Nada Siasat: Pekan Pertama Februari

Sampailah kita di penghujung pekan pertama bulan Februari. Harapan-harapan terus tumbuh di tengah situasi yang belum membaik sepenuhnya. Meskipun situasi masih belum jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya, namun para musisi terus bersemangat melahirkan karya-karya baru. Untuk merayakannya kami sajikan kembali Nada Siasat yang merangkum rilisan-rilisan baru dari berbagai musisi. Tanpa panjang lebar langsung simak saja daftar berikut. Selamat menikmati.

“Lara” – Piperdream

Setelah merilis nomor “Iconic girl” dan “Choices”, Di permulaan tahun 2022 ini Piperdream kembali merilis single ke-3 dengan tajuk “Lara”. Single “Lara” ini menceritakan tentang keresahan seseorang yang sedang berkontemplasi dalam sebuah kisah hidup yang telah dialami. Sendiri di dalam kegelapan mencari sebuah harapan walaupun setitik cahaya sangat berarti untuk dirinya, menikmati sebuah kesedihan yang telah dilalui seperti merasakan kemenangan di dalam kepedihan.

Single ke-3 ini menjadi yang pertama untuk Piperdream menggunakan lirik bahasa Indonesia, dan tetap konsisten dengan sentuhan pop-nya yang sedikit membuat “mengawang” ala era 90’s, dan juga mempertahankan konsep happy-sad yang di ciptakan dari notasi hingga emosi.

“Renjana” – Marie Joe

Renjana merupakan lagu pertama Marie Joe sebagai sebuah band, saat itu Pian sebagai penulis lagu ingin menciptakan lagu ala-ala midwest emo namun ketika masuk studio justru agak berubah dari yang ia bayangkan. “Sebenarnya ketika bikin riff awal renjana aku udah ngebayangin konsep lagunya mau gimana, lebih melodic ala midwest gitu, tapi pas dibawa ke studio malah jadi beda. Tapi gak masalah, justru jadi enak dan lebih gampang lengket di kepala” Kata Pian sambil tertawa.

Meskipun Renjana merupakan lagu pertamanya, Band alternatif asal Jogja ini justru merekam dan merilis double- single yang berjudul Bias & Gegas terlebih dahulu pada bulan Juni 2021 dengan alasan lagu Renjana saat itu dinilai belum begitu “matang” oleh tiap personilnya. Masuknya Gaga sebagai gitaris baru tepat ketika Marie Joe melakukan rekaman sehingga bisa memberi nafas segar untuk lagu tersebut.

“Luka” – Something From Better

Tidak semua orang bisa hidup berdamai dengan rasa trauma dimasa lalu yang selalu menghantui hari demi hari mereka. Rasa tidak nyaman dengan banyak pertanyaan yang belum terjawab.  Mungkin ini yang ingin disampaikan Something From Better dalam single barunya yang bertajuk Luka. Quartet Pop punk asal bogor ini merilis single sekaligus Music Videonya pada tanggal 22 januari 2022.

Kali ini Something From Better mengusung musik yang lebih sedih ditambah dengan intro yang manis, breakdown yang menghajar ditengah lagu dan piano solo dipart setelahnya yang membawa kita untuk lebih tenang dari amarah yang dimulai dari awal lagu.

“Selektif” – The Simple Music

Kali ini The Simple Music merilis single ketiganya sekaligus ini single terakhir sebagai penghantar album di akhir tahun 2022 ini. Single ke 3 ini berjudul “ Selektif, “. Di single ini The Simple Music menceritakan tentang seseorang yang sangat pemilih terhadap banyak hal, single ini berbeda dengan single The Simple Music sebelumnya, di lagu ini The Simple Music lebih mengkedepankan instrumen dari pada lirik. Dan di single ini The Simple Music tetap membawakan lagunya dengan nuansa rock 60s serta tidak lupa dengan nuansa arabic timur tengahnya. 

