Nine Inch Nail Terlibat Proyek Film

Tak bisa dipungkiri, musik dan film memiliki persenyawaannya sendiri. Musik dalam sebuah film dapat membawa pengaruh emosional yang begitu besar. Komposisi musik yang berkelindan dengan adegan visual yang ditampilkan mampu menjadi suatu hal yang mungkin akan dikenang selamanya. Orang yang bertanggung jawab di balik itu semua tentu adalah penata musik. Bagi penggemar musik rock tentu sudah tak asing lagi dengan Trent Reznor, salah satu punggawa musik industrial rock bernama ‘Nine Inch Nails’. Bersama Atticus Ross, Reznor sudah bekerja dengan teliti untuk menggarap musik film berjudul “Mank”.

Baru-baru ini (4/12) bersamaan dengan dilepasnya film ‘Mank’ di seluruh dunia melalui Netflix, musik teranyar garapan Reznor dan Atticus itu juga turut dirilis di berbagai kanal pemutar musik digital. Reznor dan Ross memang sudah sejak lama terlibat dalam beberapa penggarapan skoring film. Untuk kolaborasi terbarunya, mereka berdua menggarap original soundtrack untuk film berjudul ‘Mank’, sebuah film besutan sutradara David Fincher. Film drama biografi yang mengangkat kehidupan penulis skenario Herman Mankiewicz ini menceritakan kisahnya saat ia menulis skrip untuk ‘Citizen Kane’.

Secara musikalitas, untuk menggubah lagu-lagu tersebut mereka berdua banyak menggunakan instrumen dari periode yang otentik di tahun 1940-an. Penggunaan bebunyian yang syarat  akan nostalgia semakin memperkuat warna pada film hitam-putih itu. Tema dan komposisi musik begitu serasi dengan film yang memang memiliki latar waktu tahun di tahun 1940, ketika Mank sedang mengembangkan naskah Citizen Kane. Gary Oldman (yang juga pernah memerankan Sid Vicious di film Sid & Nancy) berperan sebagai Mankiewicz, berlawanan dengan Tom Burke sebagai Orson Welles. Pemerannya juga termasuk Amanda Seyfried, Lily Collins, Ferdinand Kingsley, Tom Pelphrey dan Arliss Howard. Bukan untuk pertama kalinya pula mereka berdua bekerjasama dengan David Ficher, sebelumnya mereka pernah sama-sama bekerja  untuk film “Gone Girl” pada 2014, “The Girl with the Dragon Tattoo” pada 2011,  dan “The Social Network” pada 2010.

Di bulan Oktober lalu melalui akun Twitter-nya, Trent Reznor membagikan cuplikan dari karya skoring terbarunya bersama Ross. Selama 2020 berjalan, ia menghabiskan waktunya untuk mengerjakan film “Mank”.

“Thankfully, I’ve spent most of 2020 immersed in working on this incredible film. Here’s a first look / listen,” tulisnya.

Pada bulan September 2020 lalu, di ajang penghargaan Creative Emmy Awards, mereka berdua (Reznor dan Ross) diganjar penghargaan pada kategori “Outstanding Music Composition for a Series” untuk skoring mereka pada film ‘Watchmen’. Pada 2011, mereka memenangkan Oscar untuk ‘The Social Network’ -salah satu skor terbaik dekade ini yang sempat dirilis ke dalam format vynil, dan pada tahun 2013 mereka membawa pulang Grammy untuk skor ‘Girl With The Dragon Tattoo’, sebuah ajang dan pencapaian terbaik dunia perfilman Internasional. Selain itu, Reznor memenangkan beberapa Grammy dengan Nine Inch Nails selama tahun 90-an juga. Yang terbaru, di bulan November kemarin Nine Inch Nails dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, sebuah ajang penghargaan tertinggi untuk para musisi yang mempengaruhi trend musik di masa sekarang dan masa depan.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip Mank

Fragmen Keinginan sheisjo di Nomor "OOE"

Solis asal Jakarta Chika Putri Bagaskara dengan moniker sheisjo telah melepas materi lagu berikutnya yang bertajuk “OOE” (15/08). Sedikit berbeda dari tiga single sebelumnya yang memiliki sound acoustic, “OOE” diracik...

Keep Reading

Inspirasi Film di Materi Teranyar Eastcape

Tahun 2021 lalu menjadi tahun yang bisa dibilang ‘manis’ bagi Eastcape karena di tahun tersebut mereka resmi memperkenalkan dirinya di kancah industri musik dengan menelurkan sebuah single dan Split EP...

Keep Reading

Bersama Ello dan Virzha, Dewa19 Rilis Ulang Materi Lama "Still I’m Sure We’ll Love Again"

Dewa19 melanjutkan perilisan karya-karya lama mereka dalam format baru. Kali ini, mereka merilis “Still I’m Sure We’ll Love Again”, sebuah lagu dari album Format Masa Depan yang aslinya menampilkan vokal...

Keep Reading

Langkah Berikutnya dari Bilal Indrajaya

Usai melepas beberapa materi singel dan album mini Purnama (2019) solis dari Jakarta, Bilal Indrajaya, akhirnya melanjutkan perjalanannya dengan meluncurkan karya terbarunya bertajuk “Saujana” lewat label rekaman legendaris yang kini...

Keep Reading