Nada Siasat: Pilihan Vhal Rasyid

Setiap lagu selalu meninggalkan bekas bagi pendengarnya. Bagi seorang musisi, seringkali lagu-lagu yang mereka dengar terkadang bisa dijadikan arah artistiknya. Begitu pun bagi Vhal Rasyid, seorang musisi solo asal Sukabumi yang kini sedang getol rilis lagu baru. Beberapa waktu lalu, Vhal sempat merilis lagu bertajuk “Maktub” yang diproduseri langsung oleh Mondo Gascaro, sebuah nomor tunggal yang Vhal ciptakan untuk menuangkan segala perasaannya.

Di tengah banyaknya musisi yang berlomba membuat musik pretensius, Vhal dengan senang hati mengaku sebagai musikus pop. Kesederhanaan musik dan kejujuran liriknya membuat pendengar bisa berempati tanpa harus terlalu banyak berpikir saat mendengarkan lagunya. Dalam perbincangannya bersama Eka Annash di program Room to Room Gigs yang kini kini tayang di SPTV, ketika ditanyai menyoal lagu yang ia tulis kerap beririsan dengan tema-tema Romaticism, Vhal berkata bahwa ia sejak awal mengangkat tema-tema seperti itu, Vhal beranggapan bahwa cinta itu tak pernah usang kisahnya dan akan selalu bisa relevan sampai beberapa waktu ke depan.

Barangkali pernyataan Vhal tersebut cukup tercermin dalam beberapa lagu yang ia pilih untuk Siasat Partikelir.  Nada Siasat kali ini menghadirkan deretan lagu-lagu yang menjadi inspirasi Vhal Rasyid. Langsung saja simak di bawah ini.

Stephen Day – Autumn’s Song

Saya sangat menyukai lagu dengan penggunaan aransemen akustik gitar dan vokal komposisi musik yang sederhana, tapi membuatnya sangat special. Kesederhanaan itu membuat lagu ini sangat menyedihkan, namun sangat indah.

Rodrigo Amarante – Irene

Musikalitas yang mapan berpadu dengan penggarapan yang sederhana, menghasilkan lagu yang memiliki ruang yang sangat menghantui sehingga membuat saya sangat emosional mendengarnya. Dia menempatkan hatinya untuk kedalaman lagu menunjukkan rasa sakit yang dia derita dan kerinduan yang dia tinggalkan.

Oren Lavie – Second Hand Lovers

Salah satu musik dan video klip yang saya sangat suka dengan penggarapan sangat apik. Membawa saya berempati, dan kesan menyakitkan yang diberikannya, memaksa saya untuk dalam beberapa menit menjadi dirinya, yang terlibat dalam hubungan yang sia-sia dengan skenario yang sama, dan tidak pernah menemukan kebahagian.

Damien Rice – The Greatest Bastard

Damien Rice one of my favorite singer. Saya suka bagaimana setiap kali dia bernyanyi untuk lagu ini, rasanya dia benar-benar memikirkan dan merasakan setiap kata dan nada. Dia banyak menginspirasi saya dalam penulisan lirik dan cara menyampaikan isi lagu.

Khushi – I Know

Saya sangat suka lagu ini. Entah dengan cara apa dan bagaimana dia menulis lagu ini. Tapi semua hal yang sudah jadi satu bagian di lagu ini yang jelas mempunyai makna yang sangat dalam.

Glen Hansard, Marketa Irglova – Falling Slowly

Love this song, love this soundtrack, love this film.

Dewa – Lagu Cinta

Dewa album Bintang Lima. Bagi saya pribadi mempunyai peran yang sangat penting, dalam perjalan karir bermusik saya. Penulisan lirik, aransemen musik  di album ini bagus banget. Yang secara tidak langsung, saya banyak terpengaruh dalam penulisan lirik, maupun aransemen musik untuk lagu-lagu yang saya buat.

Sal Priadi – Jelita

Lagu dengan lirik yang sangat puitis dengan irama dan melodi yang indah. Buat saya sal adalah penulis lirik yang khas dilihat dari cara dia dalam memilih diksi untuk lagunya, membuat saya mengagumi apa yang dia tulis.

Jangan lupa juga simak obrolan hangat seputar kisah bermusik juga karya-karya Vhal Rasyid dalam rangkaian program Pekan Tayang: Room To Room Gigs yang dipandu oleh Eka Annash dengan klik tautan di bawah ini.

Teks: Dicki Lukmana & Vhal Rasyid
Visual: Siasat Partikelir

The Box Perkenalkan Formasi Baru Lewat Live Session

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun ini telah membuat kita semua kembali dari awal. Menyusun ulang rencana dan mulai menata kembali langkah-langkah yang akan diambil. Kini industri sudah mulai...

Keep Reading

Sajian Ska Berbeda dari Slowright

Slowright, unit ska dari kota Malang baru-baru ini telah melepas album mini teranyarnya bertajuk Believe. Dirilis oleh label rekaman yang bermarkas di Yogyakarta, DoggyHouse Records, lewat rilisannya kali ini Slowright...

Keep Reading

Zizi yang Menyapa Kampung Halaman Lewat Hometown Tour

Setelah menyelenggarakan showcase perdananya yang bertajuk Unelevated Intimate showcase di Bandung pada akhir Februari lalu. Kini, Zizi kembali ke rumah tempat ia tumbuh dan menemukan passion terbesar dalam dirinya. Ia...

Keep Reading

Realita Kaum Pekerja di Nomor Kolaborasi Dzulfahmi dan Tuantigabelas

Dzulfahmi, MC dari kolektif Def Bloc dan Dreamfilled yang bermukim di Jakarta baru-baru ini (6/5) telah memperkenalkan karya terbarunya bertajuk “Rotasi”. Lewat rilisannya kali ini Dzulfahmi menggaet salah satu nama...

Keep Reading