Nyala Api Dari Angkatan Baru Hip-Hop Jakarta

Berawal dari hal yang tidak direncanakan, La Munai Records, label rekaman Jakarta, Pesona Experience dan Bureau Mantis kolektif dan manajemen musik dari kota yang sama akhirnya menemui kesepakatan untuk merilis Jakarta Tenggelam, sebuah kompilasi yang rilisan berbentuk kaset pitanya dipesan via lamunairecords.com dan tersebar dalam bentuk digital pada Bandcamp.

Sebelumnya, proyek Jakarta Tenggelam sudah sempat mengudara sebagai perkenalan dalam bentuk program seni pertunjukan bertajuk Assemble. Di mana program tersebut tentu menampilkan beberapa musisi pada proyek Jakarta Tenggelam yang saling berbagi panggung di September silam. Ialah BAP. (La Munai Records/Pesona Experience), Basboi (Dominion Records), ENVY* (La Munai Records/Pesona Experience), Kink Yosev (Bureau Mantis), Tacbo (Bureau Mantis), Dzulfahmi (Defbloc), dan YG JUJU.

Kompilasi ini pun akhirnya terbit di waktu yang cukup tepat, di mana pasca redamnya musik di era pandemi. Kompilasi ini datang dari mereka, si angkatan baru hiphop Jakarta yang telah menyalakan api, dan siap menggiring arus ini lebih deras lagi, lebih dari lima tahun silam.

Jakarta Tenggelam berisi sederetan instrumentasi beat yang sulit ditebak, begitu pula susunan artis yang guyub dalam kompilasi ini. Beragam pesona, warna, dan emosi, yang menjadi cerminan dari kota yang mereka pijak dari pagi sampai malam, 7 kali 24 jam, rangkum dalam 29 menit.

Rilisan ini adalah sebuah wahana rima dari ruang surga, neraka, dan purgatori dari tempat yang seringkali diagungkan. Namun di sisi lain, kompilasi ini adalah tonggak, sebuah tanda baca, bukan untuk berhenti sejenak, namun untuk lanjut. 

Ini adalah serangkaian selebrasi dari ibu kota yang sekarat. Sebuah mufakat bahwa kekacauan yang indah akan terus diidamkan. 

Sekarang, Jakarta Tenggelam.

Editor : Brandon Hilton
Visual : Arsip Dari La Munai Records

Superglad Yang Kembali Melangkah

Superglad adalah band yang namanya tidak perlu lagi dipertanyakan di kancah musik tanah air. Setelah diterpa berbagai permasalahan yang sempat terjadi di dalam tubuh mereka, band yang terbentuk sejak tahun...

Keep Reading

Meramu Crossover Hardcore Ke Tahap Terbaru

Dari Sidoarjo, unit Crossover Hardcore yang tergabung dalam Voorstad akhirnya merilis mini album terbaru dengan tajuk Self-titled melalui label Greedy Dust Records. Ini merupakan rilisan kedua Voorstad setelah pada awal...

Keep Reading

Penegasan Warna Terbaru I Punch Werewolf

Penegasan eksistensi I Punch Werewolf melalui video klip lagu terbaru dengan judul Broken. Unit ini terus menggebrak kancah musik dengan beragam rilisannya. Untuk lagu ini sendiri dibuat lebih mengayun, namun...

Keep Reading

Metal Kecil Versi Paling Mutakhir Powerslaves

Powerslaves adalah nama legendaris dalam kancah musik rock tanah air. Unit rock ini baru saja melepas Metal Kecil (Remastered) (13/11/22). Single versi teranyar ini merupakan tindak lanjut dari “Semarang (Remastered)” yang...

Keep Reading