown terjadi pada bulan Maret, itu berarti saya sendirian. Tapi itu keren. ”

Berikut adalah lagu-lagu yang tercantum di album “Sweep It Into Space” yang akan datang di bulan April mendatang: ‘I Ain’t’, ‘I Met The Stones’, ‘To Be Waiting’, ‘I Ran Away’, ‘Garden’, ‘Hide Another Round’, ‘And Me’, ‘I Expect It Always’, ‘Take It Back’, ‘N Say’, ‘Walking To You’, dan ‘You Wonder’.

Dinosaur Jr. sendiri merupakan unit yang dibentuk di Amherst, Massachusetts, Amerika, pada tahun 1984. Selama perjalanan dalam bermusik, setidaknya mereka telah merilis 12 album studio, termasuk: Dinosaur (1985), You’re Living All Over Me (1987), Bug (1988), Green Mind (1991), Where You Been (1993), Without a Sound (1994), Hand It Over (1997), Beyond (2007), Farm (2009), I Bet on Sky (2012), Give a Glimpse of What Yer Not (2016), Sweep It Into Space (2021).

Selain bermusik untuk Dinosaur Jr, para personil pun memiliki kesibukan lain dengan projeknya masing-masing, semisal J Mascis dengan aktivitas solonya, sempat merilis album penuh ketiganya bertajuk “Elastic Days” pada tahun 2018 lalu. Sedangkan sang bassist, Lou Barlow, melakukan reuni bersama bandnya yang lain, yakni Sebadoh untuk merilis album “Act Surprised” pada 2019.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Isyana Sarasvati Untuk New York Fashion Week

Salah satu solois fenomenal tanah air, Isyana Sarasvati, diundang untuk menghadiri salah satu acara paling bergengsi tahun ini di New York, Vogue World (12/09). Merayakan ulang tahunnya yang ke 130,...

Keep Reading

Scaller Meneruskan Perjalanan Dalam "Noises & Clarity"

Album yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis. Adalah “Noises & Clarity” yang merupakan album studio kedua Scaller yang dirilis melalui Golden Robot Records & Archangel Records (23/09). Album ini diproduksi sendiri...

Keep Reading

Merayakan Festival Industri Kreatif Tahunan Selama Tiga Pekan

M Bloc Fest merupakan festival industri kreatif tahunan yang kali ini menampilkan beberapa bidang seperti musik, seni, desain dan literatur yang diadakan oleh M Bloc Entertainment. Ajang ini sekaligus merayakan...

Keep Reading

Album Naif Bocor?!

Dan terjadi lagi.. Ya, terjadi lagi kabar yang cukup mengejutkan: album dibocorkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini datang dari unggahan instastory mantan drummer Naif, Pepeng, yang menuliskan...

Keep Reading