Narasi Keseharian Heave dalam Album Perdananya

Setelah merilis beberapa nomor tunggal dalam kurun waktu 6 tahun, akhirnya trio rock alternatif asal Jakarta, Heave, baru-baru ini telah melepas EP perdananya yang bertajuk How Big is Your Worry?. Setidaknya ada 5 trek yang Heave suguhkan, termasuk nomor “Eccentric” yang rilis Juli 2021 lalu.

Debut EP How Big is Your Worry? merupakan mini album yang dipersembahkan oleh Nickinsky (vokal & gitar), Casey (gitar)dan Denito (drum) untuk para penggemar musik rock alternatif yang popularitasnya sempat menggaung di medio 1990an. Berbicara tentang rock alternatif, keseluruhan lagu di dalamnya memang sangat terasa dengan nuansa musik 90-an. Irama-irama musik yang cukup familiar bagi pendengar Temple of The Dog, Pearl Jam, Stone Temple Pilots, dan lain sebagainya.

Menurut Heave, EP debut mereka ini merupakan ekspresi dari masing-masing personil yang berasal dari pengalaman pribadi. Menariknya, tema-tema yang diusung di dalam album mini ini konon terinspirasi dari buku anak-anak.

How Big is Your Worry? merupakan EP yang tercipta atas dasar keresahan yang terjadi sehari-hari” terang pihak Heave melalui siar pers. “Alienation (Menyendiri), Conservative (Konservatif), Epiphany (Pencerahan), Stoic (Memendam), dan akhirnya Distrust (Ketidakpercayaan)” lanjutnya.

Di EP debutnya ini, Heave menyajikan ragam suara dan nuansa. Mulai dari 2 lagu yang punya beat energik, yaitu di ‘Eccentric’ yang dibuat secara spontan diiringi melody bandel dan lirik yang nyentrik. Serta nomor andalan teranyarnya, “New Sound”, yang memiliki sentuhan distorsi gahar. Tak hanya itu, Heave pun melengkapinya dengan nomor-nomor syahdu untuk menemani kamu diperjalanan. “This Isn’t Everything You Want” yaitu lagu tentang pencerahan, “Laurel Leaf'” yang bercerita tentang memendam perasaan, hingga nomor pamungkas “Cut It Out/Please”, bercerita tentang ketidak percayaan yang dibalut dengan nuansa semi akustik.

Di debut EP mereka ini, ‘New Sound’ didapuk jadi nomor wahid yang merepresentasikan keseluruhan ekspresi How Big is Your Worry?. Heave sengaja memilih nomot “New Sound” sebagai hit single dengan narasi cerita tentang sifat loyal dari seseorang yang tidak gampang terpengaruh dari hal-hal baru yang ada disekitarnya. Dimana sifat orang ini percaya akan prinsip hidup yang selalu dibawanya kemanapun dia pergi. Sisi prinsip yang agaknya mesti dimiliki oleh setiap orang.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Heave

Rayakan Dua Rilisan Baru, Extreme Decay Siapkan Pertunjukan Spesial

Sebagai pesta perayaan atas dua rilisan anyar mereka. Sekaligus mengajak Dazzle, TamaT, dan To Die untuk ikut menggerinda di kota Malang. Extreme Decay bersama Gembira Lokaria mempersembahkan konser showcase spesial...

Keep Reading

Disaster Records Rilis Album Debut Perunggu dalam Format CD

Pandemi yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun ini memang membuat segala recana menjadi sulit terwujud. Namun bukan berarti berbagai kendala yang ada menyurutkan semangat para musisi untuk terus...

Keep Reading

Efek Rumah Kaca Bawakan Ulang Lagu Candra Darusman

Candra Darusman, Signature Music Indonesia dan demajors merilis album kompilasi yang menampilkan karya-karya Candra Darusman: seorang musisi, pencipta lagu, penyanyi dan pemerhati hak cipta Indonesia. Kompilasi ini mengedepankan Efek Rumah...

Keep Reading

Ketika BLCKHWK Gambarkan Sisi Alami Sifat Manusia

Di awal tahun 2022 ini, BLCKHWK telah melepas album debutnya bertajuk Decomposing Rotting Flesh. Untuk memperpanjang nafas album, baru-baru ini unit yang dihuni oleh Arison Manalu (vokal),  Billy Rizki (gitar),...

Keep Reading