"Negative Thoughts", Album Berhulu Ledak Milik Maio

Maio baru saja melepas album diberi tajuk Negative Thoughts Jumat (10/9) lalu. Kumpulan berandalan Kota Kembang ini merilis perdana mereka dalam bentuk kaset pita.

Negative Thoughts berisi delapan trek yang, mereka akui, mencampurkan unsur “hardcorepunk, crust, d-beat sampai benang merah rock n’ roll paripurna secara musikalitas”. Salah satu trek dalam album tersebut merupakan gubahan ulang dari salah satu tembang entitas punk legendaris, Dead Kennedys.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???? (@maio_____)

Proses produksi ini dibilang cukup lama, tujuh bulan, sejak Juli 2019 hingga Januari 2020. Alasannya bukan karena mereka ambisius menggarap Negative Punk. Memang mereka saja yang kelewat bandel, kalau ditilik dari jawaban mereka.

“Kami sempat mangkrak karena beberapa alasan, salah satunya kendala personal saya pribadi yang perlu memakan waktu sampai enam bulan, sehingga harus ditarik ke kampung halaman. Yang pada akhirnya berdampak ke pergerakan band ini, serta yang paling utama dari segi finansial yang tidak memungkinkan untuk merilis album ini secara mandiri,” ujar sang gitaris, Valard.ss, dalam keterangan pers. “Selain itu, kami lebih memilih mabuk-mabukan dan bersenang-senang daripada melaju cepat agar album ini cepat rilis,” tambah Kikim si pembetot bas.

Kedua orang tadi juga adalah yang bertanggung jawab untuk segi visual. Sampul Negative Thoughts dieksekusi langsung oleh Valard.ss dan Kikim.

Aziz (vokal), Valard.ss (gitar kanan), Abuy (gitar kiri), Kikim (bass), dan Wisong (drum) mencoba mengangkat apa yang terjadi di sekitar mereka dalam sisi lirik kedelapan trek di album mereka. Kikim, yang mendominasi penulisan lirik, mengaku memang terpapar langsung oleh apa yang ia bahas di lirik.

“Saya banyak menulis hal yang terjadi di sekitar, karena memang saya pribadi terpapar isu-isu tersebut dalam setiap harinya. Dari ocehan-ocehan klise yang kerap terlontar di tongkrongan, sampai ke tatanan sosial yang makin hari makin tak lazim menurut saya pribadi. Untuk sisanya, merupakan kontribusi Azis lebih fokus ke problematika yang terjadi di ruang lingkup skena. Namun, kami tidak mengharapkan perubahan apapun dari materi yang kami tulis, karena kapasitas kami tidak setajam itu,” jelas Kikim.

Sebelum merilis Negative Thoughts, Maio sudah lebih dulu memperkenalkan musik melalui dua single, “Circle Jerks” dan “The Justice Trap” tahun lalu.

Negative Thoughts kini baru tersedia dalam bentuk fisik. Maio menawarkan dua pengemasan untuk album tersebut, versi bundle pack
berisi kaset, stiker, pin button 1 inci, cup popcorn, kacamata 3D dan poster A2, kemudian versi reguler yang hanya berisikan kaset pita tunggal, dengan harga bundle pack Rp95.000 dan versi reguler seharga Rp60.000.

Teks Abyan Nabilio
Visual: Arsip dari Maio

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading