Nyebrang buat Kelanjutan Krosboi

Musik rock tidak pernah mati. Ia terus menggelinding seiring waktu. Musik rock yang jadi simbol kebebasan akan selalu terdengar. Salah satu yang menganut kepercayaan itu adalah Krosboi.

Krosboi kini beranggotakan Verdrian Yosrizal (Vokal), Gilang Maulana Putranda Marahsutan (Bass Gitar), Billkevin Moula (Gitar), Tubagus Fachreza (Drum) dan Arkanda Putra Sagala (Keyboard/Piano). Sebelumnya krosboi pernah merilis single di bawah naungan Sony Music Entertainment Indonesia seperti “Kekasih Nakal” (2013), “Nona Manis” (2014), dan “Diam-Diam Emas” (2016), selain itu di 2016 Krosboi turut bermain film dengan Fatin Shidqia dalam film Dreams dan menyanyikan dua lagu mereka yakni Nona Manis dan Diam-dia Emas.

Band ini terbentuk pada tahun 2009 silam. Mereka sempat menjuarai festival dan bergabung dengan major label. Kini di 2018, mereka merilis full album yang bertajuk Nyebrang. “Anak-anak ngeband dari 2009, baru bisa ngerasa bebas karya termasuk bikin album pas 2017, dan sekarang 2018 album pertama akhirnya jadi,” kata Kanda pemain Keyboard sekaligus penulis lagu di Krosboi.
Di album ini, Krosboi ingin menyampaikan pesan bahwa bermusik adalah tentang menyampaikan pesan positif kepada orang lain, memberikan makna kehidupan dan membawa manfaat untuk banyak orang. Album Nyebrang diharapkan dapat menjadi teman sehari-hari serta memberikan dampak yang positif untuk musik tanah air.

Selain itu, Krosboi juga turut serta mengajak musisi-musisi lain untuk memeriahkan album ini. Nama-nama seperti Bayu Suta (Koin), Babet Banjo (Katfis & The Authentics), Citra Warnerin, Ilunx Muezza (Joker Rocker), Jason Ranti dan Rozan (Rumah Musik Harry Roesli) ada di deretan kontributor. Penulis generasi tua yang dikenal lewat Ali Topan, Teguh Esha, pun ikut berkontribusi sebagai co-writer di lagu penutup mereka yang berjudul “Percayalah”.

Hingga saat ini “Nyebrang” telah dicetak dengan jumlah sangat terbatas dalam bentuk fisik (namun hanya dijual via direct message Instagram pun juga saat manggung) dan telah rilis dalam portal digital seperti iTunes, Spotify dan lain sebagainya.

Krosboi berencana akan melakukan perayaan atas album Nyebrang ini. “Kita akan main 30 September di Aligkane, 14 Oktober di Kios Ojo Keos,” pungkas Kanda. (*)

Penulis: Rio Jo Werry
Foto: Dok. Krosboi

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading

Karya Baru dan Rangkaian Tur Musik Isman Saurus

Di sekitar akhir 2021 lalu, solis asal Lumajang Jawa Timur, Ismam Surus telah melepas album penuh bertajuk Orang Desa. Sebagai rangkaiannya, di tanggal 24 Maret lalu ia telah melepas sebuah...

Keep Reading

Nuansa Anime di Karya Terbaru Moon Beams

Inspirasi untuk membentuk sebuah band bisa datang darimana saja, termasuk dari sebuah  anime. Jika kalian pernah menonton anime lawas berjudul BECK tentu tak akan asing dengan original soundtrack-nya bertajuk Moon...

Keep Reading