Nada Siasat: Pilihan Batavia Collective

Beberapa waktu lalu Batavia Collective tampil dalam sebuah rangkaian program pertunjukan bertajuk ‘Alur Bunyi’ yang diinisiasi oleh Goethe-Institut Indonesien. Dalam penampilannya Batavia Collective membawa suasana kota Jakarta dan segala hiruk-pikuk kehidupannya. Memadukan elemen-elemen musik yang akhirnya menghasilkan sebuah karya pertunjukan dan menafsirkan suara dan  suasana kota Jakarta di berbagai bagian waktu di suatu hari Jumat, tepatnya pada setiap pukul 05.30 WIB, 08.00 WIB, 12.00 WIB, 15.30 WIB, 21.00 WIB, dan 00.00 WIB. Dalam kesempatan ini, Nada Siasat akan memuat daftar rekomendasi lagu pilihan oleh Batavia Collective. Berikut adalah daftar rekomendasi pilihan personil Batavia Collective di bawah ini.

 

ELFA ZULHAM

Yussef Dayes x Alfa Mist – Love Is The Message

Gw dari perspective seorang drummer, rekomendasi pertama gue lagu dengan judul “Love Is The Message” dari Yussef Dayes x Alfa Mist . Gw sangat suka dengan studio session raw livenya, dimana feature Rocco Palladino dan Mansur Brown, yang merupakan musisi-musisi favorit gw yang based in UK. Style masing2 dari each musisi bisa kolab dengan menghasilkan sound live yang sangat identik dengan sound UK. Simplicity dari session live ini dimana sound-sound juga dinamic dan flow each instrument yang dihasilkan dapat memberikan journey yang eargasm.

 

Mark Guilliana – Girl

 

Kedua, lagu “Girl” dari drummer: musisi Mark Guilliana dan Beat Music. Satu lagu ini gw sangat rekomendasikan karena beats, bassline dan sound-sound yang diciptakan bisa memberikan warna baru di industri musik sekarang ini. Bunyi synthesizer, dan live sampling dari beat drumsnya bisa create komposisi musik yang bisa membawa kita masuk ke dalam video musik yang mereka create. Gw sangat merekomendasikan untuk mendengar satu album mereka.

 

KENNY GABRIEL

Louis Cole ft Brad Mehldau – Real Life 

Rekomendasi pertama gue adalah lagu dengan judul “Real Life” dari Louis Cole ft Brad Mehldau. Louise Cole adalah salah satu artist favorit gue karena selain style drumming-nya yang gue suka, sound yang dia produce juga cukup otentik. khususnya di lagu “Real Life” ini bassline dan Drum Beats nya sangat terdengar Groovy dan Funky.

 

Deefo – Solace

Kedua, lagu “Solace” dari producer Tech House Indonesia yaitu Deefo. Yang membuat gue memilih lagu ini jadi rekomendasi adalah beats dan bassline yang diciptakan sangatlah memacu adrenalin. Terutama dengan tambahan-tambahan synthesizer dan sampling dari beberapa dialog film yg dipadukan dengan modulation fx.

DONI JOESRAN

Mehliana (Brad Mehldau & Mark Guiliana) – Just Call Me Nige

Kenapa gw memilih dua lagu ini untuk bisa melihat suatu objek itu sendiri bisa luas dalam berkreasi, musik itu seperti hidup berevolusi di ranah masing-masingnya, seperti di MEHLIANA mereka sudah jelas musisi jazz kelas tinggi, tapi mereka tetap mempunyai ketertarikan lain utk bisa keluar dari zona mereka.

 

 

The Breathing Effect – Rising Inside

 

Di project satu nya gw sangat mendengarkan mereka dari segi sound dan arransemen, gw yakin untuk jazz itu sendiri mereka pasti belajar dasar-dasar nya hanya saja pasti mereka pun juga ingin merepresentasikan apa-apa yang mereka pelajari untuk menyuguhkan 1 musik berbeda. Its like dare to be different from both of it.

Teks: Reza Raditya

Visual: Arsip dari Berbagai Sumber

Semeti Medley, MV The Dare Besutan Allan Soebakir

Pantai! Lombok! Apa yang pertama terlintas di benak kita mendengar dua kata diatas. Tentunya hamparan garis pantai nan panjang lengkap dengan pasir putih, ombak yang riang dan air laut yang...

Keep Reading

Morgensoll Luncurkan Nomor Ganda “NT/M(o)” dan “Till I’m Forgiven”

Unit post-metal Jakarta, Morgensoll baru-baru ini telah memperkenalkan karya teranyanyar. Kali ini mereka datang dengan nomor ganda “NT/M(o)” dan “Till I’m Forgiven” yang sudah bisa dinikamti di semua kanal musik...

Keep Reading

Cerita Iblis dan Manusia di Album Kedua Parakuat

Ranah musik elektronik di Indonesia selalu menarik untuk di simak, terlebih geliatnya di arus pinggir. Banyak seniman bunyi muncul dengan coraknya sendiri dan membawa hasil eksperimentasinya masing-masing. Ranah ini terus...

Keep Reading

The Jansen Persembahkan Album Ketiga

Usai melepas nomor “Mereguk Anti Depresan Lagi” yang cukup mencuri perhatian, The Jansen, trio punk rock dari kota hujan Bogor akhirnya meluncurkan album ketiganya bertajuk “Banal Semakin Binal” (29/7) dalam...

Keep Reading