“Untruth” – Somniumsaic

Datang dari kota Malang, Somniumsaic memperkenalkan diri lewat lagu pertamanya berjudul “Untruth” dengan  mengusung tema dari keresahan Rere tentang fenomena yang sedang terjadi di sekitar. Munculnya wabah virus COVID-19 dibarengi dengan isu-isu yang kebenarannya masihdiragukan dan sering menjadi pemicu konflik adalah sebuah trigger pengunaan isu ini. Lagu ini ditulis oleh Abimatha dan lirik ditulis oleh Rere.

Single “Untruth” berisi kritik terhadap tokoh maupun media yang memanfaatkan kondisi wabah COVID-19 sebagai alat untuk membentuk massa ataupun mencari keuntungan pribadi dengan menyebarkan berita sesat. Dari keresahan ini, lirik “Untruth” mengutarakan agar seseorang harusnya tidak mudah percaya pada satu sumber berita yang didapat, melainkan mencari sumber berita dari tempat lain. Betul sekali, ini seperti salah satu prinsip jurnalisme yang kami tahu, Cover Both Sides.

“Bohemia” – Olly Oxen

Lewat Single “BOHEMIA“, band asal semarang, Olly Oxen, dengan Gawang Kusumo sebagai penulis lagu menceritakan tentang perjuangan untuk terlepas dalam belenggu zona nyaman, untuk menjadi individu yang baik untuk mencapai sebuah impian dalam dirinya. “Tanpa rasa sakit, tanpa pengorbanan kita tidak akan memiliki apa-apa “ Ujar Gawang Kusumo sebagai Penulis lirik.

“Better of Alone” – NMDN feat. Caccia

NMDN (Nomaden) dan Duo musik R&B/soul dari Jakarta, Caccia ( Baca : Kasya ) telah merilis single terbaru yang berjudul “Better Off Alone” di bawah label rekaman Nueve Records. “Better Off Alone” merupakan lagu berirama pop R&B dengan sentuhan musik elektronik. Penambahan unsur elektronik ini merupakan buah dari campur tangan dari NMDN, dalam lagu “Better Off Alone”.

Caccia, yang beranggotakan Zefanya Siahaan (vokal) dan Kenny Giandra (instrumental), memulai tahun 2022 dengan merilis “Better Off Alone”. Kehadiran single terbaru NMDN ini melengkapi diskografi musik Caccia, yang sebelumnya telah merilis tiga (3) single sepanjang tahun 2019-2021. Dalam lagu “Better Off Alone”, tokoh utama dihadapkan pada pilihan antara bertahan di sebuah hubungan yang tidak memberi kenyamanan atau keluar dari hubungan tersebut. “Lagu ini bercerita dari sudut pandang seseorang yang sedang berada di dalam hubungan asmara, di mana pasangannya menjalani semua hal secara terburu-buru. Pada akhirnya, tokoh utama kami ini menemukan bahwa ia lebih baik sendiri untuk sementara waktu, setelah menyadari kalau ia tidak cocok dengan pasangannya,” ucap Zefanya.

Visual: Arsip dari berbagai sumber

Penanda 17 Tahun GBS Berkarir

Gugun Blues Shelter kembali merilis single kedua setelah sebelumnya pada pertengahan tahun 2022 mereka merilis single Jingga. Kali ini, trio Gugun, Bowie & Fajar melepas Down & Dirty seperti yang...

Keep Reading

Tur Jepang Bangkutaman & Logic Lost

Bangkutaman, grup asal Jogja, melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Mereka memutuskan untuk bertandang ke Jepang. Tur ini dimulai dari tanggal 27 – 30 November tahun ini. Bukan tanpa...

Keep Reading

Video Musik Bintang Massa Aksi .Feast

Abdi Lara Insani yang merupakan single utama dari album teranyar .Feast berjudul Bintang Massa Aksi ini ternyata masih memiliki keberlanjutan dengan dirilisnya sebuah video klip resmi di kanal YouTube .Feast (22/11/22). Video klip ini melibatkan...

Keep Reading

Kolaborasi Semiotika Dan Iga Masardi

Menggunakan moniker Sagas Midair, Iga Massardi yang merupakan gitaris sekaligus vokalis grup Barasuara merilis single kolaborasi bersama Semiotika, unit Instrumental Rock dari Jambi. Diberi tajuk Iskaashi, rencananya single ini akan...

Keep Reading