Seperti judul di atas, selamat datang bulan Desember. Yang berarti, akhir dari tahun 2019 ini. Banyak hal pasti telah terjadi sepanjang tahun ini, berbagai polemik di masyarakat juga turut mewarnai geliat kehidupan kita. Namun, tetap saja, musik dan identitas-identitas baru terus bermunculan. Sama seperti beberapa nama yang ada di dalam daftar putar minggu ini. Ada bentuk kolaborasi di dalamnya dan ada juga materi-materi yang sangat menyenangkan untuk didengar dengan jangka yang cukup lama. Silahkan disimak!

1. Karsha – Calm Hill

Karsha kembali merilis single lagi, kali ini diberi judul “Calm Hill”. Lagu ini adalah sebuah titik terang yang mengubah pandangan kebanyakan orang yang merasa kesendirian itu menyakitkan. Sendiri adalah momen yang tepat dalam proses berdamai dengan diri dan segala keterpurukannya. Merefleksi semuanya yang negatif menjadi positif. Mereka adalah band yang mengusung aliran Chamber Pop / Folk Alternative dan terbentuk pada akhir 2017 di Yogyakarta.

2. .Feast feat The Panturas – Gelora

Lagi-lagi .feast membuat ulah, kali ini bersama gerombolan surf rock asal Jatinangor. The Panturas. Keduanya berulah dalam single kolaborasi yang berjudul “Gelora”. Lagu ini sendiri dimaksudkan untuk mendukung para atlet yang akan berjuang di gelaran pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA GAMES 2019. Selain single, mereka juga membuat sebuah kampanye dengan tagar #MENANGINDONESIA, yang ditujukan untuk membuat negeri kita lebih baik lagi, dengan mengajak para masyarakat berbuat baik melalui hal-hal kecil, seperti pengurangan plastik, dan banyak lainnya.

3. Azirafly – Adelyn

Adelyn adalah single kedua milik penyanyi dan juga penulis lagu, Azirafly. Sebelumnya di Oktober tahun lalu, dirinya juga telah merilis single perdana berjudul “Menyambut Sapa”. Single “Adelyn” bercerita tentang sbuah kisah cinta yang semu, tak ada akhir dan menghasilkan cerita cinta dan kebodohan yang sangat tipis perbandingannya. Dalam single ini, Azirafly ingin menunjukkan sisi dari dirinya yang berbeda ke khalayak ramai.

4. Bagus Bhaskara – Question Mark

Lagu ini dikemas dengan sangat sederhana dan juga memiliki tempo lambat yang disertai instrumen piano dan vokal yang mengisi dominan. Bagus Bhaskara adalah penyanyi asal Ubud yang kini berdomisili di Jakarta. Dirinya ingin mengangkat tema tentang dilema seorang perantau yang sedang mempertanyakan kemana tujuan hidup dan arah melangkah di dalam single kelima ini.

5. Rimba – SYMD

Single yang menjadi penanda keseriusan mereka dalam industri musik ini diciptakan dengan maksud untuk membagikan kisah yang pernah dialami oleh salah satu personilnya. Adalah Vavo Rivano (Gitar) yang memiliki satu pengalaman hidup yang dituangkan ke dalam lagu ini dan bercerita tentang bagaimana caranya meredam hawa nafsu melalui pikiran dimana pemeran utama dalam lagu ini seolah berkata “datang lagi lain waktu, jangan hari ini” kepada hawa nafsunya sendiri.

6. Atlesta – Celebrate This Feeling

Topik yang diangkat pada lagu ini bercerita tentang perayaan perasaan manusia. “Bahagia, sedih, senang-susah, dan everything in between”. Fifan (nama asli Atlesta) menyebutkan bahwa lagu ini merupakan rangkaian dari “Gustav Saga”, yang merupakan grand project dari usahanya dalam me-rebranding nama Atlesta menjadi Gustav. Gustav sendiri akan digambarkan sebagai sosok yang matang serta dewasa.

7. Morgue Vanguard, Doyz – Garda Buckwild Nasional

Mereka adalah dua nama yang sangat menonjol dalam ranah hip hop negeri ini. Kolaborasi keduanya sangatlah ditunggu bagi banyak orang penikmat musik ini, tak terkecuali mereka yang bukan penikmat musik jenis ini pun juga sangat antusias bila mendengar kabar kolaborasi dari keduanya. Kali ini, mereka baru saja merilis satu single yang sangat menarik. Garda Buckwild Nasional!

8. Suarloca – Pasang

“Pasang” adalah single perdana dari mereka. Materi ini merupakan lagu yang hanya menghadirkan bebunyian dari instrumen dan sedikit lantunan vokal di akhir lagun. Menurut mereka, lagu ini sengaja menerjemahkan perasaan kekecewaan dan kemarahan dalam komposisi instrumentasi musik, dengan konklusi berupa lirik singkat di penghujung lagu. Karenanya, sebagai sebuah lagu, “Pasang” tidak bisa hanya dilihat dari konteks lirik saja, namun juga aransemen, waktu, hingga realitas yang sedang terjadi.

9. Antoni Sidjabat – Song About You

“Song About You” didapuk menjadi pembuka dari banyaknya karya yang akan dihadirkan oleh Antoni Sidjabat mendatang. Lagu yang bercerita tentang kekaguman akan seseorang yang tak disadari oleh orang tersebut, dan hal itu mampu membuat hidup sang pengagum ini menjadi lebih baik. Selain merilis dalam versi audio, single ini juga akan dirilis ke dalam bentuk visualnya dalam beberapa waktu mendatang.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Dari berbagai sumber