Nada Siasat: Semarak Musik dari Utara Hingga Barat Sumatera

Pulau Sumatera adalah gudangnya musisi-musisi yang memiliki talenta luar biasa. Biasanya, setiap tahunnya Siasat Partikelir selalu berkunjung ke pulau tersebut untuk melakukan tur darat. Namun sayang, kondisi pandemi yang belum berakhir ini mengharuskan kita untuk beristirahat sejenak. Namun kecanggihan teknologi akhirnya bisa mengatasi kerinduan kami untuk menyaksikan para musisi potensial dari pulau Sumatera ini. Salah satunya lewat konser virtual yang diselenggarakan oleh Soundstream.

Di Indonesia sendiri, konser musik online biasanya hanya  berkutat dengan artis-artis dari kota-kota besar di pulau Jawa saja. Padahal di luar pulau Jawa pun banyak artis dan para penggemar musik yang antusiasnya sangatlah luar biasa. Salah satu contohnya adalah pulau Sumatra. Sudah tak diragukan lagi, talenta musisi yang lahir dari pulau ini begitu keren.

Oh ya, bagi kalian yang belum sempat ataupun ingin melihat kembali keseruan tayangan tersebut boleh langsung cek di sini.

Berikut adalah musik yang kami rangkum dalam gelaran Episode II Seri 1 dan 2 yang tayang secara eksklusif di situs web soundstream.id.

Road Roots – Biar Sudah

Lagu “Biar Sudah” karya orisinil dari uni musik asal Batam, Road Roots, yang dirilis pada November 2020 lalu. Lagu ini terinspirasi dari cerita romansa jaman sekarang sekaligus cerita yang dialami langsung oleh para personel Road Roots.

Lagu ini terbilang cukup adventurous karena perjalanan yang dilalui oleh lagu ini sangat berliku. Dimulai dari pembuatan demo di Batam, Road Roots memutuskan untuk mencari produser rekaman di Jakarta. Namun, rencana itu harus urung karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Road Roots-pun tidak menyerah, akhirnya mereka memutuskan untuk memproduksi dan merilis sendiri single ini.

Orkes Taman Bunga – Pekerja Seni Komersil

Siang, siang kemaren..
kami dapat tawaran
Manggung di pernikahan,
ternyata nikahan mantan

Begitulah penggalan lirik dari lagu “Pekerja Seni Komersil” karya Orkes Taman Bunga, kelompok orkes asal kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Trek “Pekerja Seni Komersil” tercantum di album Bhineka Rasa yag dirilis pada Oktober 2020 lalu. Penuh dengan parodi sekaligus bikin merenung, lagu  ini sangat  direkomendasikan bagi kalian yang kerap dilema menjalani  hidup sebagai seoang seniman.

Lajur – Shall Be Good

“Shall Be Good” merupakan lagu yang tercantum di debut album Lajur yang dirilispada sekitar akhir tahun 2019. Ada cerita pahit pada proses penggarapan album pertamanya ini, pasalnya sang vokalis Fajar Rizki memutuskan untuk keluar dari band, maka penggarapan album pun dilanjutkan oleh Heza Putra (gitar & vokal), Mhd Causadibhi (drum), dan Dipo Maulana (bass) dan akhirnya mereka pun dapat merampungkan dan merilis album “Shall Be Good”. Lajur sendiri kini solid diisi oleh Raudhea Vara (vokal), Heza Putra (gitar), Waldy Rb (gitar), Yogi Aksani (bass), dan Mhd Causadibhi (drum).

Harubisu – Pusaka

Trek “Pusaka” menjadi salah satu  lagu yang menjadi favorit kami di album mini milik HARUBISU bertajuk Gelap Yang Terang yang dirilis pada November 2018. HARUBISU sendiri merupakan unit Post-Rock/Nu Gaze/Dream Pop yang berasal dari Kota Pekanbaru yang sudah terbentuk sejak 2018 silam. Harubisu sendiri kini digawangi oleh Satria Putra Fajar (vokal utama, gitar), Supernoval (gitar, vokal latar), Ricky ‘coki’ kurniawan (drum, vokal latar) dan M. Hadi Fadhillah (bass).

Saputangan Merah – Anomali Ingatan

“Anomali Ingatan”  merupakan nomor tunggal yang dirilis oleh Saputangan Merah di tahun 2018. Saputangan Merah sendiri merupakan kelompok musik asal kota Padang yang mengusung genre Dramatic-folk. Band ini mulanya dbentuk oleh mahasiswa UNP, yakni Ade Syukri (brass), Nanda Hidayat (cello), Angga Putra pada (gitar), dan Selvi Pratiwi pada (vokal).

Sabi – Old but Gold

Trek “Old But Gold” merupakan karya orisinal milik SABI, kelompok musik asal Pekanbaru. Lagu ini pernah dibawakan oleh SABI saat mengikuti kompetisi internasional untuk mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi Internasional di Tokyo Jepang.  SABI sendri kini beranggotakan Berto (vocalist), Kevin (guitarist), Ryan (bassist), Wawan (drummer), dan Riski (synthesizer), SABI memiliki tekad dan keinginan yang kuat agar berhasil membangun sebuah citra yang baru dari hasil orientasi bersama antar personil selama bertahun-tahun.

Alfaith – Kagum

Alfaith adalah musisi EDM (elekronik dance music)  yang berasal dari kota Dumai, Riau. Alfaith senidri merupakan moniker dari Haviz Alfatih. ia memainkan musik EDM dengan perangkat seperti Launchad, DDJ Pioneer, Synthesizer, dan Keyboard.

Musisi yang sudah aktif sejak 2017 lalu ini, kini sering muncul untuk live perfomance secara offline maupun online.Dari sisi musiknya sendiri Alfaith sering mengkolaborasikan suara vokal, musik tradisonal, dan lain sebagainya dalam karya-karyanya.

Samsara – Now Fog’s In The Starry Night Sky

Nomor tunggal “Now Fog’s In The Starry Night Sky” dirilis tahun 2015. Lagu ini menjadi sangat spesial karena Samsara  mendedikasikan lagu ini untuk seluruh penderita kanker yang ada dimana pun, khususnya kanker payudara.

Unit yang pernah terjarig dalam 10 besar program Siasat Trafficikng ‘Europe Calling’ ini merupakan band yang mengusung musik indie pop, yang sudah terbentuk sejak tahun 2015 di Pekanbaru. Dari semenjak kemunculannya, Samsara solid diisi oleh Lia (vokal dan synth), Elot (drum), dan Topik (gitar). 2017 yang lalu Samsara berhasil menelurkan album debutnya dengan judul Album Pertama.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari berbagai sumber

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading