Industri musik jelas  tidak pernah berhenti untuk melahirkan karya baru, kian hari makin banyak nama yang kembali ataupun mereka yang baru memasuki arena ini. Kali ini ada 5 rekomendasi single yang kami kumpulkan sepanjang minggu ini. Ada musisi baru yang menarik hati, ada band lama yang merilis karya baru. Formulanya biasa, tidak ada yang baru. Tapi, apa yang ada di dalam, banyak membawa nuansa penyegaran buat kita yang suka untuk mendengarkan banyak musik baru dari berbagai ranah.

Silakan disimak. Seperti biasa, segera cek lebih lanjut pencariannya kalau suka dengan salah satu nama di dalam daftar ini.

1. Fiersa Besari – Pelukku Untuk Pelikmu

Kali ini, si musisi yang juga sekaligus penulis buku ini mendapat kesempatan untuk menciptakan sebuah lagu bagi film yang akan rilis mendatang. Lagu ini didapuk untuk mengisi soundtrack dari film berjudul “IMPERFECT: Karier, Cinta, & Timbangan” karya sineas muda Ernest Prakasa. Terbiasa dengan lirik-lirik puitis, Fiersa mengira bahwa lagu yang dibuatnya akan menghiasi adegan-adegan sendu, galau, dan sedih. Ternyata, tantangan baru yang diberikan. Ernest mempercayakan Fiersa untuk menciptakan lagu dan musik yang bertempo semangat, sebuah lagu yang mampu membuat pendengarnya lebih bergairah dalam menjalani hidup.

2. Syuthay – Derau

Syuthay hadir dari Medan. Di dalam catatan pengkaryaannya, mereka telah merilis dua mini album yang berjudul “Legiun Api Militansi” pada tahun 2013 dan “Trinus” pada tahun 2017. Kali ini mereka kembali, lewat single terbaru yang berjudul “Derau” ini, ada suatu penegasan yang dimaksudkan. Apa itu? mereka akan segera merilis debut albumnya sebentar lagi. Single ini bercerita tentang seorang yang egois dan selalu ingin diperhatikan dan dimengerti oleh lingkungan sekitarnya, namun orang ini tak pernah menjeleaskan apa keinginannya. Musik yang hadir di single ini tetap seperti musik yang ada pada materi-materi mereka sebelumnya, heavy dan berdistorsi tinggi.

3. Kota & Ingatan – Setiap Musim Di Tanah Kami

Band yang digawangi Herda Mukti Setiyawan (gitar), Addie Setyawan (bass), Maliq Adam (gitar), Aji Prasetyo (drum) dan Aditya Prasanda (pelafal teks) ini tak sendiri dalam mengerjakan single “Setiap Musim Di Tanah Kami”. Ada bentuk kerjasama yang tidak biasa yang mereka lakukan. Single ini merupakan hasil “kerja bersama” Kota & Ingatan dengan banyak teman yang turun ke jalan selama mengikuti aksi massa #reformasidikorupsi. Kurang lebih satu bulan, Kota & Ingatan mengumpulkan footage dan teks yang tersebar dari aksi demonstrasi paling masif pasca reformasi tersebut. Coba dengarkan, ini merupakan pesan dari mereka yang resah.

4. Peraukertas – Terang Bersulam

Lagu ini mencoba membahas 3 isu yang saat ini sedang panas-panasnya diperhatikan olah masyarakat, yaitu Janji Palsu, Hoax dan juga Korupsi. Melalui single ini mereka ingin membuat para pendengar agar selalu mawas diri dalam menerima dan mengeluarkan berbagai jenis kabar dan juga agar selalu menjaga diri dari kebiasaan korupsi. Single ini juga sebagai pertanda bergabungnya mereka dengan label barunya yaitu Universal Music Indonesia. Dalam proyek single ini mereka bekerjasama dengan Levi’s Indonesia yang dikarenakan, Peraukertas adalah runner up dari Levi’s Band Hunt 2018.

5. Krly ft Kiv – Stay

Suara unik dan memikat yang dipadukan dengan musik bernuansa dreamy, atmospheric, dan juga thoughtful lyrics adalah hal yang akan kalian dapatkan di lagu ini. Malang melintang di dunia tarik suara dan juga beberapa kali mengikut beragam kontes menyanyi, rasa-rasanya membuatnya sangat siap untuk menjalani karir di industri musik Indonesia. Single ini bisa dibilang adalah sebuah pembuka dari apa yang sudah dikerjakan KRLY selama ini. Lagu yang menggambarkan ekspresi atas perpisahan, karena kendala waktu kadang membuat seseorang yang kita cintai harus pergi.

Kelima single ini bisa didengarkan di daftar putar Spotify milik kami, silahkan klik laman di bawah untuk mendengarkan.

Teks: Adjust Purwatama
Visual: Arsip dari Berbagai Sumber