Nada Siasat: Pilihan Gavendri

Berbicara tentang musik, Indonesia adalah gudangnya musisi. Setiap harinya selalu ada saja musisi pendatang baru yang muncul ke permukaan dan patut untuk diantisipasi berikut dengan karya-karyanya yang luar biasa. Salah satu diantara banyaknya musisi itu adalah Gabriella Avendri atau yang akrab disapa Gavendri.

Gavendri adalah seorang singer-songwriter asal Jakarta yang mulai terjun dan menjejaki dunia musik sejak masih duduk dibangku SMP.  Selepas menjadi musisi reguler & backing vocal untuk beberapa musisi, di Oktober 2020 kemarin ia mulai merilis karya nya sendiri. Gavendri bereksplorasi dengan single-single nya, beragam genre musik pun sempat ia coba, dari mulai musik bercorak city pop, nuansa musical theatre-disney inspired, sampai akhirnya baru-baru ini ia merilis single Tel Aviv to Honolulu (Alternate Version) yang lekat dengan musik R&B/Soul. Dirilisnya single tersebut sekaligus memantapkan Gavendri untuk memproduksi musik di ranah R&B/Soul. Pergeseran genre tersebut tak bisa dilepaskan dari warna vokalnya yang khas dengan musik yang ia usung kini.

Seperti halnya musisi yang lain, di balik persona Gavendri ternyata ia juga memiliki beberapa lagu yang kini sangat berpengaruh baginya, dari mulai Alicia Keys sampai H.E.R dan banyak lagi yang lainnya. Nada Siasat kali ini akan memuat lagu-lagu spesial yang dipilih langsung oleh Gavendri yang baginya lagu-lagu tersebut memiliki peran penting bagi karya dan persona Gavendri. Berikut adalah daftarnya:

Brandy – Brokenhearted

Lagu R&B ini menurut gue tipe lagu R&B manis era late 90’s / early 90’s yang gue pengen banget bisa produce sound seperti ini. Ditambah Brandy is the most R&B influential singer, kayaknya. She sounds so sweet yet so swag.

Blackstreet – In a Rush

Sama kayak Brokenhearted, gue suka lagu cinta R&B 90’an yg chill dengan vokal yang soulful.

H.E.R – Focus 

This is a soundtrack of my life. Buat gue lagu ini spesial banget karena H.E.R is one of my favorite singer and a very talented artist. di seluruh lagu ada instrumen harpa bener-bener bikin amaze. krn instrumen ini kayaknya jarang ada di lagu R&B.

Alicia Keys – If  I Was Your Woman

I looove this song, beat sound & vokalnya Alicia Keys are great as always.

PJ Morton fet. Jojo – Say So

PJ Morton adalah male R&B/Soul singer favorit gue. dan ini lagu terbaiknya menurut gue. dari lirik dan chord nya gue suka bangettt

Beberapa waktu lalu, Gavendri juga merilis lagu “Tel Aviv to Honolulu (Alternate Version)”. Rilisan tersebut merupakan versi paling gres dari lagu “Tel Aviv  to Honolulu” yang sempat dirilis di awal tahun 2021. Mengusung genre yang total berbeda, versi alternatif ini diaransemen ulang dan dibuat menjadi acoustic soul. Lagu ini pula sekaligus menjadi tanda perubahan genre musik seorang Gavendri, dari pop menjadi R&B/Soul.

Lagu yang bercerita tentang pasangan yang dimabuk cinta namun terpaut perbedaan pandangan yang terlalu jauh ini menggunakan analogi 2 kota yang image-nya sangat berbeda, Tel Aviv dan Honolulu. Namun pada akhirnya hubungan mereka kandas karena perbedaan yang terlalu jauh, sejauh jarak dari kota Tel Aviv ke kota Honolulu.

Perubahan warna musik ini sebenarnya adalah cara Gavendri untuk embrace vokal & gaya bernyanyi nya, yang banyak terinspirasi dari penyanyi seperti H.E.R, Beyonce, dan Alicia Keys. Berbicara tentang pengaruh dalam lagu ini, berikut adalah lagu-lagu yang menginspirasi Gavendri untuk lagu “Tel Aviv to Honolulu (Alternate Version)”:

Amber Mark – Mixer

Lagu ini groove nya enak banget, singing syle-nya gue banyak adaptasi dari lagu ini.

Kehlani – Honey

Gue suka lagu ini karena, pertama: ini Kehlani hahahah. Kedua: it’s an acoustic soul kinda song which i love.

Sunday Service Choir – Weak

Dari lagu ini gue ambil soul dan vocal arrangement-nya, karena di lagu Tel Aviv to Honolulu (Alternate Version) ada part backing vocal yang modelan “choir” gitu di bagian belakang.

Alicia Keys – Fallin’

Alicia Keys is a queen soul. Singing style dia di lagu ini banyak menginspirasi gue.

Corrine Bailey Rae – Is This Love

Sama kayak Alicia Keys barusan, Corrine Bailey Rae juga soulful bgt nyanyi disini.

Teks: Dicki Lukmana
Visual: Arsip dari Gavendri

Tentang Syukur dan Hidup yang Tak Tertebak di Lagu Terbaru Alahad

Beranjak menjadi solis, Alahad, moniker dari Billy Saleh yang sebelumnya dikenal sebagai gitaris dari band rock-alternative Polka Wars akhirnya kembali melanjutkan perjalanannya. Kali ini ia melepas sebuah nomor tunggal teranyar...

Keep Reading

Kolaborasi Selanjutnya Antara Yellow Claw dan Weird Genius

Duo Belanda Yellow Claw kembali berkolaborasi dengan Weird Genius mengusung lagu baru bertajuk ‘Lonely’ bersama finalis Indonesian Idol Novia Bachmid. Weird Genius dan Yellow Claw sebelumnya pernah berkolaborasi di lagu...

Keep Reading

Reruntuhan Akhir Dunia di Album Keempat Extreme Decay

Usai melepas beberapa materi pemanasan menuju album barunya, unit Grindcore kota Malang, Extreme Decay, akhirnya secara resmi melepas album keempatnya pada 29 April 2022 lalu yang diberi tajuk Downfall Of...

Keep Reading

KIAMAT Bagi Rekah di Album Perdananya

Sejak kemunculannya di medio 2015 lalu, unit skramz/blackgaze Rekah sudah mencuri perhatian dengan materi-materi musiknya. Tujuh tahun berlalu, bertepatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh di awal Mei 2022 lalu,...

Keep Reading