Pemanasan Dinosaur Jr. Menuju Album Penuh

Dinosaur Jr, trio indie rock gaek asal Amerika Serikat telah mengumumkan detail album ke-12nya yang bertajuk “Sweep it Into Space” yang dijadwalkan akan rilis pada 23 April 2021 mendatang melalui label rekaman independen Jagjaguwar. Sebagai pemanasan, sambil menunggu album penuh tersebut rilis, baru-baru ini (23/02) Dinosaur Jr  telah melepas sebuah single pemanasan berjudul ‘I Ran Away’ yang melibatkan musisi cum produser, Kurt Vile. Di nomor pembuka ini, Vile memainkan gitar 12 senar, yang terdengar menarik dan  lebih ramah di telinga.

Dalam proses penggarapan album, unit yang kini digawangi oleh J Mascis (gitar & vokal), Lou Barlow (bass), dan Murph (drum) ini memulai rekaman pada musim gugur 2019 dengan melibatkan Kurt Vile sebagai co-produser. Sebelumnya album ini  direncanakan dirilis pada  pertengahan 2020. Namun, akhirnya harus diurungkan karena virus COVID-19 yang kian mewabah diseluruh dunia. Semua jadwal pun ditunda, termasuk jadwal tur.

Selama lockdown berlangsung, trio ini pun akhirnya menyelesaikan album tanpa Kurt, meskipun J Mascis mengatakan dia akhirnya meniru beberapa hal yang sebelumnya telah dibuat oleh Kurt Vile: “Saya mendengarkan banyak Thin Lizzy, jadi saya mencoba untuk mendapatkan beberapa dari itu untuk suara utama. Tetapi sesi rekaman selesai dengan cukup baik pada saat sesuatu (pandemi, red) benar-benar menghantam penggemar. Ketika lockdown terjadi pada bulan Maret, itu berarti saya sendirian. Tapi itu keren. ”

Berikut adalah lagu-lagu yang tercantum di album “Sweep It Into Space” yang akan datang di bulan April mendatang: ‘I Ain’t’, ‘I Met The Stones’, ‘To Be Waiting’, ‘I Ran Away’, ‘Garden’, ‘Hide Another Round’, ‘And Me’, ‘I Expect It Always’, ‘Take It Back’, ‘N Say’, ‘Walking To You’, dan ‘You Wonder’.

Dinosaur Jr. sendiri merupakan unit yang dibentuk di Amherst, Massachusetts, Amerika, pada tahun 1984. Selama perjalanan dalam bermusik, setidaknya mereka telah merilis 12 album studio, termasuk: Dinosaur (1985), You’re Living All Over Me (1987), Bug (1988), Green Mind (1991), Where You Been (1993), Without a Sound (1994), Hand It Over (1997), Beyond (2007), Farm (2009), I Bet on Sky (2012), Give a Glimpse of What Yer Not (2016), Sweep It Into Space (2021).

Selain bermusik untuk Dinosaur Jr, para personil pun memiliki kesibukan lain dengan projeknya masing-masing, semisal J Mascis dengan aktivitas solonya, sempat merilis album penuh ketiganya bertajuk “Elastic Days” pada tahun 2018 lalu. Sedangkan sang bassist, Lou Barlow, melakukan reuni bersama bandnya yang lain, yakni Sebadoh untuk merilis album “Act Surprised” pada 2019.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Tambah Line Up, Hammersonic Siap Hadirkan 53 Band Metal dan Rock Dunia!

Setelah mengalami beberapa kali penundaan, festival musik metal raksasa Hammersonic akhirnya dipastikan siap digelar pada awal tahun 2023. Sebelumnya salah satu headliner yakni Slipknot telah mengumumkan konfirmasi lewat unggahan twitter...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading