Peleburan Karakter Ke Dalam Album Terbaru

Band yang terbentuk akhir 2012 silam oleh KevinXLeo (vokal) dan Dennis (gitar) akhirnya kembali menunjukkan progress yang positif setelah merilis album pertama dengan tajuk Real Eyes Realize Real Lies pada 2015 yang mengedepankan permainan riff gitar heavy metal/rock serta lirik politikal yang dibawakan dengan ciri khas nge-rap pada sebagian besar track.

Speed Instinct adalah band yang cukup terbilang aktif di berbagai gigs di Kota Makassar, sampai pada festival musik sekelas Rock In Celebes pada tahun 2015, 2018, dan 2019 pun mereka dihadirkan sebagai line-up. Berbagai dinamika dialami, bongkar pasang personel pun terjadi. Pada akhir 2017, untuk mengisi divisi bass, Speed Intinct mendapuk Wahyu a. k. a Hunter, sedangkan drum masih ditempati oleh berbagai pemain tambahan.

Pada pertengahan 2017, Speed Instinct mendapatkan kesempatan untuk merekam 11 track di Loejoe Recording Studio, Makassar. Kesebelas lagu tersebut adalah Self Denial. Album ini terbilang penuh perjuangan. Pasalnya, album ini direncanakan akan diluncurkan tahun 2018, namun karena berbagai pertimbangan akhirnya ditunda. Pada Agustus 2019 mereka melakukan syuting video klip pertama untuk lagu The Man who Lives in His World, yang akan menjadi salah satu track pada album ini.

Setelah menanti cukup lama, pada 29 Oktober kemarin, Speed Instinct resmi merilis Self Denial di berbagai platform pemutar musik digital. Album ini mengangkat banyak hal: isu pribadi, sosial, dan bahkan alam semesta.

Ini adalah langkah baru bagi band ini, mengingat mereka banyak dikenal sebagai sebuah band yang sedikit banyaknya memuat lirik yang sarat akan masalah politik dan pemerintahan. Jika membahas sedikit ke ara teknis, dalam pemilihan karakter, Speed Instinct lebih berani untuk melakukan eksplorasi pada unsur-unsur seperti funk, punk rock, dan grunge di beberapa track dengan tetap mempertahankan ciri khas permainan riff gitar dan gaya bernyanyi rap.

Album ini adalah satu pencapaian bagi Speed Instinct. Buah dari kerja keras melatih kecepatan naluri untuk menemukenali riak dan kerikil-kerikil tajam dalam diri dan lingkungan kita sehari-hari dan kemudian meneriakkannya, berharap ada jabat dan rangkul untuk bersama menyusun untuk siasat hidup yang lebih manusiawi esok hari.

Editor : Brandon Hilton
Visual : Arsip Dari Speed Instinct

Plvmb Memulai Debut Dengan Blue

Bandung kembali memiliki kuintet indiepop yang terdiri dari Vina Anesti (Vokalis), Azka Aulia Rachman (Bass), Diaz Febryan (Drum), Salman Wahid Putra Kamaludin (Gitar), Irfan Zahid Abdussallam  (Gitar). Mereka tergabung ke...

Keep Reading

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading